Malas Atau Bodoh Kah Anda?


Foto: steadyburn.net

Foto: steadyburn.net

Malam ini, awak redaksi SalmandotCom berkumpul di sebuah restoran di bilangan Setiabudhi, Bandung. Tema besar acara kumpul-kumpul ini adalah syukuran. Adapun pesertanya adalah Yayaw a.k.a Maya DM bersama sang suami Bram, Fery bersama sang adik Dimas, saya bersama sang nyoya Ine, dan tentu saja Tristia bersama KTP yang dia taruh di dalam dompetnya.

Banyak hal yang kami syukuri malam ini. Misalnya saja: syukuran saya yang dapat teman baru, syukuran Bram karena telah diundang ke restoran tersebut, dan syukuran adiknya Fery (Dimas) yang hari ini berulang tahun. Pokoknya, yang bisa kami syukuri hari ini, kami jadikan tema syukuran malam ini. Dan satu hal yang pasti, kami syukuran juga menyambut Ramadhan yang akan hadir pekan depan.

Seperti biasa, selain makan-makan, kami juga berbagi cerita. Salah satu yang menyedot perhatian adalah cerita Bram, suami Yayaw a.k.a Maya Dewi Mustika, sang Redaktur Pelaksana SalmandotCom. Kali ini Bram bercerita tentang teorinya mengenai dua golongan besar manusia di matanya.

Menurut Bram, di dunia ini hanya ada 2 golongan manusia, yaitu manusia Malas dan Bodoh. Dan menurut dia pula, manusia Malas lebih baik dari pada manusia Bodoh. Selanjutnya Bram juga menyampaikan ciri-ciri manusia bodoh. Ciri utama manusia bodoh adalah menjadi bawahan orang malas.

Sedangkan ciri orang malas adalah memilih solusi paling sederhana, mudah bagi si pemalas, dan minim resikonya. Misalnya saja, bila dihadapkan pada pilihan antara satu (1) dan nol (0), orang malas akan memilih nol (0).

Lebih lanjut, menurut Bram, banyak orang yang dipandang besar dan berhasil di dunia ini adalah orang malas. Mulai dari Bill Gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, hingga Jokowi, menurut Bram adalah orang malas.

Contohnya saja dengan Bill Gates. Bila dia bodoh, dia akan menyelesaikan kuliahnya di Harvard University dan memilih menjadi pegawai. Namun, karena  malas, Bill Gates lebih memilih mengutak-atik komputer dan membuat Microsoft. Bahkan, menurut Bram, Bill Gates sendiri pernah berkata untuk mempekerjakan orang malas. Karena orang malas lebih menghasilkan solusi konkret dan sederhana.

Contoh lainnya adalah Larry Page dan Sergey Brin. Sebelum membangun Google, keduanya adalah mahasiswa S3 di Standford University. Bila mereka bodoh, mereka akan menyelesaikan kuliahnya S3-nya dan bekerja sebagai saintis. Namun, mereka malas dan lebih memilih mengembangkan Google. Pada akhirnya, perusahaannya menjadi raksasa mesin pencari dunia.

Saya pun termasuk orang malas. Saya malas bekerja di bank berkursi empuk dengan ruangan berpendingin dan bergaji jutaan Rupiah. Saya lebih memilih menjadi penulis kacangan yang bebas jalan-jalan dan membangun kegiatan bertema sosial di mana-mana.

Lalu, pertanyaan berikutnya, bila saya malas, kenapa saya menulis ini semua? Alasannya, karena saya malas menceritakan ke banyak orang perihal manusia-manusia malas. Bila ada orang yang ingin tahu perbedaan orang malas dan bodoh, saya tinggal menyuruh mereka membaca tulisan ini. Sehingga saya tidak perlu capek-capek bercerita. Malas, bukan?😀

Lalu, bagaimana dengan Anda? Orang malas atau orang bodoh kah, Anda? Silahkan jawab sendiri.***

10 thoughts on “Malas Atau Bodoh Kah Anda?

  1. intan berkata:

    apakah mendapatkan ranking paling bawah dikelas merupakan orang bodoh?…walaupun saya mengaku saya malas untuk belajar tapi apakah saya termasuk orang bodoh..dan mengapa mereka yang lebih malas dari saya mendapatkan ranking yang lebih tinggi dari saya…

  2. Bramandityo Prabowo berkata:

    Saya sebenarnya malas berkomentar di sini kang. Saya lebih suka memuji langsung akang, tapi nanti kalau ada yang tanya, gimana komentar kamu tentang tulisan ini? Saya kan tinggal suruh orang itu baca komentar saya aja.

    Terima kasih udah memuat informasi kecil ini dengan bahasa yang mungkin saya tidak bisa sampaikan diblog saya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s