Tempat Berlabuh Kini: STIKOM Bandung


Kampus STIKOM Bandung di jalan PHH Mustopha 72, Bandung

Kampus STIKOM Bandung di jalan PHH Mustopha No. 72, Bandung (Foto: Yudha PS)

Sejak Oktober 2010 lalu, saya berkesempatan berkuliah lagi. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung merupakan tempat berlabuh saya kini. Di kampus yang terletak di jalan PHH Mustopha 72 Bandung ini, saya mengambil jurusan Jurnalistik. Sebuah bidang yang cukup saya gemari sejak duduk di bangku SLTP.

Hingga saat ini, saya merasa betah dengan kehidupan di STIKOM Bandung. Ketika kuliah di Manajemen Informatika UNPAD, saya bingung lantaran tidak bisa menikmati buku kuliah yang penuh dengan rumus matematika dan algoritma. Namun, di STIKOM Bandung, saya benar-benar sayang bila harus memalingkan muka saya dari buku bergenre ilmu sosial ini. Yah, materinya lebih humanis, dan saya merasa mampu menguasainya dengan mudah. Energi minimum kah ini?

Meskipun begitu, urusan angka dan rumus matematika tetap indah dan mengasyikan bagi saya hingga saat ini. Namun, teori komunikasi dan turunannya jauh lebih indah dan mengasyikan rasanya. Sebagian besar dosen pun mengajar lebih humanis, dan tentunya mengajarkan untuk menjadi lebih humanis. Bila tidak humanis, bukan kampus yang mengajarkan ilmu humanis namanya.

Agar saya punya waktu untuk belajar, saya pun menuliskan ulang berbagai materi yang diberikan dosen. Tulisan tentang materi ini saya publikasikan di blog saya yang lain, yaitu Ngejurnal.wordpress.com. Mudah-mudahan tidak hanya berguna bagi mahasiswa STIKOM Bandung saja, tetapi juga berguna untuk mereka yang ingin belajar jurnalistik secara autodidak.

Bicara soal lingkungan, di sini tak kalah asyiknya. Mahasiswanya cair dan mudah akrab. Bahkan, tak jarang mereka menyapa saya duluan, meskipun kami belum saling mengenal. Padahal, menyapa lebih dulu adalah hal yang agak sulit saya lakukan. Dan saya sadari bahwa hal ini merupakan salah satu hambatan komunikasi yang ada dalam diri.

Belum lagi saya adalah mahasiswa tertua di kelas, mungkin juga mahasiswa tertua di angkatan 2010. Hal ini membuat saya dijuluki “Abang” atau “Kakak Pertama” oleh anak-anak di kelas. Malah, ada yang selalu menyapa saya dengan “Bapak”.  Julukan yang membuat saya berpikir, “Benarkah saya setua itu?”

Beberapa staf pengajar STIKOM Bandung

Jajaran pengajar dan pegawai STIKOM Bandung (Foto: Flickr STIKOM Bandung)

STIKOM Bandung bagi saya saat ini menyimpan banyak kejutan yang membuat saya terkagum-kagum. Salah satunya adalah kisah Sry Margianti, office girl STIKOM Bandung. Beliau berusia sekitar 45 tahun. Suaminya berprofesi sebagai supir pribadi dan keduanya memiliki 2 anak yang kini telah dewasa.

Hebatnya, dia mampu menyekolahkan anak pertamanya hingga menjadi sarjana perhotelan lulusan Universitas Pendidikan Indonesia. Saat ini, anak pertamanya tersebut telah diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pariwisata Kabupaten Subang. Sedangkan anak keduanya, kini merupakan mahasiswa semester III di jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung. Amazing, isn’t it?

Ditanya biaya kuliah anaknya, ibu Sry menuturkan bahwa anak pertamanya dibiayai oleh dirinya dan suami. Sedangkan anak keduanya, beruntung mendapatkan beasiswa sehingga tidak terlalu membebani ibu Sry dan suami.

Entah ada berapa banyak lagi sisi-sisi mengejutkan dari kampus ini. Pastinya, hingga saat ini, tampaknya saya betah dan senang berada dan belajar di kampus ini. Semoga tetap begitu hingga saya lulus kelak. Amin.

16 thoughts on “Tempat Berlabuh Kini: STIKOM Bandung

  1. siti nurjanah berkata:

    Salam , ka mau tanya biaya masuk sama daftarnya gimana ya ? Saya liat di webnya ga ada content.a , mohon di jawab ka , makasih~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s