Kerangka Kerja Industri Internet dan Entrepreneurial Journalism


Saya di STT Tekstil Bandung (Foto: Fathonah F)

Saya di STT Tekstil Bandung (Foto: Fathonah F)

Hari ini saya mengisi materi untuk mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Tekstil Bandung. Temanya pun jarang-jarang saya geluti, yaitu mengenai pemasaran internet. Sejujurnya, saya sangat tidak menguasai materi ini. Karena latar belakang saya bukan seorang pemasar di internet. Sehingga yang saya berikan lebih mengenai industri internet dengan pendekatan jurnalisme. Bahasa lainnya adalah entrepreneurial journalism.

Di awal materi, saya memaparkan mengenai kerangka kerja (frame work) industri internet yang dicetuskan oleh Madanmohan Rao. Kerangka kerja ini disingkat 8C, yaitu: Connectivity, Content, Community, Commerce, Capacity, Culture, Cooperation, dan Capital. Hanya 4C pertama yang saya sampaikan. Sedangkan 4C terakhir saya berikan hanya sebagai pengantar.

Peserta yang hadir sekitar 20 orang. Mereka semua merupakan mahasiswa STT Tekstil Bandung. Dari wajahnya, tampaknya mereka cukup memahami materi yang saya sampaikan. Mata sebagian besar peserta terus menatap ke saya selaku pemateri. Sesekali mereka menuliskan materi yang ditampilkan di slide-slide presentasi. Sesekali juga tepian bibir mereka tersungging, pertanda mereka memahami materi dan mendapatkan pencerahan.

Dalam kesempatan kali ini, saya banyak memaparkan contoh-contoh di sekitar mereka. Pertimbangannya, karena mereka memang baru bergelut di bidang ini. Namun, kadang-kadang dahi mereka juga mengernyit ketika asya memaparkan terori-teori tanpa contoh. Sehingga secara spontan saya pun mencari contoh-contoh yang saya ingat. Ajaibnya, saya mampu melafalkan semua contoh-contohnya. Padahal, ketika menyusun slide presentasi, tidak terpikirkan sama sekali oleh saya.

Guna memberikan contoh lebih menyeluruh tentang kerangka internet ini, saya juga menceritakan perihal Gary Vaynerchuck. Gary adalah seorang mantan jurnalis asal Belarus yang memiliki sebuah pabrik wine. Untuk meningkatkan pendapatan dari wine-nya, dia mengunggah berbagai video terkait wine di YouTube. Programnya oleh Gary diberi nama Wine Library TV (WLTV) dan diluncurkan pertama kali pada 2006. Sejak saat itu, “TV Show 2.0” ini ditonton oleh 90 ribu orang dan membuat nama Gary dikenal sebagai The First Wine Guru of The Youtube Era.

Perihal Gary ini saya dapatkan dari Sang Pakar. Sayangnya, saya belum diperbolehkan meminjam bukunya berjudul Entreprenerial Journalism ini. Karena beliau belum selesai membacanya. Bila ingin mengenal Gary lebih lanjut, silahkan baca saja di Wikipedia atau mengunjungi situsnya di www.garyvaynerchuck.com.

Dalam kesempatan ini, saya juga menerangkan perihal kerangka kerja “Why-How-What”. Saya tidak tahu nama kerangka kerja ini. Namun, untuk memudahkan, saya menyebutnya demikian.

Kerangka kerja “Why-How-What” sendiri menerangkan bahwa untuk membangun sesuatu, mulailah dengan “Why” atau alasan membangun. Kemudian diikuti dengan menjabarkan “How” atau cara sesuatu itu dibangun. Setelah mengetahui alasan dan caranya, barulah mewujudkan sesuatu itu, apakah menjadi sebuah program atau produk.

Tak lupa pula saya sertakan contoh-contoh perusahaan yang membangun dirinya menggunakan kerangka kerja tersebut. Tidak jauh-jauh, saya mencontohkannya dengan Larry Page dan Sergey Bin dari Google, Mark Zuckerberg pemilik Facebook, Bill Gates sang raja Windows, dan tidak ketinggalan Steve Jobs sang inspirator Apple. Dari ranah lokal, saya memperkenalkan Diki Andeas dengan Chickenstrip-nya dan Pidi Baiq bersama keempat buku Drunken miliknya.

Saya sendiri tidak ingat waktu yang saya habiskan di depan kelas. Saya perkirakan 1 jam lebih dengan jumlah slide sebanyak 50 lembar. Itu pun terpaksa saya persingkat 5 slide, karena peserta sudah sedikit mengeluh. Mungkin kepanjangan. Hehehe 😀

Bagi yang ingin melihat slide presentasi saya, silahkan unduh di Slideshare.net.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s