Salman Films Gelar Workshop Film Pendek untuk SMA


Setelah sukses dengan workshop film pendek pada 25 – 26 April lalu, Salman Film kembali mengadakan workshop film pendek pada 16 – 17 Mei 2009. Berbeda dengan pelatihan sebelumnya yang diperuntukan untuk mahasiswa dan umum, pada pelatihan kali ini siswa SMA lah yang menjadi peserta pelatihan.

Diselenggarakan di ruang E Gedung Selasar Selatan (GSS) Salman ITB, pelatihan ini diikuti oleh 8 peserta yang berasal dari SMA Alfa Centauri dan SMA Negeri 1 Margahayu. Sedianya pelatihan ini akan diselenggarakan selama 2 hari dengan pemateri dari Salman Film dan Forum Filmmaker Pelajar Bandung (F2PB).

“Hari pertama diisi dengan teori-teori pembuatan film,” tutur Hendra Veejay, salah satu pemateri workshop. Veejay memaparkan, materi yang diberikan meliputi pembuatan film, eksplorasi ide, penulisan skenario, dan penggunaan kamera.

Pada hari kedua, peserta akan mencoba membuat film sendiri. Mereka akan dibimbing oleh pemateri untuk melakukan setiap proses pembuatan film. Dimulai dari casting, pembuatan skenario, shooting hingga menyunting film.

Ketika ditanya adakah perbedaan dengan materi workshop sebelumnya, Veejay menuturkan tidak ada perbedaan yang signifikan. “Selain pemateri, semua materi sama dengan workshop sebelumnya,” tandasnya.

Peserta Sedikit

Pada workshop film pendek untuk SMA kali ini, jumlah peserta pelatihan sangat jauh dari yang diprediksikan. Promosi yang kurang dan target pasar yang baru, diduga sebagai penyebab kurangnya jumlah peserta. “Kami hanya punya waktu seminggu. Dan waktu tersebut sangat jauh dari yang dibutuhkan,” tutur Farid Muttaqien, divisi promosi dan pendaftaran.

Meskipun begitu, dirinya mengaku hal ini merupakan pelajaran berharga bagi timnya untuk membuat workshop film pendek ke depannya. “Dari hal ini, kami punya pelajaran berharga untuk bisa membuat workshop film untuk SMA yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

yudh on CyberMosque.com

2 thoughts on “Salman Films Gelar Workshop Film Pendek untuk SMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s