Berhasil Memperbaharui Blog Setiap Hari


Foto: mychicshanty.com

Foto: mychicshanty.com

Secara tidak sengaja, seminggu ini saya mampu memperbaharui tulisan di blog saya setiap hari. Menurut saya ini prestasi yang luar biasa. Bagaimana pun,  kemampuan menulis saya sedang berada di titik terbawah beberapa minggu yang lalu. Selain itu, sebenarnya capaian saya untuk memperbaharui blog ini adalah seminggu sekali. Sehingga sebuah hal luar biasa bila mampu melakukannya setiap hari.

Sebenarnya, saya melakukannya secara tidak sengaja. Awalnya saya memasang aplikasi Evernote di MacBook saya. Tujuannya satu, supaya saya bisa mencatat aktivitas harian saya. Dan ketika memulai kebiasaan ini, saya juga terdorong untuk menuliskannya di blog. Akhirnya, jadilah blog ini diperbaharui setiap hari. Dan malangnya, Evernote saya tidak pernah diisi karena saya langsung menuliskan aktivitas saya di blog.

Faktor pendorong lainnya adalah ketersediaan alat berupa MacBook. Saat ini, untuk menulis atau bekerja dengan MacBook, saya hanya perlu langsung membukanya, memasukan kata kunci, kemudian mulai bekerja. Hal ini berbeda ketika saya masih menggunakan komputer jinjing sebelumnya. Untuk bekerja menggunakan komputer, saya harus selalu terhubung dengan listrik. Karena komputer jinjing saya tersebut tidak memiliki asupan energi dari baterai.

Meskipun begitu, alat bukan yang utama. Hal terpenting untuk bisa memperbaharui blog setiap hari adalah kemauan menulis dan menyediakan waktu khusus. Biasanya, saya menyediakan waktu menulis setelah subuh atau sebelum tidur. Ketika itu pula, kemauan untuk saya menulis harus tumbuh. Sehingga saya bisa menorehkan cerita-cerita yang saya punya untuk blog ini.

Selain itu, untuk memperbaharui blog setiap hari, kita juga harus punya cerita yang akan dibagi. Cerita ini bisa bermacam-macam, mulai dari pengalaman kita sehari itu, buku yang kita baca, hasil diskusi dengan teman, hingga renungan-renungan diri. Biasanya, cerita yang sumbernya dari dalam diri, mudah untuk diceritakan dibandingkan cerita dari luar diri, seperti bacaan dan diskusi. Satu hal lagi, ceritakan hal-hal yang bermanfaat untuk pembaca. Jangan hanya mengeluh atau bertanya, tetapi suguhkan cerita yang positif dan solutif.

Mudah-mudahan kebiasaan ini bisa berlangsung, minimal hingga akhir tahun 2012. Doakan saya juga, karena saya sedang berjibaku membuat modul dan buku praktek jurnalisme 2.0. Semoga bisa selesai minggu depan. Amin…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s