Surat Cinta dari WordPress


Foto: blogspot.com

Foto: blogspot.com

Seingat saya pada awal tahun 2010 lalu, WordPress tidak melakukan ini. Atau blog saya belum memiliki jumlah pengunjung seperti tahun 2010? Namun, awal tahun ini, dia mengirimkan surat cinta. Saya sebut surat cinta, karena isinya memang membuat saya semakin cinta sama WordPress, yaitu apresiasi mereka terhadap blog saya dari segi statistik situs.

Di awal surat cintanya, WordPress pertama kali menyalami saya dengan memaparkan Blog-Health-o-Meter™ blog saya. Dia menilai dengan “Wow”. Entah apa parameternya penilaian ini, mungkin dari jumlah pengunjung.

WordPress juga memberitahukan kepada saya bahwa pada 2010, blog saya mendapat 35 ribu kali kunjungan. Dia membandingkan, bila ada 3 juta kunjungan setiap tahunnya ke Taj Mahal, maka untuk mencapai 35 ribu kali kunjungan, hanya perlu 4 hari. Yah, blog saya dibandingkan dengan kunjungan ke Taj Mahal. Jelas, tidak ada apa-apanya.

WordPress juga menyampaikan bahwa saya telah menulis 43 tulisan baru selama 2010. Tulisan baru ini membuat total tulisan di blog saya mencapai 426 tulisan. Adapun hari tersibuk adalah pada 23 April 2010. Ketika itu blog saya mendapatkan 485 kunjungan.

Yah, masih kalah jauh memang dengan hari tersibuk tahun 2009 yang mencapai 700 kunjungan dalam sehari. Namun, apalah artinya kuantitas kalau kualitas tulisan saya juga belum seberapa. Lebih lanjut, WordPress juga menyampaikan bahwa tulisan terpopuler saya tahun 2010 adalah Nyoba Makan 3 Jari Ala Rasul, Yuk!.

Situs rujukan juga salah satu hal yang disampaikan dalam surat cinta tersebut. WordPress menyampaikan bahwa facebook.com, lintasberita.com, dan search.conduit.com merupakan 3 situs terbanyak yang merujuk pada blog saya. Kemudian selanjutnya disusul oleh google.co.id dan priyadi.net.

Berbicara tentang situs rujukan priyadi.net, saya tidak menyangka bahwa banyak juga orang yang mengakses blog saya dari blog salah satu Bapak Blogger Indonesia tersebut. Awalnya saya kira orang-orang yang merujuk ke blog saya dari situs tersebut hanya akan bertahan maksimal seminggu. Namun, ternyata setiap harinya selalu ada kunjungan ke blog saya dari priyadi.net, hingga tulisan ini dibuat dan dipublikasikan.

Terima kasih tim WordPress atas surat cintanya berupa apresiasi terhadap blog saya. Terima kasih juga telah menyediakan Content Management System (CMS) yang baik dan bebas untuk kami bisa berkarya. Semoga, setahun ke depan, kita bisa mencetak prestasi yang lebih gemilang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Berikut saya lampirkan juga surat cinta dari WordPress yang dikirimkannya ke email saya.

The stats helper monkeys at WordPress.com mulled over how this blog did in 2010, and here’s a high level summary of its overall blog health:

Healthy blog!

The Blog-Health-o-Meter™ reads Wow.

Crunchy numbers

Featured image

A helper monkey made this abstract painting, inspired by your stats.

About 3 million people visit the Taj Mahal every year. This blog was viewed about 35,000 times in 2010. If it were the Taj Mahal, it would take about 4 days for that many people to see it.

In 2010, there were 43 new posts, growing the total archive of this blog to 426 posts. There were 3 pictures uploaded, taking up a total of 165kb.

The busiest day of the year was April 23rd with 485 views. The most popular post that day was Nyoba Makan 3 Jari Ala Rasul, Yuk!.

Where did they come from?

The top referring sites in 2010 were facebook.com, lintasberita.com, search.conduit.com, google.co.id, and priyadi.net.

Some visitors came searching, mostly for menjaga hati, filsafat matematika, pengertian signifikan, airsoft gun bandung, and gerhana matahari.

Attractions in 2010

These are the posts and pages that got the most views in 2010.

1

Nyoba Makan 3 Jari Ala Rasul, Yuk! April 2010
10 comments

2

Definisi dan Kamus Besar Bahasa Indonesia October 2008
8 comments

3

Pentingnya Menjaga Hati July 2009
13 comments

4

Science Gallery Sabuga, Museum IPTEK-nya Bandung May 2009
4 comments

5

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari Terjadi dalam Waktu Bersamaan…??? August 2008
16 comments

WordPress WordPress.com | Thanks for flying with WordPress
Express yourself. Start a blog.
 

Iklan

2 thoughts on “Surat Cinta dari WordPress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s