ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL, Terlahir untuk Multimedia


ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL (Foto: rilisiana.com)

Ponsel. Istilah ini tidak hanya berarti perangkat untuk berkomunikasi semata. Lebih dari itu. Bagi saya, ponsel adalah kawan kecil yang senantiasa menghibur, membantu membangun interaksi, dan mendokumentasikan setiap jengkal kehidupan. Dalam hal ini, pilihan saya jatuh ke ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL.

ZE601KL, demikian saya menyebutnya, merupakan seri Zenfone terbaru besutan Asus. Seri ini merupakan salah satu ponsel multimedia terbaik yang pernah ada di dunia. Sebagai buktinya, tengoklah bagaimana ZE601KL memanjakan mata ketika menyuguhkan video favorit kita. Kita seperti menyaksikan langsung objek-objek di dalam gambar.

Merujuk rilis ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL di Rilisiana, suguhan keunggulan tampilan ini merupakan hasil dari teknologi Layar IPS berukuran 6 Inchi Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 yang menawarkan sudut pandang luas hingga 178 derajat. Ketajaman gambarnya sendiri mencapai 367 pixel per Inchi yang didukung oleh NTSC gamut mencapai 72 persen. Tidak heran bila ZE601KL mampu memancarkan lebih banyak warna secara akurat.

Dari segi sajian suara, ponsel ini menawarkan speaker berteknologi SonicMaster. Tidak hanya satu, tetapi dual-speaker dual audio chamber dengan ukuran 50 persen lebih besar dibandingkan sebelumnya. Ditambah konstruksi 5 magnet dan metal voice coil, ZE601KL menawarkan audio hingga ukuran 97,4dB. Dibalut suguhan gambar yang nyata, penikmat video tidak hanya seperti menyaksikan langsung objek-objek di dalam gambar, tetapi juga merasakan suaranya yang nyata. Bahkan, seperti tengah berhadapan dengan objeknya.

Ketajaman gambar Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL mencapai 367 pixel per Inchi yang didukung oleh NTSC gamut mencapai 72 persen.

Hal lain yang membuat Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL layak disebut ponsel multimedia terbaik di dunia adalah kemampuannya menyajikan aplikasi game. Aplikasi jenis ini dapat dijalankan dengan mulus di ponsel berbasis Android 5.0 Lollipop ini. Bahkan, aplikasi game ini masih bisa berjalan mulus ketika ada aplikasi dan fungsi lain yang sedang berjalan di latar belakang sistem.

Keunggulan ini tidak lepas dari peran prosesor octa core 64-bit Qualcomm Snapdragon 616 yang bersanding dengan RAM LPDDR3 berkapasitas 3GB. Hal ini membuat Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL mampu menopang berbagai fungsi multimedia secara multi-tasking. Artinya, pengguna bisa mendengarkan musik atau video konser sembari bermain game tanpa terganggu sedikit pun.

Meskipun mampu menangani pekerjaan yang dipandang berat oleh ponsel lain, menariknya ZE601KL tetap hemat dan efisien secara energi. Kuncinya adalah baterai Lithium-Polymer 3.000 mAh yang mampu memasok energi untuk menjalankan prosesor yang dibuat dalam proses manufaktur 28 nanometer dalam waktu yang cukup lama.

Melengkapi gelar “ponsel multimedia”, Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL juga dilengkapi oleh kamera. Menariknya, kamera ZE601KL tidak hanya menawarkan resolusi besar semata. Lebih dari itu, ponsel ini menawarkan kemampuan pengambilan gambar yang lebih baik melalui fitur Laser Auto Focus. Fitur ini membuat penggunanya mampu mendapatkan fokus obyek foto dan deteksi wajah dengan sangat cepat, yaitu mencapai 0,2 detik. Bersanding dengan kamera beresolusi 13MP, penggunanya akan mampu mengabadikan momen apa pun dalam foto yang tajam dan jernih, serta berukuran besar, hingga 4.128 x 3.096 pixel.

