Menantikan Domain “Kheuseus” Para Blogger: dot blog


Gambar: blog.wordpress.com

Baru-baru ini, WordPress mengumumkan tengah mempersiapkan domain dot blog (.blog) sebagai Top-Level-Domain (TLD). TLD ini mengindikasikan bahwa pengguna internet bisa memiliki situs web dengan alamat berakhiran dot blog, sebagaimana nama domain yang berakhiran dot com. Domain dot blog sendiri ditujukan untuk para blogger yang ingin memperkuat identitas situsnya. Demikian sebuah rilis yang ditayangkan oleh blog.wordpress.com pada 12 Mei 2016 lalu.

Mark Armstrong, tim redaksi Automattic dan WordPress.com, menyampaikan bahwa domain baru membuka peluang para blogger untuk mendapatkan nama yang tepat bagi blognya. Sebuah kesempatan yang sangat sulit didapat ketika menggunakan domain dot com. “Dot blog merupakan (domain) yang bersih dan dapat diakses serta membuka pilihan baru dan segar untuk nama blog Anda,” ungkap Mark.

Domain dot blog sendiri tengah dirintis oleh Automattic, perusahaan induk yang menaungi WordPress.com. Perusahaan ini melihat kesulitan para blogger menemukan alamat domain yang cocok dengan situsnya. Melalui domain dot blog ini, lanjut Mark, para blogger akan menemukan nama yang tepat sebagai identitasnya. “Ditambah, Anda akan mendapatkan seluruh keuntungan yang sama dengan hasil pencarian Google,” tambah Mark.

Ke depannya, Automattic, akan mengawal sekaligus mengoperasikan penjualan dan registrasi domain dot blog. Para blogger bisa membeli domain tersebut di WordPress.com atau melalui perusahaan mitra Automattic yang bergerak di bidang registrasi nama domain.

Meskipun dirintis oleh Automattic, domain dot blog sendiri tersedia untuk semua pengguna internet, dan bukan hanya untuk pengguna WordPress semata. “Domain dot blog akan tersedia untuk setiap orang, terlepas dari jenis situs web yang dimilikinya atau penyedia layanan hostingnya,” tandas Mark.

Berkenaan dengan biaya domain, Mark menyebutkan bahwa besaran harganya masih dalam proses dan belum selesai. Namun, kisaran harganya akan mengikuti standar domain baru. Tentunya, dengan biaya premium untuk nama-nama yang memiliki nilai yang tinggi.

Guna mempersiapkan peluncuran domain baru ini, WordPress menyediakan halaman mengenai domain dot blog ini di dotblog.wordpress.com. Dalam halaman ini, publik juga bisa mendaftarkan diri untuk menerima newsletter berisi berita terbaru yang berkaitan dengan domain dot blog. Sedianya, halaman ini akan berubah nama menjadi get.blog setelah domain dot blog berhasil didaftarkan.

Dalam halaman ini, WordPress menampilkan tiga tahapan yang direncanakan pihaknya untuk mendapatkan domain dot blog. Tahap pertama disebut Sunrise yang rencananya akan dilakukan pada Agustus 2016. Pada periode ini, pemilik merek dagang berpeluang untuk mendaftarkan domain dot blog yang akan diasosiasikan ke merek mereka.

Tahap kedua disebut Landrush yang akan berlangsung pada Oktober 2016. Pada periode ini, domain dapat diregistrasikan pada aplikasi dasar. Pada tahap ini, nama-nama premium mulai bisa dipesan secara terbatas. Publik sendiri sudah bisa mendaftarkan domain dot blog pada tahapan ketiga yang disebut General Availability. Rencananya, tahap ini dimulai pada November 2016. WordPress sendiri akan melakukan penawaran domain dot blog kepada publik sebelum tahun 2016 berakhir.

Saya pribadi masih menimbang-nimbang urgensi untuk memiliki yudhaps.blog sebagai nama blog saya pada masa yang akan datang. Di Indonesia, tampaknya sedikit orang yang tertarik untuk memiliki blog dengan domain dot blog. Terlebih lagi, tren memiliki dan menulis blog di Indonesia mulai redup. Kalah dengan pamor media sosial yang memudahkan setiap orang untuk menulis dan berkomentar, tanpa perlu memikirkan akurasi data dan dampaknya.

Saya pribadi masih senang dengan domain yudhaps.org. Terdengar unik dan renyah di telinga saya. Entah untuk telinga yang lain. Ahahaha. Terlebih lagi, memiliki domain baru tidaklah mudah. Saya harus mempublikasikan ke banyak orang yang sudah mengenal domain saya sebelumnya.

Meskipun demikian, domain dot blog perlu diperhitungkan untuk media-media besar yang menyediakan layanan-layanan suara warga, seperti Kompasiana, detikblog, dan Indonesiana. Kompasiana.blog atau Kompas.blog? Terdengar oke. Detik.blog? Lebih enak dibandingkan detikblog.com atau bahkan detikblog.blog. Atau Indonesiana.blog? Ini bisa jadi pilihan menarik selain alamat indonesiana.tempo.co saat ini.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s