KitaKlik dan The Blue Ocean Strategy


berawal dari tawaran untuk membantu sebuah perusahaan di soreang dalam mengaplikasikan internet kepada karyawanny beberapa minggu lalu, kami kemudian langsung mengeksekusi permintaan tersebut tanpa pikir panjang. waktu itu, tak terpikirkan berapa yang akan kami dapat atau kerjasama apa yang bisa kami jajaki. pikiran kami waktu itu cuman satu, bagaimana carany sampe soreang secepat mungkin dan mampu memberikan apa yang mereka butuhkan. hanya itu.

ketika sampai, kami langsung mulai pelatihan kecil yang melibatkan sebagian besar karyawan. pelatihan kilat yang kami berikan meliputi internet, blog, dan facebook. suasana yang akrab dan penuh kekeluargaan, adalah hal yang saya kagumi waktu itu di perusahaan tersebut.

seminggu kemudian, kami kembali dapat tawaran menyelenggarakan pelatihan internet untuk masyarakat di sebuah kecamatan di soreang. ngak tanggung2, sminggu waktu yang diberikan untuk kami melatih lebih kurang 240 orang. kemampuan pesertanya pun beragam. dari mulai yang baru memegang komputer, hingga beberapa orang remaja yang maunya cuman diajarin blog. seminggu yang mengasyikan memang. kami tidak hanya mengasah pengalaman kami soal menyampaikan materi dengan sabar dan lebih rinci serta sesuai dengan kebutuhan peserta kegiatan, tetapi kami juga mendapatkan kesempatan untuk mengenal semua orang yang ada di kecamatan tersebut, yang tidak hanya ramah, tetapi memiliki kemauan untuk mengenal dan mencoba teknologi yang bernama internet.

ajakan untuk mengadakan pelatihan bertemakan internet di kecamatan tersebut untuk beberapa waktu ke depan, pun langsung mewarnai 3 hari terakhir hari2 kami d sana. tentunya, kami menerima ajakan tersebut dengan senang hati. tak hanya itu saja. dari pelatihan ini, kami pun mendapatkan inspirasi untuk membuat beberapa portal di internet yang ditujukan untuk membantu pengguna awam membangun kepercayaan mereka akan internet.

Sumber Gambar: e-aquarium.com.au

ada beberapa hal yang nampakny tak kami sadari ketika kami tiba di soreang. salah satunya adalah konsep blue ocean strategy. pertama kali tau konsep ini dari mas donny bu ketika beliau menjadi pembicara di acara blog vaganza di itb beberapa waktu lalu. beliau waktu itu menceritakan tentang akuarium dan beberapa ekor ikan. semakin lama, ikan di situ semakin banyak sehingga penuh dan akuarium tersebut tak layak lagi dijadikan tempat hidup. akuarium tersebut dijuluki read ocean dmana persaingan sudah semakin ketat yg membuat ikan2 lemah harus tersingkir dan mati.

di tengah2 persaingan tersebut, ada ikan2 yang berinisiatif untuk loncat ke akuarium lain yang belum berpenghuni. di situ dia bisa hidup dengan nyaman dan tanpa persaingan. akuarium tersebut dijuluki dengan istilah blue ocean. dari cerita tersebut, konsep blue ocean strategi kurang lebih merujuk pada mencoba mengeksplorasi daerah baru yang belum memiliki kompetitor dan tanpa ada batasan serta aturan yang ditetapkan.

berhubungan dengan kitaklik yang secara tak sengaja berlabuh di soreang, nampakny perusahaan ini secara tak sadar sedang menerapkan blue ocean strategy. di kota bandung, nampaknya persaingan sudah sedemikian ketatnya sehingga tidak ada cukup ruang bagi kami untuk mengembangkan sayap dengan leluasa. tetapi di soreang, kami mempunyai lebih banyak kesempatan untuk melakukannya.

rolly sendiri mencontohkan perusahaan seluler merah pada masa awal2 industri telekomunikasi tumbuh di indonesia. saat itu, perusahaan seluler tersebut tidak diperbolehkan memasuki daerah perkotaan lantaran daerah kota sudah dikuasai oleh perusahaan seluler kuning. akhirnya, yang mereka lakukan memperbanyak jaringan di luar kota. hasilnya, setelah beberapa tahun berlalu mereka cukup mampu membuktikan bahwa jangkauan sinyal mereka lebih luas dibandingkan operator lainnya.

meskipun tantangan ke depannya akan agak sedikit berat, tetapi kami cukup bangga diberi kesempatan untuk berkembang di sini. kami bisa belajar bagaimana mengerti orang untuk mereka mengerti teknologi. kami juga bisa belajar bagaimana mengajarkan apa yang kami punya bisa sejalan dengan apa yang mereka punya. dan kami juga bisa belajar bagaimana kepercayaan adalah yang utama di mata mereka.

7 thoughts on “KitaKlik dan The Blue Ocean Strategy

  1. pashatama berkata:

    Yudha, Rolly, sukses ya buat kitaklik nya. I know you’re doing great🙂
    wah, daerah soreang sudah terjamah fesbuk rupanya🙂

    kapan ngumpul lagi? kangennnnnnnnnnnnnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s