Pentingnya Menjaga Hati


Hati merupakan tempat pandangan Allah. Hati diibaratkan sebagai pakaian yang kita gunakan. Kita akan selalu membersihkan pakaian yang kita gunakan lantaran akan dilihat oleh orang lain. Bagaimana pun juga, orang akan menilai kita dari pakaian yang kita gunakan.

Begitu pun dengan hati. Allah akan melihat siapa kita melalui hati. Untuk itu, senantiasalah menjaga hati agar selalu bersih seperti kita menjaga pakaian kita agar selalu indah dipandang orang lain.

Demikian disampaikan oleh Syekh Khaleel Lafi Al-Harbi, ulama besar Madinah, disela-sela kunjungannya ke Masjid Salman ITB pada hari Rabu, 1 Juli 2009 lalu. Didampingi oleh Syekh Ibrahim Mohammad yang berasal dari Makkah, Syekh Khaleel berkesempatan memberikan tausiah kepada jamaah Salman tentang pentingnya menjaga hati.

Lebih lanjut, Syekh Khaleel mengatakan bahwa hati orang yang bersih, tercermin dari bersihnya jasad. Bagaimana pun juga, di dalam tubuh setiap manusia, terdapat segumpalan daging yang bernama hati. Bersih atau kotornya hati, menentukan sifat manusia yang memilikinya.

Untuk meyakinkan perihal hati yang bersih, Syekh Khaleel mengajak jamaah Salman untuk mempertanyakan mengenai hati dan hidup di dunia. Beliau mempertanyakan tentang definisi kehidupan yang berkaitan dengan hati. “Bila hati kita hidup tetapi jasad kita diam, apakah itu kehidupan atau kematian? Bila hati kita mati tetapi jasad kita bergerak, apakah itu kehidupan atau kematian?” tegas Syekh Khaleel .

Bagaimana pun juga, lanjut Syekh Khaleel , kehidupan kita ditentukan oleh kualitas hati kita masing-masing. Beliau mengilustrasikan dengan menceritakan perihal temannya yang dirawat di rumah sakit di Madinah. Sang teman selalu mengeluh setiap waktu.

Namun, di tengah keluhan temannya, seseorang di kamar lainnya, tengah bersyukur dengan mengucapkan kalimat dzikir. Ketika ditengok, ternyata orang tersebut tidak memiliki kaki dan tangan. “Apakah ini kehidupan atau kematian?” tanya Syekh Khaleel kepada jamaah.

Cara Menjaga Hati

Sebelum mengakhiri tausiahnya, Syekh Khaleel berpesan kepada jamaah Salman untuk senantiasa menjaga kebersihan hati. Pesan yang pertama, adalah bersihkan hati dari syirik. Hal ini bisa dilakukan dengan menguatkan ketauhidan. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menundukan hawa nafsu.

Pesan yang kedua adalah membersihkan hati dari kesombongan. Hal ini bisa dilakukan dengan mencoba bersikap rendah hati dan tidak melihat dirinya lebih baik dari orang lain. Dalam hal ini, Syekh Khaleel mengajak jamaah untuk memohon kepada Allah agar menumbangkan pohon kesombongan yang tumbuh dalam hati.

Pesan yang ketiga, Syekh Khaleel juga mengajak peserta untuk membersihkan hati dari iri dan dengki. Meskipun begitu, iri dan dengki diperbolehkan asal digunakan dalam kebaikan.

Selain ketiga pesan tersebut, Syekh Khaleel juga menegaskan jamaah untuk senantiasa memeriksa hatinya masing-masing. Selain itu, dirinya juga menekankan kepada jamaah untuk senantiasa berdoa dengan penuh pengharapan kepada Allah agar hati kita dibersihkan oleh-Nya. Bersungguh-sungguh untuk membersihkan hati dan bersahabat dengan orang-orang yang baik, juga menjadi dua hal yang harus dilakukan manusia agar hatinya bisa tetap bersih.

yudh on CyberMosque.com

17 thoughts on “Pentingnya Menjaga Hati

  1. Ambyah Utomo berkata:

    Hati adalah bagian dari diri kita, jeek hati kita itu adalah mengibaratkan kebobrokan sifat , dan tingkal laku kita sehingga dengan membersihkan penyakit hati berarti tlah memberishkan segala tingkah, dan pongkah kita

    • mariyam berkata:

      hati… jujurlah jika engkau tak sanggup menjadi cemara yang kokoh dipuncak bukit. jadilah saja belukar yang teguh di tepi jurang. belukar itu senantiasa istiqomah dalam perjuangannya untuk hidup, ia belajar dari kesehariannya untuk mendewasakan batangnnya. batangnya yang senantiasa menyanggahnya untuk tidak jatuh ke dalam jurang..

  2. hanik berkata:

    Hati, memang kita harus pintar-pintar menjaganya.jangan biarkan hati ini kosong tanpa ada Cinta-Nya. karena Yang Maha Kuasalah sebaik-baik penjaga bagi hamba-Nya

  3. Yusuf berkata:

    Sumber dari kehidupan manusia di dunia ini adalah jantung. Kita dapat merasakan apa yang telah terjadi di sekeliling kita karena hati. Ketika hati telah rusak oleh rasa iri, dengki, dan bara api kesombongan, maka hati tak akan dapat merasakan betapa pentingnya hubungan sulaturahmi antar sesama muslim dan sesama manusia. Dan ketika di kala krisis hati itu melanda diri kita, ALLAH memanggil kita kembali ke hadapannya, Naudjubillahimindzalik,,,,

    Ya ALLAH jauhkanlah itu semua dari diriku,,,,

  4. puja kesuma berkata:

    ya Allah ampuni dosa puja. bimbing puja ya Allah kejalan yg benar. puja mohon ya Allah berikanlah jalannya,agar puja bisa menjalankan semua perintah2mu dan menjauhi semua larangan2mu ini. puja ingin sekali ya Allah ya tuhan dapat ridho dan rahmatmu dalam menjalani hidup di dunia ini dan di akhirat kelak. puja mohon ya Allah dengan sangat kepadamu. amin.

  5. engkaudanaku berkata:

    Subhanallah, indahnya…
    Hati adalah satu kata yang sangat menentukan baik atau belum baiknya seorang insan, semoga Allah subhanahu wa Ta’ala senantiasa mudahkan jalan kita dalam menjaga hati, aamin ya Rabbal’alamiin …🙂
    Terima kasih telah berbagi,

    Salam,

  6. yesi mulyani berkata:

    Allahu Akbar…betapabesarnya kemuliaan Allah yang telah memberikan kita hati ini…
    baik yang kita lakukan ataupun yang tidak kita lakukan semuanya dengan hati…
    terima kasih atas infonya…apabila ada info tolong dibagikan lagi ya…
    wass…wr..wb…

  7. Omariah berkata:

    Yaa Rabb Yang Maha Memiliki cinta yang suci, sungguh hati ini begitu kotor.,
    Yaa Rabb terangilah dgn Cahaya Mu.,
    Yaa Rabb bimbinglah dgn petunjuk Mu.,
    Yaa Rabb bersihkanlah dgn keridhoan Mu.,
    Agar Q merasakan indahnya Cinta Mu.. Yaa Rabbi…

  8. muhamad amsori berkata:

    Alhamdulillah, sekarang yang sedang saya alami benar benar menguras pikiran saya, alhamdulillah tausiahnya dengan ijin Allah bisa saya pahami, semoga kedepannya saya bisa lebih tahulagi cara menjaga hati,pikiran dan seluruh jiwa ini, saya sangat merindukan kedamaian yang hak dan abadi dari Nya amiiiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s