Ambon, Menuju Kota Layak Acara Nasional dan Internasional


Foto: rajatransit.com

Ambon merupakan salah satu kota di wilayah timur Indonesia yang cukup ramai dan plural. Sejak lama, kota ini menjadi pusat pertemuan orang-orang dari berbagai suku-bangsa di Indonesia, bahkan internasional. Belum lagi kondisi alamnya yang indah, membuat kota ini juga layak menjadi tujuan wisata dunia seperti Bali.

Dengan pertimbangani ini, mulai banyak orang di Indonesia yang melabuhkan kegiatan-kegiatan besar di kota berjuluk Ambon Manise ini. Salah satunya adalah Hari Pers Nasional 2017. Kegiatan ini membuat banyak wartawan dan unsur pemerintahan terkait berbondong-bondong ke Ambon.

Mendadak, Ambon menjadi lebih ramai dan meriah. Pesawat tujuan Ambon menjadi sesak dengan penumpang. Hotel-hotel kemudian penuh berpenghuni. Sampai-sampai, pelancong harus berjuang mencari penginapan kosong hingga ke luar kota. “Ini kali kedua hotel-hotel di seluruh Ambon penuh sepanjang penginapan kami berdiri sejak 3 tahun lalu,” ujar seorang resepsionis sebuah penginapan di pinggiran kota.

Menyenangkan? Tentu saja. Pasalnya, masyarakat Ambon yang terkenal terbuka & ramah kepada pendatang ini, berbondong-bondong ke Lapangan Merdeka untuk turut merayakan Hari Pers Nasional.

Namun, kegiatan besar skala nasional ini menimbulkan pertanyaan besar kemudian. “Rasanya, Ambon belum siap menjadi tuan rumah acara besar dan berskala Nasional,” tutur Han, kawan asli Maluku yang menemani saya berkeliling Ambon siang tadi. Salah satunya adalah kapasitas penginapan di Ambon yang masih belum mampu menampung peserta dengan jumlah yang banyak. Selain itu, tempat kegiatan dengan kapasitas ratusan orang pun belum tersedia.

Padahal, Ambon sudah menorehkan namanya sebagai tujuan wisata Indonesia dan dunia. Tinggal meningkatkan kapasitas penginapan dan ruang pertemuan, tidak perlu waktu lama untuk mengejar predikat Bali. Bahkan jadi ikon baru melebihi Pulau Dewata. Bila itu terwujud, bisa jadi pertemuan tingkat dunia pun diselenggarakan di Ambon, sang Negeri Raja-Raja.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s