Selamat Ulang Tahun, All…!!!


sampai saat ini pun, aku masih bertanya2, apa perluny ulang tahun? untuk apa kita merayakan yang namany ulang tahun? alih2 menambah umur, justru yang terjadi malah kita semakin dekat dengan kematian. dengan semakin bertambahnya usia, semakin berkurang pula umur yang kita punya. pada akhirnya, begitu pentingkah kita merayakan ulang tahun?

empat tahun yang lalu, aku punya sebuah sms untuk orang2 yang ulang tahun. sms yang selalu aku kirimkan ke setiap temanku yang ulang tahun. aku lupa seperti apa rangkaian kata2nya. yang pasti, smsnya kurang lebih mengatakan bahwa ulang tahun adalah peringatan atas apa yang telah kita lakukan selama ini. sebuah cerminan tentang apa yang telah kita lakukan selama ini, baik untuk diri kita, orang tua, saudara, teman, dan orang2 yang ada di sekitar kita. sebuah teguran akan seberapa besar pemanfaatan hidup kita di dunia.

masih tertapak jelas dalam buku harianku saat dimana aku menginjakan kaki di usia 20 saat itu. dengan lantang dan ekstrimnya aku menulis, “entah bagaimana aku menyikapi hari ini. gembira? sedih? biasa? atau hari ini memang tak pernah ada? sesuai pendapatku, bahwa hari ini tidak lebih baik dari kematian, hari ini tidak lebih baik dari harumnya tanah pemakaman, dan hari ini juga tidak lebih baik dari gelapnya malam yang dingin.

yah, tak ada sebuah makna khusus untuk ulang tahun bagiku selama ini. nampak seperti hari2 biasa. tak ubahnya seperti 7 hari yang kita selalu lalui dalam seminggu. bahkan, aku pernah bertekad untuk melupakan hari dmana aku ulang tahun. dan tekad itu hampir berhasil tahun lalu. namun gagal gara2 sebuah sms di siang hari bolong yang mengatakan bahwa aku ulang tahun.

kebimbanganku akan makna selalu ada ketika seluruh dunia melihat kalender tepat tanggal dan bulan ini. meskipun begitu, hidup terus berjalan. tak ada yang lebih indah dan lebih mungkin daripada menggunakannya untuk berbuat dan berbagi. membuka diri terhadap kalam ilahi dan menjalankan eksistensi kita sebagai khalifah di muka bumi ini adalah hal utama yang dapat kita lakukan kini. pada saatnya nanti, dunia dengan sendirinya akan menyingkap segala misteri tentang hidup. yang meskipun nampak datar, tetapi penuh dengan lubang kehidupan.

lantaran tak ada yang lebih indah daripada berbagi, untuk itu, aku pengen banget berbagi ucapan selamat ulang tahun untuk teman, rekan, saudara, dan sahabat yang kebetulan berulang tahun pada hari ini.

