BJB, Bank Rasa Lokal Jawa Barat


Foto: Blogspot.com

Foto: Blogspot.com

Akhirnya saya memilih BJB (Bank Jabar Banten) sebagai pilihan tempat menabung saya. Rasany lokal sekali, dibandingkan dengan bank lainnya yang lebih mengusung tema nasional. Ketertarikan lainnya, ketika saya tahu bahwa BJB Syariah tidak memiliki bunga dan biaya administrasi. Sehingga tabungan saya tidak khawatir terpotong.

Sebelum berubah nama dan logo menjadi BJB, bank ini terkenal dengan sebutan Bank Jabar. Kantor pusatnya berada di bilangan Braga, Bandung. Dulu saya sering lihat, tapi belum pernah mencoba mencicipinya.

Hari ini saya mulai membuat tabungan d BJB. Ada 3 jenis layanan, yaitu: Tanda Mata Gold, Tanda Mata, dan Simpeda.

Seperti namanya, Tanda Mata Gold menyuguhkan layanan dengan nilai transaksi yang tinggi. Minimal setoran awal adalah 250 ribu Rupiah dengan biaya administrasi setiap bulanny sebesar 5 ribu Rupiah. Sedangkan jumlah minimal yang ada di tabungan minimal 50 ribu Rupiah. Adapun jumlah penarikan yang diperkenankan mencapai 10 juta rupiah. Keuntungan lainnya dari layanan ini adalah tersedianya asuransi bagi nasabahnya.

Sedangkan layanan Tanda Mata, minimal setoran awal 50 ribu Rupiah dengan biaya administrasi setiap bulannnya hanya 2.500 Rupiah. Sedangkan jumlah minimal yang harus ditinggalkan di tabungan sebesar 5 ribu Rupiah.

Adapun simpeda, sama seperti Tanda Mata, memiliki setoran awal 50 ribu rupiah dengan biaya administrasi setiap bulannya hanya 2.500 Rupiah. Jumlah minimal yang harus ditinggalkan di tabungan pun sama, yaitu 5 ribu Rupiah. Perbedaanny, inilah yang saya lupa tanyakan. HehešŸ˜€

Untuk kartu ATM, biaya administrasi ditambahkan seribu Rupiah setiap bulannya. Letak atm BJB pun tidak hanya di pulau Jjawa saja. Sudah tersedia sampai ke luar pulau Jawa dan memiliki lebih kurang 17 ribu akses ATM.

Sedangkan ketentuan bunga, hampir sama dengan bank lainnya. Dana di bawah 1 juta Rupiah, tidak berbunga. Di atas 1 juta hingga 10 juta, dibungai 2 persen. Dana di atas 10 juta hingga 100 juta Rupiah, diberkahi bunga 3 persen, dan dana di atas seratus juta Rupiah, mendapatkan bunga 4 persen sebulan.

Awalnya, kebertandangan saya hanya ingin bertanya-tanya saja. Namun, karena ketentuan dan syaratnya sangat bersahabat, tanpa pikir panjang saya langsung membuka tabungan.

Karena kepentingannya hanya untuk menabung, saya memilih paket tanda mata tanpa kartu ATM. Hal ini mudah-mudahan membuat saya tertahan untuk tidak mengambil uang tabungan saya terlalu sering, sehingga tabungan saya bisa lebih awet dari sebelumnya.

Dari segi perusahaan, setahu saya bank ini adalah milik Pemerintah Daerah di Jawa Barat. Karena sifatny yang lokal, saya kira lebih mengakar-rumput dibandingkan bank-bank lainnya yang berskala nasional. Sehingga bank lokal seperti BJB pun, rasanya lebih stabil dan realistis. Sedangkan dariĀ  segi sekuritas, insya Allah aman.

Ditulis menggunakan netbook Elevo R7 dengan OS Android ketika tengah menunggu antrian di BJB cabang Suci, Bandung.

12 thoughts on “BJB, Bank Rasa Lokal Jawa Barat

  1. Abdullah Muhajir berkata:

    saya tinggal di Bogor dan mau nabung di BJB, tp blm tahu potongan per bulannya. Tp alhamdulillaah stelah baca artikel kiriman ini, Insy.Allah saya minat utk menabung di Bank bjb syari’ah. Thanks bro..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s