Menyingkap Kemandirian Bangsa dengan Konten Lokal


konten lokal merupakan salah satu aspek dari mandirinya suatu bangsa di era informasi seperti sekarang ini. dengan konten lokal, berarti sebuah bangsa telah mampu menyediakan informasi bagi dirinya sendiri. meskipun begitu, tak melulu konten lokal mensyaratkan database di dalam negeri. yang pasti, penyediaan konten dengan bahasa lokal dan ditujukan untuk dalam negeri, merupakan syarat mutlak bagi terciptanya konten lokal.

begitulah sekilas mengenai obrolan ringan bertajuk “konten lokal, pentingkah?” yang diselenggarakan di garasi lombok 33, detik bandung, pada sabtu tanggal 13 desember 2008 yang lalu. menghadirkan kuncoro wastuwibowo yang tak lain merupakan blogger tanah air, rendy maulana akbar dari qwords.com, dan donny bu dari detikcom, yang dimoderatori oleh rolly maulana awangga dari kitaklik, diskusi ini terlalu menarik untuk ditinggalkan.

kegiatan yang dimulai pukul 13 siang, diawali dengan presentasi dari kuncoro mengenai conceptual age dan ciri2 yang membedakan antara conceptual age dan information age. hasil survei mengenai demand user di indonesia atas konten, juga turut serta dalam pemaparan yang membuat para peserta cukup terkesima.

dilanjutkan dengan rendy, juragan web hosting ini memaparkan cara untuk mengembangkan konten lokal di indonesia. menurut pemilik sekaligus direktur qwords.com ini, faktor branding dan konsistensi, adalah hal yang utama untuk memajukan konten lokal di tanah air.

donny bu mengakhiri dengan bercerita mengenai peluang yang besar untuk indonesia mengembangkan konten lokal. vice president detikcom ini membandingkan anak jalanan indonesia yang diberi komputer bekas, tak kalah kreatifnya dengan anak2 sekolah dasar di singapura yang dibekali perangkat canggih dan mapan.

setelah 2 jam berlalu, acara yang dikelola oleh kitaklik dan detik bandung serta disponsori oleh telkom flexi, telkom speedy, dan qwords.com ini, diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pembagian doorprize dari telkom speedy dan telkom flexi. tak hanya itu saja. selepas acara ini ada juga lomba blog mengenai konten lokal yang memperebutkan hadiah berupa telepon cdma persembahan dari telkom flexi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s