  1. mas andi mulja tanudiredja
    seorang teman yang hari ini menginjak usia 40 tahun. aku pertama kali bertemu mas andi tepat setahun yang lalu saat event bandung comtech 2007. waktu itu, beliau menjadi panitia bandung comtech dan aku sebagai peserta pameran. entah kenapa, hal yang terpikir pertama kali olehku ketika melihat beliau, bahwa aku ingin kenal dengan beliau. dan entah kenapa, ada perasaan yang begitu dekat dengan beliau. padahal waktu itu sama sekali ngak kenal beliau. ternyata, setelah kenal, beliau berulang tahun di hari yang sama denganku.
    selamat ulang tahun, mas andi. jadi kan kita merayakan hari ini di sela2 kesibukan kita? sukses selalu, mas.
  2. ayuningtyas utami
    sebenerny ini adalah pacar pertamaku dulu. masih teringat jelas ketika aku mengenalnya 9 tahun silam, ketika kami masih kelas 2 smp. waktu itu kami berkenalan hari sabtu, dan jadian keesokan harinya. perkenalan yang singkat dan jalinan asmara yang singkat pula, bukan? tak terlalu banyak kenangan indah saat bersama dia. namun, mengetahui dia berulang tahun di hari yang sama denganku, merupakan euforia tersendiri bagiku. kabar terakhir yang kudengar, saat ini dia sedang menuntut ilmu di fakultas kedokteran universitas diponegoro, semarang.
    selamat ulang tahun, yu. rasanya sangat sulit melacakmu di dunia maya. semoga kau baca pesan ini.
  3. ajeng sekar tanjung
    cukup singkat perkenalan aku dengan dia. waktu itu, sekitar pertengahan tahun 2006, aku bersama teman2 menyelenggarakan sebuah event berupa seminar mengenai hacking. ketika event itu diselenggarakan, kami kesulitan mencari seorang pembawa acara. kebetulan, ajeng yang merupakan teman dari temanku, cukup sering juga menjadi pembawa acara. akhirnya, dia lah yang kami pilih sebagai pembawa acara seminar tersebut. belakangan, aku tau dia berulang tahun di hari yang sama denganku, ketika iseng2 waktu ngeliat buku wisuda. dan ternyata, tanggal lahirnya sama kayak aku.
    selamat ulang tahun yah, jeng. kegiatannya apa nih skarang? nampaknya udah mulai jadi orang sibuk nih.
  4. ‘ipung’ purnamawati
    kalo yang ini adalah saudara sepupuku. lahir tanggal 11 november tahun 1995. masih teringat jelas ketika itu aku masih berumur 10 tahun. waktu itu, sekitar jam 9 malam, aku, adeku, ibuku, dan bapakku sedang berkumpul di ruang tamu untuk hanya sekedar ngobrol2 harian. tiba2, ada tetanggaku yang mengabarkan bahwa kakak ibuku telah melahirkan seorang bayi perempuan. maklum, ketika itu, telepon masih menjadi barang yang langka di tempatku tinggal dan hanya beberapa orang yang mempunyai telepon di sekitar tempat tinggalku. jadinya maen nitip2 pesan kalo ada kabar mendadak. mendengar kabar itu, aku langsung bahagia lantaran ternyata aku punya adik sepupu yang tanggal lahirnya sama denganku.
    selamat ulang tahun yah, pung. mau dibeliin apaan nih ulang tahun kali ini?
  5. mas fauzi rachmanto dan mas eddy aji poerwanto
    tidak menyangka memang, kedua teman yang aku kenal di komunitas tangan di atas (tda) beberapa hari yang lalu, ternyata berulang tahun di hari yang sama denganku. secara ngak sengaja, liat nama mereka serta ulang tahun mereka di facebook-ny kang agah sewaktu aku sedang mengunjungi republik kuliner. dengan penuh keterkejutan dan ketakjuban sembari tak henti2ny bertanya2 sambil tersenyum2, aku langsung meng-add mereka di facebook milikku.
    kenal pertama kali dengan mas fauzi rachmanto saat menghadiri seminar yang diselenggarakan komunitas bandung high technology valley (bhtv) di sebuah hotel di jalan jendral sudirman, bandung. ketika itu mas fauzi rachmanto menjadi pembicara. memang aku hanya mengenalny secara sekilas ketika seminar tersebut. namun lagi2 ada perasaan yang entah kenapa begitu ingin menyapa dan mengenalny lebih dekat. meskipun begitu, aku lebih memilih untuk mengurungkan niat tersebut.
    setelah beberapa bulan berlalu, ngeliat lagi mas fauzi di kegiatan komunitas tda yang kerap diselenggarakan di republik kuliner. sama seperti di seminar bhtv, aku lebih memilih untuk tidak berkenalan. hingga akhirnya tibalah ketika kegiatan halal bihalal tda yang diselenggarakan di daerah setiabudhi pada 8 november 2008 lalu. lantaran mas fauzi adalah panitia dan aku membantu kang agah sebagai juru potret panitia, mulailah aku menyapa mas fauzi. tapi kami tidak mengobrol banyak dan hanya saling senyum ketika bertemu. saat itu, sempat terbesit pikiran bahwa ultah mas fauzi bersamaan dengan ultahku. tapi aku langsung menyanggahny dengan alasan bahwa itu hanyalah sindrom mendekati hari ultahku. dan nampakny itu bukan sindrom ultahku. itu adalah kenyataan bahwa mas fauzi berulang tahun di hari yang sama denganku.
    berbeda dengan mas fauzi, aku mengenal mas eddy baru kemaren di acara tanggal 8 november. perasaannya, sama ketika melihat mas fauzi pertama kali. rasa ingin menyapa dan mengenalny lebih dekat, begitu terasa. namun, tak banyak yang kami lakukan selain ngobrol sebentar dan bertukar kartu nama. dan ternyata, lagi2 fakta mengatakan bahwa ulang tahunnya sama denganku.
    selamat ulang tahun dan salam kenal untuk mas fauzi dan mas eddy. semoga kita bisa saling bekerja sama ke depannya.

