Ketika Blogger Berguguran Karena Bosan…


Foto: enchantingmarketing.com

Pada 27 Oktober 2013 lalu, Indonesia memperingati Hari Blogger Nasional. Berbeda dengan perayaan Hari Blogger Nasional pada 3-5 tahun ke belakang yang relatif ramai, kini Blogger sepi dengan perhelatan. Jawabannya tentu mudah ditebak. Yups, media sosial yang satu ini sudah mulai sepi peminat.

Kehadiran blog memang sempat mengguncang dunia. Media ini memungkinkan setiap orang di berbagai belahan dunia yang terkoneksi dengan internet menyampaikan kabar di sekitarnya ke khalayak luas. Paradigma nilai informasi juga bergeser dari isu-isu global menjadi lebih lokal, bahkan hyperlocal.

“Setiap orang adalah pewarta,” begitu ungkapan sederhana yang menggambarkan perubahan budaya masyarakat era internet. Ungkapan ini seperti memaksa setiap orang merenungi kembali arti dirinya bagi kehidupan orang-orang terdekatnya. Juga memaksa setiap manusia untuk memperhatikan lingkungan di sekitarnya.

Blog juga membangun konektivitas manusia menjadi lebih baik lagi. Media ini mampu mengkolaborasikan orang-orang yang memiliki visi sama sehingga berpotensi membawa perubahan dengan dampak yang cukup luas dan masif. Tak heran, bila majalah Times edisi 1 Januari 2007 memilih “You” sebagai Person of The Year. Karena You (Anda) merupakan bagian dari masa depan dunia ini.

Euforia blog ini ternyata sampai juga ke Indonesia. Orang-orang di tanah air pada era 2007 menggandrungi blog sebagai media berekspresi sekaligus menularkan inspirasi. Setiap orang berbondong-bondong memiliki blog. Mereka yang tidak memiliki blog di perkotaan, dianggap ketinggalan zaman. Bahkan, euforia ini juga sampai di tingkat nasional dan pemerintah pusat. Hal ini tampak ketika Muhammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informatika saat itu, langsung mencanangkan 27 Oktober 2007 sebagai Hari Blogger Nasional. Bahkan, kementerian terkait menargetkan jumlah Blogger Indonesia naik menjadi 1 juta pengguna pada 2008.

Saya pribadi mulai mengenal blog sekitar 2006 silam. Blog pertama saya beralamat di Coretankelambu.Blogspot.com yang disediakan oleh Blogger.com. Kemudian pada 2008 awal, saya mulai pindah alamat ke Coretankelambu.Wordpress.com. Hingga alamat ini saya hapus pada 2010 silam dan mengalihkannya ke Myudhaps.Wordpress.com.

Saya juga sempat mengalami euforia nge-blog. Semua hal yang saya temui dalam kehidupan sehari-hari saya tulis, tulis, dan tulis. Ketika baca tulisan-tulisan lama saya, seringkali saya merasa dan bertanya-tanya, “Apaan, sih?! Kok yang gitu ajah saya tulis?!”

Namun, “semua berubah ketika Facebook menyerang.” Euforia menulis blog mulai luntur dari para blogger-blogger Bandung, dan umumnya di tanah air. Mereka lebih senang “meracau” di Facebook karena lebih interaktif dengan tampilan yang lebih menyenangkan. Orang tidak harus berpikir dan menulis lama-lama untuk mengungkapkan ide-idenya. Semuanya bisa disampaikan sesingkat, sepadat, dan se-“curcol” mungkin. Kalau perlu, keadaan lapar, pusing, ngantuk, dan bosan pun disampaikan melalui situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini. Ini tentunya sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia yang cenderung berbasis budaya oral.

Dan menginjak tahun keenam Hari Blogger Nasional, tampaknya mulai menunjukkan tanda-tanda Blogger Indonesia akan segera menjadi artefak yang akan dimuseumkan. Mungkin beberapa orang yang dijuluki sebagai Bapak Blogger Indonesia yang tidak pernah nge-blog lagi akan ikut-ikutan dijadikan mumi. Sehingga kita punya bukti untuk generasi masa depan bahwa dulu masyarakat Indonesia pernah menggandrungi blog. Saking menggandrunginya, pernah ada orang-orang yang berjuluk Bapak Blogger Indonesia.

Namun, tentunya kita juga harus maklum. Tidak ada peradaban yang bertahan lama di muka bumi ini. Seorang filsuf pernah menyampaikan, bila sebuah peradaban tidak hancur karena perang, maka akan hancur karena wabah penyakit. Dalam konteks era digital, mungkin adagium yang tepat adalah: bila sebuah budaya digital tidak terhenti karena putusnya koneksi internet, maka akan berhenti karena orang-orangnya mulai bosan.

Akhir kata, selamat Hari Blogger Nasional. Semoga masih inget nge-blog.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s