Salman Media: Sebuah Resolusi 2011!


Foto: SalmanITB.com

Foto: SalmanITB.com

Akhir tahun, biasanya orang akan membicangkan hal yang telah terjadi selama 1 tahun terakhir, dan mengemukakan berbagai resolusi-resolusinya di tahun yang akan datang. Untuk diri sendiri, saya memilih untuk tidak menceritakan hal tersebut. Namun, yang akan saya ceritakan mengenai pengembangan Salman Media untuk edisi 2011. Semoga rekan-rekan ada yang berminat berkontribusi dan bekerja sama.

Program Salman Media 2011 mendatang merujuk pada 2 hal utama, yaitu pengembangan kapasitas jurnalistik komunitas dan pengembangan media jurnalistik.

Pengembangan kapasitas jurnalistik komunitas merujuk pada peningkatan kemampuan jurnalistik komunitas dan jamaah Salman ITB, pada khususnya. Sedangkan pada umumnya ditujukan untuk komunitas umum dan Islam yang ingin memperdalam dan mengasah naluri kejurnalistikannya.

Sebenarnya, saya agak enggan untuk menggunakan istilah Jurnalistik di sini. Karena sasarannya adalah orang yang non-jurnalistik, penggunaan istilah Jurnalistik kami pandang terlalu berat. Meskipun begitu, kami belum menemukan istilah yang cocok untuk menggantikan kata Jurnalistik, sehingga masyarakat tidak memandang berat program ini.

Break down programnya dalam bentuk pelatihan dan seminar tentang jurnalistik. Kegiatan Salman Training on Media and Journalism (STMJ) tampaknya masih akan menjadi program unggulan tahun 2011. Berbeda dengan STMJ tahun ini, pelatihan jurnalistik ini pada 2011 akan dipersingkat dari 5 bulan menjadi 2 bulan lamanya. Materinya pun sangat dasar, mencakup menulis jurnalistik, teknik wawancara, bahasa jurnalistik, dan fotografi jurnalistik.

Selain itu, STMJ pada 2011 akan berbayar dengan kisaran 200 hingga 500 ribu Rupiah. Alasannya, agar peserta lebih serius mengikuti kegiatan ini. Untuk mengakomodasi mereka yang mau tapi kurang mampu secara finansial, insya Allah akan ada keringanan berupa pembebasan biaya. Namun, mereka harus berkontribusi untuk Salmanitb.com.

Program lainnya adalah Journalism Camp. Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk komunitas umum dan Islam serta pesantren, yang terikat secara organisasi dan berkeinginan untuk membuat media komunitas berbentuk situs web. Sesuai namanya, peserta akan menginap selama 4 hari 3 malam. Peserta akan diberikan kemampuan jurnalistik dan mengelola situs web. Sehingga mampu mengkolaborasikannya dengan pengembangan komunitas di daerahnya.

Menyangkut biaya, saya pribadi belum mampu memprediksikan. Namun, untuk komunitas Islam seperti pesantren dan organisasi berbasis Islam, kami akan mencoba mencari sponsor. Sehingga mereka bisa mengembangkan komunitas keagamaan berbasis teknologi informasi di wilayahnya.

Foto: SalmanITB.com

Selain pelatihan jurnalisme berbasis teks, Salman Media juga berencana membuat pelatihan jurnalisme radio dan televisi. Hal ini menyangkut arah pengembangan media di Salman ITB yang akan mengarah ke dua media tersebut, yaitu radio dan televisi.

Untuk kegiatan talkshow dan seminar, Salman Media sendiri belum terpikir membuatnya. Namun, kami membuka tawaran kerjasama bagi pihak yang ingin menyelenggarakan talkshow tentang jurnalistik dan kaitannya dengan citizen journaslim.

Sedangkan dalam hal pengembangan media, Salman Media akan mengoptimalkan situs web yang kami punya di Salmanitb.com. Tidak hanya berbasis teks, tetapi berbasis suara (radio) dan audio-visual (televisi). Harapannya, situs ini mampu menjadi rujukan tentang Islam di Bandung dan Jawa Barat. Syukur-syukur di Indonesia. Untuk itu, konten yang kami sediakan saat ini tidak hanya berkaitan dengan Masjid Salman ITB semata. Melainkan, mencoba menyinggung aktivitas keIslaman kegiatan lainnya yang berada di wilayah Bandung dan Jawa Barat.

Dalam hal konten, Salmanitb.com akan memperbanyak informasi-informasi solutif dan inspiratif. Kami berusaha menyediakan informasi yang berimbang dan lengkap serta menjawab permasalahan yang timbul di masyarakat. Semoga konten-konten yang dipublikasikan di Salmanitb.com mampu menjawab tantangan umat dalam hal beragama berkaitan dengan budaya yang berkembang.

Salmanitb.com juga mencoba mewadahi konten-konten yang dibuat di masyarakat. Kami berpikir perlu adanya sebuah situs citizen journalism berbasis informasi Islam yang mampu mewadahi informasi-informasi dari masyarakat. Sehingga terbangun kesadaran untuk mengunggah konten dan membaginya di ranah maya.

Selain situs, Salman Media juga rencananya akan mengembangkan radio streaming. Radio streaming ini tidak hanya berisi ceramah semata. Namun, kami juga akan menyelenggarakan talkshow, konsultasi, dan hiburan. Tema-tema yang akan diangkat, beberapa di antaranya adalah mengelola keluarga, mendidik anak, kajian sains, kajian budaya, dan konsultasi pendidikan. Insya Allah radio streaming ini akan kami wujudkan pada semester pertama 2011.

Salman Media juga berencana ke arah televisi. Namun, televisi ini akan membutuhkan proses hingga 5 tahun ke depan hingga terciptanya. Itu pun paling banter televisi berbasis internet.

Pada 2011 mendatang, pengembangan televisi dimulai dengan membentuk budaya audio-visual. Jika biasanya hasil liputan kegiatan dibuat berbasis teks, pada semester akhir 2011 liputan kegiatan diharapkan berbasis audio-visual.

Kira-kira, begitulah rencana pengembangan media di lingkungan Salman ITB. Tidak semua rencana kegiatan saya paparkan di sini. Meskipun begitu, mudah-mudahan rekan-rekan memiliki gambaran singkat arah pengembangan media di Salman ITB.

Salman Media juga membuka diri apabila ada di antara rekan-rekan yang ingin berkontribusi terhadap pengembangan media di Salman ITB. Harapannya, pengembangan media ini berkontribusi pada berkembangnya media Islam sehingga mampu diterima di masyarakat.

One thought on “Salman Media: Sebuah Resolusi 2011!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s