“Saya Cinta Indonesia!”


Foto: hipwee.com

Foto: hipwee.com

Nami abdi Lana, kawit abdi ti Rusia,” papar gadis berusia 23 tahun itu. Sontak, saya kagum sekaligus merasa tertampar. Kagum melihat kecintaan seorang gadis Rusia terhadap Indonesia, dan tertampar karena saya sendiri tidak bisa berbahasa Sunda sehalus itu. Bahkan, saya lebih senang berbicara dan belajar bahasa asing dibandingkan bahasa Sunda, tempat saya dibesarkan.

Namun, gadis ini, berbeda. meskipun baru satu tahun ada di Indonesia, tetapi dia sudah “ngebet” banget belajar segala hal tentang Indonesia, khususnya Sunda. Tidak hanya lancar berbahasa Indonesia, tetapi juga fasih melontarkan kata-kata “slank” dalam bahasa Indonesia. Bahkan, bahasa pergaulan anak-anak muda dalam bahasa Sunda pun fasih dia ucapkan. Dan yang membuat saya terkaget-kaget, dia bisa mengenal ragam bahasa Sunda yang ada di Jawa Barat.

Persentuhan Lana dengan Indonesia boleh terbilang masih seumur jagung. Dia menjadi peserta dalam program pertukaran mahasiswa pada 2013 lalu selama 6 bulan. Dalam waktu singkat, dia berhasil menguasai bahasa Inggris dan Indonesia. Lebih dari itu, dia juga jatuh cinta terhadap Indonesia. Rasa cinta ini yang membuatnya bertekad kembali ke Indonesia.

Setelah kembali ke negara beruang merah dan menyelesaikan kuliahnya, Lana memenuhi keinginannya itu. Dia kembali ke Indonesia dan berusaha bertahan hidup di Bandung. “Saya ingin sampai mati di Indonesia,” ungkapnya, ketika ditanya durasinya tinggal di Indonesia. Bahkan, dia sudah memiliki pacar orang Indonesia, dan memiliki pekerjaan di Kota Kembang ini.

Mendengar kecintaan Lana terhadap Indonesia membuat saya malu sendiri. Ketika anak-anak muda Indonesia, termasuk saya, lebih suka budaya asing karena dianggap lebih keren, di waktu yang sama justru banyak anak muda dari negara lain yang ingin tinggal sampai mati di negeri ini. Satu alasan yang terucap dari mulut mereka, “SAYA CINTA INDONESIA!”***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s