Dunia Tanpa Google Reader


Foto: mshcdn.com

Sudah 4 bulan lamanya Google menutup layanan Google Reader. Sejak 1 Juli 2013, saya benar-benar hidup tanpa berita online. Pasalnya, Google Reader merupakan aplikasi RSS Reader favorit saya. Aplikasi ini membantu saya mengumpulkan berita-berita dari situs-situs favorit saya di seluruh dunia. Sehingga saya dengan mudahnya mengkonsumsi beragam berita dari berbagai belahan dunia kemudian menuliskannya di blog.

Salah satu kekuatannya tentu saja keberadaannya di ranah online. Aplikasi ini membantu saya yang tidak selalu terkoneksi dengan internet. Sehingga saya tidak ketinggalan satu berita pun dari ranah maya. Ketika online, saya tinggal menikmati berita-berita yang sudah terkumpul di awan.

Mencari pengganti, tentu sudah saya lakukan menjelang ditutupnya Google Reader. Salah satu yang banyak direkomendasikan banyak situs di internet adalah Feedly. Sayangnya, Feedly tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan aplikasi yang terinstal di Mac OS X.

Google Reader sendiri memiliki banyak aplikasi yang memungkinkan kumpulan berita ditransfer ke komputer atau gawai penggunanya. Salah satu yang menjadi favorit saya di Mac OS X adalah aplikasi Reeder. Selain tersedia untuk desktop, aplikasi ini juga tersedia untuk gawai seperti iPhone dan iPad.

Menjelang ditutupnya Google Reader, aplikasi Reeder sendiri digratiskan. Dan ketika 1 Juli 2013 tiba, aplikasi ini juga berhenti berfungsi di Macbook saya karena tidak adanya asupan data dari server Google Reader. Saat ini, pihak Reeder tengah mengembangkan agar aplikasinya mampu menyedot berita RSS langsung dari situs kesayangan pengguna. Versi ini telah selesai dikembangkan untuk iPad dan iPhone. Sedangkan untuk versi Mac OS X masih dalam pengembangan dan belum ada kepastian tanggal selesai pengembangan aplikasinya.

Bagi saya pribadi, keberadaan RSS Reader sangat membantu mengelola kebutuhan informasi. Saya bisa langsung menentukan berita-berita penting dan menarik. Tidak hanya dari satu situs, tetapi dari beberapa situs, baik itu situs berita online maupun dari beberapa blog yang isinya saya sukai. Sehingga saya bisa memonitor beberapa isu yang sedang hangat tanpa harus membuka banyak jendela browser.

Keuntungan lainnya adalah terhindar dari iklan-iklan yang cukup mengganggu pandangan mata. Dengan kata lain, menggunakan RSS Reader membuat saya mampu menghemat bandwidth internet dan memori komputer. RSS Reader yang terpasang di komputer juga membuat saya bisa menikmati pilihan berita ketika sedang offline. Sehingga tidak membuat saya mati kutu ketika tidak ada internet.

Meskipun begitu, aplikasi online juga memiliki kekurangan. Salah satunya, hilangnya kedaulatan serta kemandirian kita. Dalam hal ini, Google Reader adalah contohnya. Kita sebagai pengguna benar-benar tidak bisa berbuat apa-apa ketika Google memutuskan menghentikan layanan Reader. Meskipun petisi sudah dilayangkan, tetap saja tidak membuat keputusan penghentian Google Reader bergeming.

Ranah online memang menjanjikan kebebasan, tetapi di sisi lain menghilangkan kedaulatan. Karena di ranah maya sebagian “nyawa” kita tergantung dengan banyak pihak. Mulai dari saluran internet hingga server dan aplikasi yang kita gunakan kita berselancar, tak ada satu pun yang benar-benar kita kuasai sepenuhnya.

Meskipun Google Reader memaksa untuk menutup layanannya, saya sendiri semakin berharap ada rekan-rekan Indonesia yang mampu dan mau membuat layanan semacam Google Reader. Tinggal yang menjadi masalah memang model bisnisnya. Dalam hal ini, saya serahkan saja kepada ahlinya.🙂

Well, dunia tanpa Google Reader memang hampa, tapi lebih hampa lagi tanpa produk Indonesia di ranah digital.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s