Pelajaran Berharga dari Bandung Comtech 2008


akhirnya, pameran bandung comtech 2008 berakhir sudah. dalam kegiatan pameran yang diselenggarakan di bemall ini, aku berkesempatan menjadi panitia penyelenggara. ada banyak manfaat yang aku rasakan selama jadi panitia. selain kesempatan untuk membuat jaringan kerja, manfaat besar lainnya aku berkesempatan belajar untuk mengerti dan berkomunikasi dengan orang lebih baik lagi yang sayangnya sulit ditemukan pada kehidupan sehari2.

bandung comtech sendiri merupakan kegiatan tahunan dari biskom, sebuah majalah sekaligus event organizer berskala nasional. berkonsep pameran komputer dan pendidikan berbasis teknologi informasi, bandung comtech selalu diselenggarakan di bemall dan waktunya bersamaan dengan indocomtech di jakarta.

berikut ini merupakan uraian pengalamanku saat berkesempatan menjadi panitia bandung comtech 2008.

  • 9 november 2008: adem2 aja

    tak banyak yang dilakukan pada h-3 kegiatan. tim panitia dari bandung bertemu dengan mas eko, koordinator lapangan dari jakarta. yang kami lakukan hanyalah nongkrong di foodcourt bemall dan menikmati makanan kecil sembari membincangkan beberapa deskripsi mengenai kegiatan bandung comtech 2008.

  • 10 november 2008: pemanasan

    keesokan harinya, kami bertemu dengan mas andi, koordinator kegiatan, yang baru tiba dari jakarta siang itu juga. kami langsung bagi2 kerjaan pra event. aku sendiri kebagian membantu memantapkan rundown acara. sementara itu, area pameran sudah rampung 70 persen. tak banyak memang yang bisa dilakukan. padahal sudah h-2 menjelang hari pertama pameran. dengan kata lain, persiapan panitia dari jakarta sudah sedemikian baik dan rapihnya. sehingga, saat di bandung, hanya perlu sedikit dilengkapi.

  • 11 november 2008: masih terlihat santai

    menurut mas eko, yang perlu diwaspadai adalah h-1 menjelang hari pertama pameran. pasalnya, saat itu, peserta pameran akan mulai memasukan barang ke arena pameran. tugas panitia, selain mengecek sarana dan prasaran pameran telah lengkap, adalah mengawasi proses loading barang peserta. meskipun terdengar menyeramkan, tapi kenyataannya kerjaannya masih santai dan tidak memerlukan tenaga yang ekstra. kerjaanku sendiri pada h-1 masih tetap memantapkan rundown acara sembari mengkonfirmasikannya ke pengisi acara. selain itu, kelengkapan sarana dan prasarana pameran pun jadi tanggung jawab tim dari bandung.

  • 12 november 2008: saatnya beraksi

    jam 9 kami mulai stand by di area pameran. persiapan akhir, berupa pengecekan stand peserta, terus kami lakukan dan kami pantau. hingga akhirnya pukul 10 tepat dan pameran resmi dibuka. tak ada kegiatan seremonial saat pembukaan pameran. aku sendiri ditugasi untuk memastikan dan memantau jalannya seluruh acara yang diselenggarakan di area pameran, termasuk stage area dan training area. selebihnya, kami gunakan hanya untuk sekedar bersantai sambil ngobrol2.

  • 13 november 2008: mulai riweuh

    tak berbeda dari hari sebelumnya, aku bertugas untuk memastikan dan memantau jalannya seluruh acara yang diselenggarakan di area pameran. mulai hari ini, aku cukup sibuk lantaran kegiatan mulai bertumpuk. acara demi acara mulai banyak diselenggarakan di stage area. hasilnya, kaki mulai pegel2 dan gempor.

  • 14 november 2008: membuat kesalahan

    kepadatan acara hari ke-3 pameran memang tak kalah dibandingkan hari sebelumnya. namun, lantaran kesalahan timing dan koordinasi dengan salah satu pengisi acara, akhirnya aku malah membuatnya kecewa. kejadian ini tak pelak membuatku agak sedikit tertekan dan merasa bersalah amat sangat. meskipun begitu, setelah melobi sedikit dan menawarkan mengisi acara lagi untuk sesi hari minggu, akhirnya kekecewaannya sedikit bisa teratasi, meskipun tidak seluruhnya teratasi.

  • 15 november 2008: pengunjung membludak

    walaupun hari hujan, pengunjung cukup banyak yang datang. acara yang diselenggarakan di stage area, tiba2 saja berubah menjadi antrian barisan manusia yang ingin melihat acara workshop yang dilangsungkan dari pukul 11 hingga 19 malam. apalagi ketika modern dance dan workshop fotografi dari kang budi ipung berlangsung, komunitas fotografi yang sengaja diundang, langsung berbondong2 mengelilingi stage area seperti segerombolan semut mendekati seonggok gula. meskipun capek, tapi ada kepuasan tersendiri lantaran rangkaian acara yang diselenggarakan di stage area, berlangung meriah.

  • 16 november 2008: hari terakhir

    hari ini adalah hari terakhir pameran bandung comtech 2008 berlangsung. aktivitas menodong beberapa teman untuk mengisi acara di stage area, bukanlah hal yang bisa dihindari lantaran stage area memang belum ada pengisi. dan akhirnya, beberapa kawan bersedia untuk menjadi pengisi acara.

setelah keluarnya pemenang undian hadiah sepeda motor, usai sudah rangkaian kegiatan bandung comtech 2008. perasan senang dan sedih bercampur aduk ngak jelas. senang lantaran berkesempatan menjadi tim dari bandung comtech 2008 dan telah berusaha memberikan yang terbaik. sedih lantaran harus meninggalkan suasana kerja yang menyenangkan dan penuh tantangan.

meskipun begitu, sebuah pelajaran berharga banyak aku dapatkan selama bandung comtech 2008 berlangsung. dimulai dari pelajaran teknis bagaimana menyelenggarakan sebuah kegiatan, hingga pelajaran yang lebih humanis mengenai manusia dan makna hidup. semoga, di event selanjutnya masih diberi kesempatan untuk membantu lagi.

5 thoughts on “Pelajaran Berharga dari Bandung Comtech 2008

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    kok ngak ketemu yah? hihihi
    iya, memang rada2 sepi. susah banget minta bantuan orang buat jadi pembicara. malah saling tunjuk. hehehe
    mudah2an di acara selanjutny bisa lebih baik lagi.
    trims yah om yudh udah berkunjung🙂

  2. Yudha Ginanjar berkata:

    Baru bisa jalan2 waktu minggu siang, padahal udah di ajakin ke sana dari hari jumat sama Bos Ayam😀

    Minggu siang di daerah stage sepi tuh Yud, ada yg presentasi tapi sepertinya adem ayem doang yah
    jadi ajah keliling2 trus mentok di stand yg ada barcode reader dan stannya A-Note, ngegosip notebook lokal🙂

  3. Yudha P Sunandar berkata:

    @ anis
    trims, mba…

    @ pashatama
    itu keputusan dari event organizer pusat, teh. kita ngak bisa merubah keputusan itu. tapi kalo tempat teteh mau buat kegiatan, kita bisa fasilitasi. silahkan langsung hubungi senny aja, PR kitaklik.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s