Karena Saya Adalah Tionghoa…


Foto: img03.beijing2008.cn

Foto: img03.beijing2008.cn

“Darah China” begitulah definisi terhadap kemampuan yang saya miliki. Disebut darah China, karena kemampuan itu kerap melekat pada seseorang yang beretnis Tionghoa. Pandai berdagang dan cepat dalam berhitung adalah 2 hal yang kerap saya labelkan kepada mereka yang beretnis Tionghoa.

Saya sendiri memang punya “darah Tionghoa” dalam arti sebenarnya. Nenek dari nenek saya dari pihak bapak saya adalah seorang Tionghoa. Dia menikah dengan seseorang Palembang yang merupakan kakek dari nenek saya. Mereka kemudian pindah ke Cirebon dan turunannya secara bertahap pindah ke Majalengka.

Sedangkan dari pihak ibu saya, banyak teman-teman saya yang bilang kalo ibu saya mirip seorang Tionghoa. Meskipun secara silsilah saya sendiri belum menemukan kebenaran penilaian teman-teman saya ini. Namun, sepanjang perjalanan hidup, saya beberapa kali pernah bertemu orang-orang Tionghoa yang struktur wajahnya mirip ibu saya. Yah, mungkin saja beliau memang keturunan juga. Dunno.

Kembali ke persoalan “Darah China”. Berbicara tentang dagang, saya dan keluarga memang tidak pandai dalam hal yang satu ini. Kalau pun mencoba, lebih banyak ruginya daripada untungnya. Namun, kalau saya udah ngobrolin “bisnis” dengan adik, kami berdua sama-sama tidak mau kalah. Selalu mencari cara untuk bisa untung.

Parameter lainnya ketika sudah ngobrolin soal angka. Seringkali ketika ada orang yang mengajukan pertanyaan berupa operasi bilangan sederhana, saya selalu bisa menyampaikan hasilnya dengan cepat. Bahkan, saya baru menghitung setelah saya “menceplos” hasilnya. Dan anehnya selalu benar. Operasi bilangan sederhana ini seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan angka-angka yang cukup sederhana serta tidak terlalu rumit.

Memang bapak saya kerap “menantang” saya untuk menghitung cepat sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Mungkin karena ini juga akhirnya banyak operasi-operasi bilangan yang sudah berada di alam bawah sadar saya. Sehingga ketika ada seseorang yang mengajukan operasi bilangan tertentu, bisa dengan cepat saya sampaikan hasilnya. Dunno.

Lepas dari urusan bahwa orang-orang China pandai berdagang dan berhitung, saya senang bila ada orang yang bilang saya seorang Tionghoa. Meskipun kenyataannya mungkin sudah tidak kentara terlihat. Dan satu hal lagi yang saya yakini, bahwa kebijaksanaan tertinggi pernah dikaruniakan kepada etnis ini.

2 thoughts on “Karena Saya Adalah Tionghoa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s