selain itu juga, aku pengen ngucapin selamat ulang tahun ama teman2ku, sahabat2ku, rekan2ku, dan saudara2ku yang kebetulan bulan ini merayakan ulang tahunnya. semoga sukses selalu dan mampu membahagiakan orang2 di sekitarnya. mereka adalah: mas ikhlasul amal (2 nov); anggia saniagati (4 nov); novani fidelia (6 nov); fifa chazali (8 nov); anggun harwibawati (9 nov); rolly maulana awangga dan bibi tinah (10 nov); iqbal alfajri (12 nov); petra novandi barus dan ranum ayuningtyas (13 nov); casanovi (14 nov); miranti (15 nov); ahmad tanwir (20 nov); dian novianti (21 nov); mba any sulistyowati (25 nov); aki herry constandi (26 nov); dan ulfa (28 nov).

13 thoughts on “Selamat Ulang Tahun, All…!!!

  1. ajeng sekar berkata:

    waduuuuhh.. akub aru sadar ada namaku disini. iseng awalnya nyari nama sendiri di google *emang narsis sama iseng tipis bedanya. hahaha..,

    iya yah.. ultah kita sama.. ultah bokap juga kayanya sama yah? 24 oktober?

    sebuah kebetulan yang unik.

  2. Yudha P Sunandar berkata:

    @ petra
    thx pet. slamat ultah juga…

    @ enggar
    trims yah mba… acara hari ini? menyiapkan bandung comtech 08. hihihi😀

    @ nindy
    trims nindy…

    @ agah
    trims yah kang. boleh tuh tawaranny. tapi sayangny ngak bisa minggu ini. sedang sibuk bertapa di bandung comtech 08. hihihi.
    nuhun yah kang…🙂

    @ pashatama
    trims yah teh. iya nih. eksis di setiap lini dan bagian. hihihi…
    jadi, kapan kita ngeteh tarikh? bersama opie yang siap2 berulang tahun tepat 10 hari dr tgl 11? hihihihi
    skali lagi, trims yah teh…

    @ shelly
    trims shelly. undangan makan2ny…??? hmmm… ngak janji yah…😀

    @ anis
    trims mba anis. yups, smoga kita bisa melaluiny.

    @ op
    hihihihi… trims yah, bos. jadi kapan kita ngeteh tarikh bareng ama teh shasya?
    anw, met ultah juga yah….😉

    @ koen
    trims mas koen. i’ll do it…🙂

    @ deedee
    wah, kalo 10 november kmaren, sama kaya rolly tuh. hihihihi

  3. OP berkata:

    Huhuhu.. HAPPY BIRTHDAY LATE ! Maaph telat ngucapinnya ya Yud🙂
    Fesbuk mulai di blok, trus gw gksempet nge-blog… baru dini hari ini bisa blogwalking…. (dpt incoming links dari lo)

    Wish u all the best ya bro !

    Hehehe.. ternyata banyak juga ya yg ultah November selain gw🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s