JatiwangiNews.com: dari Blogger untuk Jatiwangi


Foto: Blogspot.com

Foto: Blogspot.com

Usai mengembangkan SalmanITB.com selama hampir 2 tahun, akhirnya saya juga memberanikan diri mengembangkan JatiwangiNews.com. Sebenarnya, sebelum ini, saya juga berusaha mengembangkan situs berbasis citizen journalism lainnya seperti bdg.web.id. Namun, karena kesibukan saya dan hanya single fighter, akhirnya situs tersebut hanya tinggal penginggalan purbakala saya.

JatiwangiNews.com sendiri terinspirasi dari keinginan saya mempublikasikan tempat tinggal orang tua saya ke ranah yang lebih luas lagi. Saya melihat, banyak potensi kebudayaan dan seni kreatif lahir dari sini. Contohnya adalah berdirinya Jatiwangi Art Factory atau disingkat JAF.

JAF sendiri merupakan wadah bagi seniman Jatiwangi untuk mengapreasiasikan diri. Seniman yang kerap terlihat beraktivitas di sini salah satunya adalah Mukti Mukti. Terakhir Arry Juliant juga kerap mengunjungi tempat ini.

Di JAF juga mereka mengembangkan alat musik dari tanah liat yang umumnya digunakan untuk bahan membuat genting. Saya tidak tahu nama dari perangkat musik tersebut. Namun, melalui grup musik People Clay, mereka sudah mulai diminta tampil hingga di kancah provinsi dan nasional.

Belum lagi, JAF sendiri kerap menyelenggarakan kegiatan berskala internasional di bidang seni dan perfilman. Kegiatan yang saya tahu adalah Jatiwangi Artists in Resident Festival 2010 dan Village Film Festival 2010. Keduanya benar-benar menghadirkan artis dan filmmaker dari berbagai penjuru dunia. Para seniman ini ditempatkan di rumah-rumah warga guna mengangkat potensi-potensi lokal Jatiwangi melalui seni dan film.

Kembali ke JatiwangiNews.com. Dari potensi lokal inilah, saya berpikir untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan potensi-potensi lokal Jatiwangi. Karena saya seorang blogger dan praktisi online citizen journalism, akhirnya saya memutuskan untuk turut berpartisipasi melalui JatiwangiNews.com sebagai situs online citizen journalism di Jatiwangi.

Adapun cerita-cerita yang diangkat di situs ini mengenai potensi lokal Jatiwangi di bidang seni dan budaya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan mengangkat potensi di bidang lainnya. Namun, karena JAF sendiri bergerak di bidang seni dan budaya, saya melihat hal ini sebagai langkah awal untuk menggali potensi Jatiwangi melalui citizen journalism.

Alat musik dari tanah liat yang dikembangkan oleh JAF (Foto: Yudha PS)

Alat musik dari tanah liat yang dikembangkan oleh JAF (Foto: Yudha PS)

Berkaitan dengan sumber daya manusia, JAF sendiri sudah memiliki media center di sebagian besar desa di Jatiwangi. Media center inilah yang nantinya akan banyak berperan dalam menggali potensi lokal Jatiwangi. Media center ini banyak diisi oleh kaum muda. Sehingga saya berharap bisa menularkan kemampuan citizen journalism kepada mereka.

Selain dibantu sumber daya lokal, saya juga insya Allah dibantu oleh sumber daya yang berasal dari Jatiwangi tetapi kini tidak tinggal di Jatiwangi. Untuk teknologi informasi misalnya. Insya Allah saya dibantu oleh Ginanjar Satyanagara. Beliau merupakan seorang konsultan teknologi informasi di Progress Media. Lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Padjadjaran (UNPAD) ini pernah menjadi pemimpin redaski SDA Asia Magazine.

Saya sendiri berkenalan dengan beliau melalui situs jejaring Facebook. Ternyata beliau pernah kecil dan bersekolah dasar di Jatiwangi. Hal ini terungkap setelah beliau membaca tulisan saya di blog berjudul Keihlasan Hati dari Tuhan untuk Seniman. Tulisan ini bercerita tentang Abah Memet yang merupakan seniman asal Jatiwangi. Ketika saya menyampaikan ide untuk membuat JatiwangiNews.com, beliau merespon dan bersedia membantu dari segi infrastruktur teknologi informasinya.

Dari tulisan yang sama, saya juga baru tahu bahwa dosen mata kuliah jurnalistik saya, Arief Permadi, adalah orang Jatiwangi. Saat ini beliau adalah redaktur di Tribun Jabar dan rumahnya tak jauh dari kantor Kecamatan Jatiwangi. Mudah-mudahan beliau juga mau membantu menularkan kemampuan berjurnalistik kepada anak muda Jatiwangi melalui JatiwangiNews.com.

Insya Allah, dalam beberapa minggu ini saya berencana untuk menginisiasi lebih lanjut JatiwangiNews.com dengan para punggawa JAF. Mohon doanya, mudah-mudahan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Semoga.

Iklan

3 thoughts on “JatiwangiNews.com: dari Blogger untuk Jatiwangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s