Tiga Harimau yang Punah di Abad 20


Salah satu hewan yang punah karena perburuan dan pengrusakan habitat di abad 20 adalah Harimau. Tercatat ada 3 jenis harimau (Panthera tigris) yang punah di dunia. Ketiga harimau itu adalah Harimau Bali, Harimau Jawa, dan Harimau Kaspia.

Harimau Bali (Panthera tigris balica)
Harimau yang memiliki badan paling kecil dari semua harimau di dunia ini hanya ditemukan hidup di pulau Bali. Beratnya hanya sekitar 90 hingga 100 Kg untuk jantan dan 65 hingga 80 Kg untuk betina. Harimau bali terakhir dibunuh di Sumbar Kima, Bali Barat, pada 27 September 1937. Sejak saat itu, tidak pernah terlihat lagi harimau di Pulau Dewata tersebut.

Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica)
Harimau ini hanya hidup di pulau jawa dengan berat 100 hingga 141 Kg untuk jantan dan 75 hingga 115 Kg untuk betina. Diperkirakan punah pada 1980-an yang disebabkan oleh perburuan dan kerusakan habitatnya. Namun, kuat diperkirakan bahwa harimau ini telah punah sejak tahun 1950-an. Karena pada saat itu, diperkirakan hanya tersisa 25 harimau di alam bebas. Meskipun begitu, ada yang menyebutkan bahwa harimau ini terlihat pada 1979. Bahkan, ada yang melaporkan melihat harimau ini pada 1990-an.

Harimau Kaspia (Panthera tigris virgata)
Dijuluki juga sebagai Harimau Persian atau Harimau Turanian. Hewan ini tersebar di Iran, Irak, Afghanistan, Turki, Mongolia, Kazakhstan, Kaukasus, Tajikistan, Turmenistan, dan Uzbekistan. Harimau ini merupakan populasi paling barat dari Harimau Siberia. Diduga terakhir terlihat pada akhir tahun 1950. Meskipun begitu, penelitian genetik pada 2009 menyebutkan bahwa kemungkinan besar harimau ini identik dengan Harimau Siberia.

Harimau Bali terakhir yang diburu (Foto: uwec.edu)

Harimau Bali terakhir yang berhasil diburu warga pada 1925 (Foto: uwec.edu)

Harimau Jawa

Harimau Jawa yang berhasil diabadikan oleh Andries Hoogerwerf di Taman Nasional Ujung Kulon pada 1938 (Foto: upload.wikimedia.org)

Harimau Kaspian

Harimau Kaspia di Kebun Binatang Berlin pada 1899 (Foto: upload.wikimedia.org)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s