Mengelola Banyak “E-mail” dengan Satu Akun Gmail


Layanan Email (electronic mail), atau yang dikenal juga dengan sebutan surat elektronik (surel), merupakan salah satu sarana komunikasi yang digemari banyak orang di internet. Selain murah, email juga merupakan sarana komunikasi yang cepat dan mampu mengirimkan data besar ke banyak orang.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, semakin banyak orang dan perusahaan memanfaatkan email sebagai sarana berkomunikasi. Keadaan ini lambat laun tidak hanya meningkatkan lalu lintas email di internet, tetapi juga meningkatkan jumlah akun (account) email. Bahkan tak jarang ada orang yang terpaksa menggunakan banyak email lantaran kebutuhan pribadi dan pekerjaan.

Di satu sisi, mempunyai banyak email cukup mengasyikan. Tapi di sisi lain, tidak sedikit orang yang mengaku bahwa punya banyak email adalah sebuah masalah. Pasalnya, dengan mempunyai banyak email, akan semakin banyak waktu yang terbuang setiap harinya hanya untuk mengecek email dari layanan yang satu ke layanan yang lain.

Gmail Punya Solusi

Tapi untungnya Gmail punya solusinya. Layanan email milik Google ini, tidak hanya mampu menampung email yang masuk dari alamat lainnya, tetapi juga mampu mengirimkan email dengan alamat pengirim (from) berasal dari layanan email lainnya. Fasilitas ini membuat pengguna yang memiliki banyak email, tidak perlu repot-repot mengecek banyak layanan email. Tetapi cukup dengan mengakses satu akun (account) Gmail miliknya.

Selain itu, kapasitas penyimpanannya pun cukup besar, yaitu mencapai lebih dari 7 GigaByte. Kapasitas ini selalu bertambah seiring berjalannya waktu yang membuat pengguna Gmail tidak perlu khawatir penyimpanan emailnya di internet akan penuh. Kelebihan lainnya, layanan email yang bisa diakses di gmail.com ini, bisa didapatkan dengan gratis (free) tanpa biaya.

Mengelola Email

Secara sederhana, mengelola banyak email dengan Gmail terdiri dari 3 tahap, yaitu:

  1. Email yang masuk ke masing-masing layanan email, diarahkan ke sebuah akun Gmail.
  2. Email kemudian digolongkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya penggolongan didasarkan pada layanan email yang dituju.
  3. Email disikapi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam hal ini, apabila pengguna ingin membalas email, Gmail menyediakan layanan pengiriman dengan alamat dari layanan email lainnya yang diarahkan ke Gmail. Tentunya setelah dikonfigurasi terlebih dahulu oleh pengguna.

Mengarahkan Email

Tahap pertama untuk mengelola banyak email menggunakan satu akun Gmail, adalah mengarahkan email –menggunakan fitur Meneruskan (Forwarding)– dari masing-masing layanan email yang digunakan ke akun Gmail yang kita punya. Pada tahapan ini, yang akan digunakan sebagai contoh adalah akun email di Yahoo dengan alamat yudha.spiza@yahoo.co.uk. Perlu dicatat, tidak semua akun Yahoo dilengkapi fitur Meneruskan (Forwarding) email. Di Yahoo sendiri, hanya akun Yahoo.co.uk dan akun Yahoo.co.id yang dilengkapi fitur ini.

  1. Pertama-tama, lakukan proses login ke akun Yahoo hingga masuk ke halaman utama akun email yang dipunya.
  2. Masuk ke menu Option yang berada di sebelah kanan atas layar kemudian pilih menu Mail. Dalam menu Mail Option, pilih menuPOP Access and Forwarding dan tunggu hingga muncul halaman menu tersebut.
  3. Di halaman POP Access and Forwarding, masukan dengan lengkap di kotak Email Address alamat email di Gmail yang akan digunakan untuk mengelola email. Contohnya adalah yudha.spiza@gmail.com yang merupakan alamat email yang akan digunakan untuk mengelola email.
  4. Setelah selesai, klik Save dan kemudian keluar dari halaman Yahoo.

Setting Akun Yahoo

Memasukkan Alamat Email di Gmail

Selesai meneruskan email ke Gmail, langkah selanjutnya adalah memasukan alamat email tersebut di Gmail. Setelah tahapan ini selesai, Gmail telah mampu menerima email dari alamat lainnya sekaligus juga mampu digunakan untuk mengirim email dengan alamat email selain Gmail.

  1. Lakukan proses login ke akun Gmail dan tunggu hingga keluar halaman utama Gmail.
  2. Masuk ke menu Settings yang ada di sebelah kanan atas layar kemudian pilih menu Accounts
  3. Bagian Send mail as: pada menu Accounts, berfungsi untuk memasukan alamat email dari layanan email lainnya. Untuk mulai memasukan alamat email, klik Add another email addresskemudian tunggu hingga muncul halaman browser kecil.

Tampilan Akun Gmail

  1. Masukan nama lengkap beserta alamat email yang telah diteruskan (forward) sebelumnya di halaman Add another email address pada browser kecil yang muncul. Dalam contoh ini, yudha.spiza@yahoo.co.uk merupakan alamat email yang akan dimasukan. Klik Next Step untuk meneruskan.
  2. Setelah muncul halaman Verify your email address, klik Send Verification kemudian tunggu hingga muncul halaman Confirm verification and add your email address. Pada tahapan ini, cek Inbox yang ada di Gmail untuk melihat nomor verifikasi yang telah dikirimkan ke email Yahoo. Namun, karena email Yahoo telah diteruskan (forward) ke Gmail, cukup periksa Inbox di Gmail guna melihat nomor verifikasi.
  3. Salin nomor verifikasi dari email verifikasi ke halaman Add another email address. Kemudian klik Verify untuk menyelesaikan. Kini, Gmail siap digunakan untuk mengirim email dengan alamat email dari layanan email lainnya.

Add Another Email Address 1Add Another Email Address 2

  1. Untuk mengecek apakah proses tersebut berhasil, lihat kembali halaman SettingsAccount atau coba untuk menuliskan email dengan alamat yang telah dimasukan.
  2. Guna memudahkan proses pengelolaan email, gunakan fitur Filter yang telah disediakan oleh Gmail dengan kriteria Kepada (To) diisi alamat email yang telah dimasukan ke Gmail.

yudh on Suplemen Cakrawala, Pikiran Rakyat – Kamis, 5 Maret 2009

6 thoughts on “Mengelola Banyak “E-mail” dengan Satu Akun Gmail

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s