Yanni’s Best Concert That I’ve Ever Seen: Yanni Live!


Foto: imageshack.us

Foto: imageshack.us

“Yanni, you are the best!” komentar saya usai melihat konser Yanni di YouTube.com. Dari beberapa video konsernya yang pernah saya lihat, video konser Yanni yang inilah yang paling saya suka. Mulai dari penampilannya, lagu yang dibawakan, sampai kemampuan personil band dan aransemennya, semuanya bikin greget. Bagi yang belum tahu tentang Yanni, bisa lihat postingan saya di sini.

Setelah saya telusuri di Wikipedia.org, konser ini berjuluk Yanni Live!. Sedangkan konser yang saya liat di YouTube, direkam ketika mereka menyelenggarakan konser di Las Vegas, tepatnya di Mandalay Bay Events Center pada 6 Nopember 2004.

Albumnya sendiri dirilis pada Agustus 2006 dengan judul Yanni Live! The Concert Event. Album ini berhasil menduduki rangking pertama untuk kategori Top New Age Albums di chart majalah Billboard dan rangking 6 dalam chart Top Independent Albums. Sedangkan pada chart Top Internet Albums, album ini menduduki rangking 84.

Personil band yang Yanni bawa dalam konser ini benar-benar sukses memukau penonton. Keahlian mereka dalam memainkan alat-alatnya, sudah masuk level “jempolan”. Adapun anggota band Yanni di konser ini adalah:

Dari sekian deret personil, permainan beberapa di antaranya sangat berkesan di benak saya. Salah satunya adalah Walter Rodriguez pada lagu For All Seasons. Dia menjadikan papan dan 2 tongkat serta sepatunya sebagai instrumen musiknya.

Foto: pixhost.info

Foto: pixhost.info

Permainan berkesan lainnya adalah Victor Espinola. Bila umumnya Harpa dimainkan untuk lagu-lagu bertempo lambat, tapi tidak oleh Victor di konser ini. Dia memainkan Harpa layaknya pemain Rock memainkan gitarnya. Bahkan, di lagu World Dance, Victor mengangkat Harpanya tinggi-tinggi dengan satu tangannya dan tangan lainnya memainkannya.

Selain itu, saya juga suka permainan Samvel Yervinyan dan Sayaka Katsuki. Keduanya adalah pemain biola. Samvel sendiri memainkan biolanya dengan gesekan yang kadang-kadang tidak biasa. Contohnya seperti yang Samvel mainkan di lagu For All Seasons.

Sedangkan untuk Sayaka Katsuki, permainannya benar-benar spontan dan Jazz abis. Saya suka permainan Sayaka ketika dirinya berduel dengan Pedro Eustache dalam lagu Play Time. Keduanya saling berbalas-balasan membunyikan alat musiknya masing-masing.

Personil lainnya yang saya suka tapi cukup berkesan (tidak teramat berkesan) adalah Dan Landrum yang memainkan Santur, Ming Freeman sang Keyboardist, dan Pedro Eustache dengan alat musik tiupnya. Mereka masing-masing mampu menyuguhkan permainan yang menarik.

Lagu yang Yanni bawakan dalam album berdurasi 82 menit ini, berjumlah 12 lagu. Namun, dalam videonya, ada 13 lagu yang tersedia, yaitu:

  1. Standing in Motion
  2. Rainmaker
  3. Keys to Imagination
  4. Enchantment
  5. On Sacred Ground
  6. Playtime
  7. Until the Last Moment
  8. If I Could Tell You
  9. For All Seasons
  10. The Storm
  11. Prelude
  12. Nostalgia
  13. World Dance

Saya sendiri hanya bisa menemukan 4 lagu di YouTube, yaitu: Rainmaker, Playtime, For All Seasons, dan World Dance. Dari 4 lagu ini, saya paling suka World Dance. Alasannya, semua personil utama diberi kesempatan untuk menyajikan permainan solo mereka. Selain itu, secara aransemen dan lagu, cukup sederhana, mudah diingat, serta mudah didendangkan.

Saya sendiri tidak terlalu pandai menggambarkan keindahan lagu dan permainan personil Yanni dalam konser ini melalui kata-kata. Namun, untuk melihat aksi panggung mereka, berikut saya lampirkan 4 video konser Yanni Live! yang saya dapatkan di YouTube. Berturut-turut judul lagu dalam video tersebut adalah:

  1. Playtime
  2. World Dance
  3. The Storm
  4. Rainmaker

Semoga terhibur, dan selamat menikmati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s