Awali dengan Tungku, Menuju Hidup Berkelanjutan…

Beberapa waktu terakhir ini, saya tengah gandrung-gandrungnya menjalani hari-hari bertajuk, “Going Traditional, Going Sustainable”. Dalam Bahasa Indonesia, lebih-kurang bermakna hidup secara tradisional dan berkelanjutan. Bentuknya, saya mulai dengan mengubah cara memasak yang awalnya menggunakan kompor gas dan listrik menjadi hanya menggunakan tungku berbahan bakar kayu.

Iklan

Robo-Journalism, Era Baru Jurnalisme di Ranah Digital?

Beberapa tahun belakangan ini, jurnalisme sedang mengalami euforia dengan sebuah “robot” yang menulis berita. Banyak media besar di Eropa dan Amerika sudah menggunakan cara ini untuk memproduksi cerita di kanalnya. Tidak hanya puluhan atau ratusan, tetapi sudah terbilang ribuan cerita setiap harinya.

Menjaga Gereja, Menjaga Lingkungan

Apa fungsi lembaga keagamaan dalam sebuah masyarakat? Perbincangan ini selalu menjadi bahan diskusi saya dan beberapa kawan. Pasalnya, kami kerap melihat absennya lembaga tersebut di persoalan keseharian masyarakat. Umumnya, lembaga jenis ini terlalu fokus dengan persoalan halal-haram semata dan mentok berputar-putar di urusan ibadah umatnya.

Ujung Tombak Desa Itu Bernama Internet

Bagi masyarakat perkotaan, internet bak air di musim hujan. Namun, bagi masyarakat di pedalaman, internet bisa jadi menentukan nasib kehidupan seseorang, bahkan sebuah lingkungan. Mewah sekaligus vital. Itulah sarana internet bantuan BP3TI Kemenkominfo di pedalaman Indonesia. Salah satunya di Pulau Ayau yang berbatasan dengan negara Filipina dan Palau. Untuk sampai ke pulau ini, saya harus … Lanjutkan membaca Ujung Tombak Desa Itu Bernama Internet

Sekali Hanyut, Perbatasan Negara Pun Terlewati

Kepulauan Ayau terletak di ujung utara Raja Ampat. Kepulauan ini juga sekaligus sebagai batas wilayah antara Indonesia dan dua negara tetangganya, yaitu: Filipina dan Palau. Jarak kedua negara itu pun cukup dekat dari Ayau, yaitu sekitar 8 jam dengan menggunakan kapal cepat. Untuk menuju Kepulauan Ayau, saya sendiri harus mengarungi lautan selama 6 jam menggunakan … Lanjutkan membaca Sekali Hanyut, Perbatasan Negara Pun Terlewati