Lebih Mudah Diterapkan Peserta, Fun with Jurnalistik Dilengkapi Materi “Nge-Blog”


Blog merupakan perangkat yang dapat diakses kapan saja, oleh siapa saja, dan tidak perlu kemampuan lebih untuk dapat mengelolanya. Bahkan untuk sekelas pelajar SMA yang mencoba mengaplikasikan jurnalistik praktis. Memiliki blog boleh jadi sarana yang sangat efektif untuk mengembangkan potensinya di bidang berbagai informasi tersebut.

Hal inilah yang mendasari diberikannya materi blog dalam pelatihan Fun with Jurnalistik Karisma ITB di ComLabs ITB pada hari Minggu, 14 Juni 2009 lalu. Dihadiri oleh sekitar 20 pelajar dari berbagai SMA di Bandung Raya, peserta mendapatkan bukan hanya teknis mengelola blog, tetapi juga tips-tips praktis dan etika-etika dalam mengelola blog.

Ismail Radiansyah, Ketua Divisi Kreatif Karisma ITB, dalam wawancaranya melalui telepon seluler, mengatakan bahwa web merupakan media yang berpengaruh dan mudah diakses. Dirinya mempertimbangkan 4 hal dalam menggunakan blog, yaitu: bisa diakses setiap orang, biayanya relatif murah, update relatif lebih mudah dan cepat, dan memiliki dokumentasi yang jelas. “Dan jurnalistik (sekarang ini) kerjanya di blog,” tandasnya.

Mail, begitu dia akrab di sapa, juga mengungkapkan bahwa dari pelatihan tersebut, peserta sangat antusias dan kini mereka telah memiliki blog untuk menulis. Tak hanya itu saja. Para peserta pun kini giat mengumpulkan tulisannya untuk dimuat di halaman blog Kharisma yang beralamat di jurnalistik.kharisma-itb.org.

Respon dari pembaca pun cukup baik. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar yang ditinggalkan pembaca. “Responnya cukup baik. Komentar mulai banyak,” ungkap pria berbadan gemuk ini.

Ke depannya, dari pelatihan jurnalistik yang telah berjalan selama 2 bulan ini, pihak Karisma ITB akan mengadakan Starity Vaganza. Acara yang akan digelar tanggal 19 Juli 2009 mendatang ini, akan menghadirkan blogger-blogger pelajar SMA se-Bandung Raya. “Kami akan buat komunitas blogger SMA se-Bandung Raya,” akunya tak main-main.

yudh on CyberMosque.com

2 thoughts on “Lebih Mudah Diterapkan Peserta, Fun with Jurnalistik Dilengkapi Materi “Nge-Blog”

  1. isil berkata:

    salam kenal kang yudha…
    iseng nyari kata kunci jurnalistik karisma..
    dan blog kang yudha salah satu yang muncul

    berkunnjung juga ya ke blog sil…hehe

    • Yudha P Sunandar berkata:

      salam kenal juga Isil. aku udah pernah juga berkunjung k blogmu. menarik.🙂
      terima kasih udah berkunjung k blog ini. keep bloging…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s