Layanan Komunitas

Layanan ini hanya berlaku untuk komunitas, organisasi sosial, dan lembaga nirlaba di seluruh Indonesia. Agar pelatihan ini efektif, peserta pelatihan sebaiknya berusia antara 13 sampai 40 tahun dan terbiasa membaca. Jumlah peserta pelatihan idealnya berjumlah antara 10 sampai 20 orang. Di atas 20 orang, disarankan untuk membagi pelatihan menjadi dua sesi.

Layanan ini tersedia secara cuma-cuma dan tanpa biaya sepeser pun. Meskipun demikian, untuk memperlihatkan keseriusannya, peserta harus berkomitmen untuk menghasilkan produk bersama dalam bentuk buku dan atau konten situs website. Komitmen lainnya, panitia dan peserta harus datang tepat waktu.

Jenis pelatihan yang tersedia untuk layanan ini adalah sebagai berikut:

  • Pelatihan Menulis untuk Komunitas
    Pelatihan ini mensyaratkan 4 sesi pelatihan, mulai dari dasar menulis, menyusun tulisan, sampai menyunting naskah. Durasi waktu masing-masing sesi sekitar 3-4 jam. Jarak antara satu sesi dengan sesi lainnya antara satu hari hingga satu pekan. Meskipun demikian, 4 sesi pelatihan bisa disekaliguskan dalam satu atau dua hari. Namun, hal tersebut tidak disarankan. Pada akhir pelatihan, peserta harus berkomitmen untuk membuat karya bersama dalam bentuk buku atau konten website.
  • Pelatihan Jurnalisme untuk Media Warga dan Komunitas
    Pelatihan ini mensyaratkan 10 sesi pelatihan yang meliputi: menulis, reportase, redaksi, fotografi, dan WordPress. Khusus untuk sesi WordPress, mensyaratkan koneksi internet dan komputer bagi para peserta.
    Durasi masing-masing sesi sekitar 3-4 jam. Jarak antara satu sesi dengan sesi lainnya idealnya antara satu hari hingga satu pekan. Meskipun demikian, pelatihan ini memungkinkan menjadi sebuah program khusus yang berdurasi 3-4 hari.
    Peserta pelatihan sebaiknya merupakan anggota redaksi sebuah media warga, baik yang masih rencana maupun yang sudah terwujud. Pada akhir pelatihan, peserta harus berkomitmen untuk mengelola media warganya selama minimal satu tahun.
  • Pendampingan Redaksi Media Warga dan Komunitas
    Pendampingan ini mensyaratkan anggota redaksi yang sudah memiliki kemampuan menulis dan reportase. Layanan ini khusus untuk media berbasis teks dan foto (cetak maupun online), sesuai dengan latar belakang pengalaman saya. Meskipun demikian, saya membuka diri untuk membantu teman-teman dari media berbasis audio (radio) dan video (televisi).
    Bentuk komitmen yang diharapkan dalam layanan ini berupa konsistensi untuk memproduksi konten, minimal sepekan sekali. Bila komitmen ini tidak terpenuhi dalam waktu satu bulan, maka kerjasama ini secara otomatis berakhir.

Lebih lanjut mengenai layanan ini, silahkan hubungi me [at] yudhaps [dot] org.

MITRA:

Bentuk Layanan: Konsultasi Konten & Manajemen Teknologi Website

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s