Panduan Mengawali Tulisan di Blog


Foto: nandobase.wordpress.com

Foto: nandobase.wordpress.com

Bagi sebagian orang, menulis blog adalah kegiatan yang cukup sulit. Alasannya, mereka tidak tahu apa yang harus mereka tulis. Sebagiannya lagi, mereka menunggu mendapatkan ide untuk membuat sebuah tulisan di blog. Namun, kondisi ini malah membuat kita tidak akan pernah menulis di blog dan tidak akan pernah memiliki blog yang baik. Padahal, tidak sulit untuk menulis di blog.

Berikut ini panduan untuk mulai menulis di blog yang pernah saya susun. Semoga bermanfaat.

  1. Mulailah dengan tulisan yang ringan. Contohnya dengan kegiatan kita sehari-hari atau buah-buahan yang kita sukai. Kemudian deskripsikan kenapa kita suka buah-buah tersebut.
  2. Tulislah topik yang disenangi dan mudah ditemui di sekitar kita. Misalnya saja dengan menuliskan tumbuhan yang tumbuh di perkarangan rumah kita.
  3. Pergunakanlah bahasa yang personal dan santai. Tidak perlu formal, asal baik dan tidak mengandung unsur SARA. Bahkan, sebagian blogger menggunakan bahasa gaul seperti “Gue” dan “Nggak”.
  4. Karena blog media personal, ungkapkan diri kita apa adanya. Sampaikan apa yang terlintas dalam benak kita.
  5. Pergunakan internet untuk mencari inspirasi ide dan memperkaya tulisan. Akan lebih baik lagi bila kita memasukan gambar-gambar yang mendukung tulisan kita. Hal ini akan membuat kita lebih mudah mengungkapkan ide dan menuliskannya.
  6. Terkadang orang tidak pernah mulai menulis karena kebingungan dengan persoalan teknis. Untuk itu, abaikanlah. Karena, kekuatan blog ada pada kontenya, bukan hal-hal teknisnya.
  7. Jalin pertemanan dengan sesama blogger. Bagaimana pun, teman-teman blogger yang lebih mahir, bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi ketika berhadapan dengan blog.
  8. Sering-sering berkunjung ke blog lain. Hal ini bisa membantu kita untuk mengembangkan blog dan kemampuan menulis.***

2 thoughts on “Panduan Mengawali Tulisan di Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s