Bila Hujan Besar…

Saya termasuk orang yang selalu merasa khawatir ketika melihat hujan besar turun dari langit. Dulu, waktu masih tinggal di Cimahi, hujan besar sudah pasti berarti bocor di rumah. Gara-garanya, struktur atap yang rapuh, sehingga air selalu mencari celah untuk tiba di bawah langit-langit.

Iklan

Pinogu, Kopi Organik Persembahan Gorontalo Tua

Salah satu sajian khas Gorontalo adalah Kopi Pinogu. Menariknya, kopi ini tumbuh secara organik dan hanya terdapat di sebuah wilayah tua di provinsi Gorontalo bagian timur bernama Pinogu. Wilayah ini sudah ada sejak tahun 1500-an masehi dan dipercaya sebagai tempat berasal orang-orang Gorontalo. Meskipun disebut-sebut sebagai cikal bakal Kota Gorontalo, tetapi wilayah ini jauh dari modern.

Angkot Mogok, Apa Paradigma Politik Anda?

Menyusul Bandung, hari ini angkot di Bogor juga demo dan menghentikan aktivitasnya melayani penumpang. Mereka menuntut pemerintah untuk menghentikan keberadaan jasa transportasi berbasis aplikasi online. Alih-alih menilai aksi para supir angkot, saya justru tertarik untuk menulis pandangan politik masyarakat dari mogoknya supir angkot.

Kafe, Musik, dan Konflik

Ambon dikenal sebagai kota yang penuh kafe dan musik. Di dalam kafe, orang-orang Ambon biasa menghabiskan waktu untuk mengobrol sembari menikmati kopi. Durasinya pun bukan lagi sejam-dua jam, tetapi bisa sampai tiga-empat hari. "Kalau pun pulang ke rumah, biasanya hanya untuk mandi dan ganti baju. Setelahnya, mereka kembali ke kafe untuk mengobrol," kisah Baihajar Tualeka, seorang tokoh wanita Maluku, ketika saya temui di Kafe Joas, Ambon.