Fitur kamera Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL lainnya yang perlu disimak adalah dukungan teknologi khas ASUS PixelMaster Camera. Teknologi ini mampu menangkap gambar dan video hingga 400 persen lebih terang dalam kondisi pencahayaan minimal. Tersedia pula fitur dual-LED (dual tone) flash yang akan membuat warna foto lebih natural.

Fitur Laser Auto Focus membuat penggunanya mampu mendapatkan fokus obyek foto dan deteksi wajah dengan sangat cepat, yaitu mencapai 0,2 detik.

Kemampuan Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL untuk merekam momen dalam bentuk video juga salah satu fitur unggulan yang sayang untuk dilewatkan. Tidak tanggung-tanggung, ponsel ini mampu merekam video dengan resolusi FullHD berkecepatan 30 frame per detik. Penggunanya juga bisa langsung menyunting video dengan mudah dan cepat.

Bagi para penggemar foto selfie, Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL dilengkapi juga dengan kamera beresolusi 5MP. Menariknya, kamera depan memiliki aperture hingga f/2.0. Artinya, para penggemar selfie akan dimanjakan dengan hasil foto dengan pencahayaan yang baik, meskipun berada di tempat yang terlalu gelap sekali pun. Selain itu, kamera depan juga memiliki sudut pengambilan gambar sebesar 85 derajat. Hal ini membuat penggunanya bisa berfoto bersama dengan lebih banyak orang.

Keunggulan ZE601KL sudah banyak diakui oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang multimedia. Sebutlah salah satunya Aditya Zulizar Trianta, fotografer. Dia menggunakan Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL untuk aktivitas fotografi dan menemaninya ketika travelling. Salah satu fitur favorit dari ponsel ini adalah manual mode kameranya. “Saya bisa mengatur speed dan exposure (kamera) sesuai keinginan, sehingga saya merasa seperti memiliki kamera profesional,” aku Aditya.

Terkait kapasitas penyimpanan, ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL dipersenjatai penyimpanan internal sebesar 32GB untuk menyimpan semua data multimedia kita. Bila dirasa masih kurang, pengguna bisa menambahkan kartu microSD dengan kapasitas penyimpanan hingga 128GB. Bila masih kurang juga, pengguna bisa memanfaatkan layanan penyimpanan online sebesar 5GB di ASUS WebStorage secara cuma-cuma dan selamanya.

Urusan koneksi dan jaringan internet, serahkan saja sepenuhnya kepada Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL. Dengan dukungan teknologi jaringan 4G LTE Category 4, ponsel ini mampu mengunduh data hingga 150Mbps. Dengan kecepatan ini, data sebesar 1 GB mampu diunduh dengan mudah hanya dalam hitungan kurang dari 55 detik.

Jadi, sudah siapkah menikmati “surga” multimedia dengan ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL? Di Indonesia, ponsel ini sudah tersedia di pasaran dengan harga Rp. 3,599 juta. Selanjutnya, saya sarankan untuk memutuskannya segera, sebelum menyesal kemudian.***

4 thoughts on “ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL, Terlahir untuk Multimedia

    • Yudha P Sunandar berkata:

      Bila disandingkan dengan iPhone SE, ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL masih unggul dalam tampilan grafis dan kamera. Sebagai perbandingan, iPhone SE hanya memiliki resolusi 1136 x 640 pixel dengan ketajaman gambar mencapai 326 ppi. Bandingkan dengan ZE601KL yang memiliki resolusi mencapai 1920 x 1080 dengan ketajaman gambar mencapai 367 ppi. Adapun dari segi kamera, iPhone SE hanya dilengkapi kamera sebesar 12 megapixel dibandingkan ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 yang kapasitas kameranya mencapai 13 megapixel. Pun dengan kamera depannya. iPhonse SE hanya memiliki kamera sebesar 1,2 megapixel. Jauh lebih rendah dibandingkan ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 yang kapasitas kamera depannya mencapai 5 megapixel.

      >

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s