5 Blogger Bandung Paling Berpengaruh dalam 5 Tahun Terakhir


Semalam, saya iseng-iseng menyusun 5 blogger Bandung paling berpengaruh di dunia maya. Tulisan ini sedianya saya buat untuk Uniknya.com, sebuah situs yang mengetengahkan hal-hal menarik di sekitar kita. Di situs ini, saya jadi kontributor rubrik teknologi.

Nah, kembali menyoal 5 blogger Bandung. Saya mengangkat 5 blogger ini karena beberapa pertimbangan. Pertama, soal keunikan dari masing-masing personal. Kedua, kontribusi mereka untuk mendorong komunitas blogger di Bandung. Dan ketiga, rutinitas menulis blog.

Jadi, inilah 5 blogger Bandung yang paling berpengaruh dalam 5 tahun terakhir ini:

1. Budi Rahardjo

Budi Rahardjo (Foto: flickr.com)

Budi Rahardjo (Foto: flickr.com)

Berbicara tentang blogger Bandung, salah satu yang paling banyak disebut namanya adalah Budi Rahardjo. Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB ini kerap kali memperkenalkan blog kepada mahasiswa dan masyarakat Bandung dalam setiap kesempatannya berbicara di depan publik.

Tulisannya pun banyak disukai pembaca. Hingga September 2011, blognya yang beralamat dirahard.wordpress.com, telah memiliki 2,7 juta kunjungan. Di situs blogs.indonesiamatters.com pun, blog Budi menempati ranking 3 se-Indonesia.

Selain sebagai blogger, Budi Rahardjo juga dikenal sebagai pakar keamanan jaringan komputer dan pendiri PT Insan Infonesia, sebuah perusahaan pengembang dan konsultan perangkat lunak.

2. Diki Andeas

Diki Andeas (Foto: netsains.com)

Diki Andeas (Foto: netsains.com)

Diki Andeas cukup populer di kalangan blogger dan masyarakat teknologi informasi di Indonesia. Pasalnya, programmer Ruby on Rails ini kerap menghibur masyarakat internet Indonesia dengan komik stripnya yang beralamat di chickenstrip.wordpress.com.

Dari kegiatan rutin menggambar Chickenstrip inilah akhirnya aktivis komunitas Bandung Blog Village (BBV) ini ditawari menerbitkan buku “Why Did The Chicken Browse The Social Media?” oleh Elex Media Komputindo. Tak hanya itu saja, Chickenstrip Diki juga diajak menghiasi halaman majalah PC Plus dan Kompas Techno secara rutin.

Blognya sendiri sudah mencatat angka 1 juta lebih kunjungan. Per harinya, Diki mengaku mendapatkan 800 hingga 1.500 kunjungan. Penggemar Chickenstrip pun mencapai angka 7 ribu orang di halaman penggemar Facebooknya.

Saat ini, Diki tengah mempersiapkan buku keduanya bersama Si Ayam, tokoh utama dalam Chickenstrip.

3. Ikhlasul Amal

Ikhlasul Amal (Foto: plancast.com)

Ikhlasul Amal (Foto: plancast.com)

Blogger Bandung ketiga adalah Ikhlasul Amal yang kerap mempopulerkan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Blognya di direktif.web.id umumnya mengusung wacana dan pengalaman di lingkungan teknologi informasi.

Tak hanya media tulis saja, Ikhlasul Amal juga aktif dalam dunia blog foto melalui Flickr.com. Selain aktif di ranah online, Ikhlasul Amal juga kerap aktif di dunia offline. Salah satunya adalah mendorong terwujudnya komunitas BdgFlickr, komunitas fotografi dan pengguna Flickr Bandung.

Ikhlasul Amal juga kerap mengikuti kegiatan komunitas Bandung Kota Blogger (Batagor.net) dan Bandung Blog Village (BBV). Keduanya merupakan 2 komunitas blogger terbesar di Kota Kembang.

4. Kuncoro Wastuwibowo

Kuncoro Wastuwibowo (Foto: googleusercontent.com)

Kuncoro Wastuwibowo (Foto: googleusercontent.com)

Pegawai salah satu perusahaan BUMN di bidang telekomunikasi di Bandung ini kerap mencurahkan ceritanya seputar teknologi informasi di blognya. Blognya pun tidak hanya satu, tetapi lebih dari 7 blog.

Hebatnya, semuanya terisi secara rutin. Beberapa blognya antara lain kun.co.ro,  kuncoro.com,  kuncoro.wordpress.com,  kuncoro.web.id,  koen.web.id,  kopi.pro, dan  koen.cz.

Kuncoro juga kerap memberikan pelatihan blog dan menjadikan hal tersebut sebagai program kerja perusahaannya guna meningkatkan interaksi dengan pengguna internet.

Penyuka kopi ini juga aktif di keanggotaan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), sebuah organisasi internasional yang beranggotakan para insinyur kelistrikan dan elektro dengan tujuan mengembangkan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.

Sejak 3 tahun ke belakang, penyuka musik orkestra ini pindah ke Jakarta terkait pekerjaannya.

5. Herry Constadi

Herry Constadi ketika beraksi di lintas berlari (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Herry Constadi ketika beraksi di lintasan berlari (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Meskipun pekerjaannya adalah arsitektur, tetapi Herry Constadi punya pengaruh besar dalam pergerakan blogger di Bandung. Pria yang kerap disapa Aki ini salah satu orang penggerak terwujudnya komunitas Bandung Kota Blogger (Batagor.net).

Herry juga kerap menginisiasi berbagai gerakan amal yang ditujukan agar blogger Bandung lebih peduli pada sesama yang kekurangan.

Meskipun usianya telah mencapai 54 tahun, pemilik blog  rumahkayubekas.net  ini sangat menyukai olah raga lari. Hitungannya pun bukan lagi 1 – 2 Kilometer. Namun sudah mencapai puluhan Kilometer.

Kini Herry juga aktif di komunitas IndoRunners, komunitas penyuka olah raga berlari.

7 thoughts on “5 Blogger Bandung Paling Berpengaruh dalam 5 Tahun Terakhir

  1. Asop berkata:

    Wah wah, biarkan saya mengoreksi.

    Coba Mas Yudha cek kembali, itu rangking di indonesiamatters sudah lama sekali gak berubah. Gak update!😐 Cek alexa rank dan Google PR, jelas sekali berbeda. Jadi, gak valid lagi itu situs untuk melihat terkenal atau tidaknya blog seseorang (bukan blogger-nya ya:mrgreen: ).

    Silakan juga cek satu per satu blog yang ada di rangking atas. Ada beberapa blog yang sudah lamaaaaaaaaa sekali nggak update. Sungguh lucu.😀

  2. canmasagi berkata:

    Bandung emang mantap! Saya pembaca setia tulisan Pak Budi Rahardjo di IL…. ChickenStrip selalu menghibur.. Semuanya mantap tap tap! Ingin juga jadi bloger seperti beliau-beliau ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s