Lima Hal yang Membuat Saya Menggunakan WordPress


Foto: ericstoller.com

Foto: ericstoller.com

Untuk membangun sebuah media online berbasis web saat ini, tidak perlu mengeluarkan usaha yang teramat besar. Pasalnya, dengan kehadiran Content Management System (CMS), sebuah media online berbasis web dapat dibuat dalam waktu sekejap.

Dari berbagai CMS yang tersedia, WordPress adalah salah satunya. CMS ini memang banyak dikenal sebagai engine (mesin) untuk sebuah web blog. Namun, sejatinya WordPress bisa digunakan untuk berbagai pengembangan situs web, seperti media online, situs perusahaan, dan toko online.

Setidaknya, ada 5 pertimbangan penggunaan WordPress untuk tujuan pengembangan media online. Pertimbangan pertama CMS ini mudah dikostumisasi. Karena termasuk penganut Free and Open Source Software (FOSS), sehingga kode-kode pemrograman WordPress bisa dilihat, dipelajari, kemudian dikembangkan. Hal ini membuat WordPress bisa dengan mudah dikostumisasi untuk berbagai kebutuhan dan sesuai dengan keinginan pengembang media online. Pengkostumisasian ini mulai dari mesin, fitur, plugin, hingga tampilan media online.

Kedua, memiliki banyak dukungan. Dukungan ini tidak hanya berupa pengembangan situs, tetapi juga mencakup dukungan plugin dan themes (tema). Dengan banyaknya dukungan ini, WordPress tidak hanya menjadi CMS yang handal secara performa dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Namun juga, pengguna WordPress memiliki banyak pilihan tampilan dan fitur untuk digunakan di situsnya.

Plugin sendiri adalah komponen-komponen WordPress yang memiliki fitur-fitur tertentu. Misalnya saja plugin statistik pengunjung adalah fitur untuk melihat statistik pengunjung situs, dan plugin video adalah fitur untuk menampilkan video di WordPress. Sedangkan themes merupakan tampilan depan WordPress yang akan selalu dilihat oleh pengunjung situs.

Pertimbangan ketiga, WordPress mapan secara teknologi. Mapan secara teknologi, membuat WordPress cukup stabil digunakan dengan tingkat galat (error) yang relatif kecil. Sehingga WordPress mampu mengelola konten dan kunjungan dengan jumlah besar dan banyak. Bahkan bisa mengelola hingga ribuan kunjungan dan konten. Kemapanan ini dikarenakan CMS ini memiliki banyak dukungan dari pengembang.

Foto: i.zdnet.com

Foto: i.zdnet.com

Sedangkan pertimbangan keempat, WordPress mudah digunakan. Hal ini tercermin mulai dari kemudahan memilih themes, menggunggah gambar dan video, mengelola tampilan, membuat halaman, hingga menulis dan mempublikasikan konten. Sehingga, apabila hanya untuk penggunaan standar, pengguna biasa pun mampu melakukannya.

Kelima, tersedia secara bebas dan gratis. Hal ini karena WordPress termasuk FOSS. Bila membutuhkannya, pengguna hanya perlu mengunduh (download) dari situs wordpress.org untuk dipasang di server pengguna.

Pengguna juga bisa menggunakan layanan blog WordPress yang tersedia secara bebas di wordpress.com. Meskipun begitu, layanan ini terbatas hanya untuk blog dan tidak bisa dikostumisasi, sebebas layanan wordpress.org.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s