Pisang, Dunia, dan Akhirat


Foto: affandyh.wordpress.com

Foto: affandyh.wordpress.com

“Kamu tahu apa itu akhirat?” tanya Kyai kepadaku. Sembari berpikir, aku mengangguk ragu.

“Kok ragu begitu?” beliau balik bertanya. Aku hanya menyengir tanpa menjawab. Kyai pun hanya tersenyum. Kedua sisi bibirnya tertarik dengan tatapan teduh.

“Lihatlah pisang ini,” sahut Kyai. “Kehidupan dunia dan akhirat itu bagaikan pisang ini,” tandasnya lagi. Aku hanya tertegun. Bagaimana sebuah pisang bisa dianalogikan sebagai dua kehidupan yang saling berseberangan seperti itu? Tampak tidak masuk akal. Namun, Kyai tampaknya menangkap keherananku ini.

“Kulit pisang itu ibarat kehidupan dunia, sedangkan dalamnya adalah kehidupan akhirat. Kehidupan akhirat seringkali tersembunyi dan tertutup oleh kehidupan dunia. Rapat, halus, dan mengalihkan, meskipun tipis. ” sambung Kyai.

“Tahu kah bagaimana cara menggapainya?” tanyanya lagi.

“Dengan mengurangi kehidupan di dunia ini, Kyai,” jawabku.

“Kamu benar, anakku,” sahut Kyai. “Untuk mengetahui dalamnya buah pisang, kamu harus mengupasnya terlebih dahulu. Begitu pun bila ingin merasakan akhirat, kamu harus menguraikan kehidupan duniawi. Bisa kah kau menjelaskan caranya, Nak?” kini Kyai bertanya balik kepadaku.

“Mungkin dengan mengurangi kenikmatan-kenikmatan duniawi. Misalnya saja dengan puasa dan menanggalkan kenyamanan-kenyamanan di dunia,” jawabku, sekenanya.

“Kamu benar, Anakku. Kita harus mengurangi kenikmatan-kenikmatan duniawi untuk melihat akhirat. Islam mengajarkannya dengan berpuasa. Rasulullah mencontohkannya dengan tidur hanya beralas tikar dan mendermakan hartanya untuk orang lain.”

Penjelasan Kyai benar-benar terngiang di benakku. Malam itu, sembari memakan pisang, aku merenungi sebuah rahasia tentang dunia dan akhirat. Tentang kehidupan setelah tarikan nafas di dunia.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s