Ngapain Perusahaan Punya Blog…???


ada satu pertanyaan yang secara ngak sengaja timbul sewaktu ngeliat teman2 dari komunitas tangan di atas (tda) sangat bersemangat sekali untuk menerapkan bisnis online dan melakukan kegiatan blogging, ngapain sih perusahaan punya blog? pertanyaan ini bukanlah tindakan skeptis atas apa yang aku liat. tapi lebih merupakan sikap kritis terhadap apa yang aku liat untuk selanjutnya aku coba cari jawabannya.

aku sendiri saat ini dipercaya untuk menjadi pemimpin redaksi blog sebuah produk dari yayasan yang bergerak di dunia pendidikan online. dari pengalaman ini, aku menyadari bahwa blog memiliki fungsi pokok sebagai alat untuk membantu tugas kehumasan dari sebuah perusahaan. dalam model hubungan kemasyarakatan, blog adalah salah satu bentuk penerapan model two-way symmetric. artinya, model ini bertujuan untuk memperoleh saling pengertian dengan komunikasi yang bersifat dua arah dan memiliki efek2 yang seimbang. model ini merupakan model yang banyak digunakan saat ini di bidang hubungan masyarakat.

setidaknya ada 3 keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan blog sebagai alat kehumasan pada perusahaan. keuntungan yang pertama, informasi lebih mudah sampai ke konsumen. dengan karakteristik bahasanya yang sederhana, singkat, padat, dan jelas serta prosesnya yang terbilang cepat, blog mampu menjembatani antara perusahaan dan konsumen tanpa batasan ruang dan waktu serta wawasan. konsumen setiap saat bisa mengetahui apa yang dilakukan oleh perusahaan dengan hanya membuka blognya.

keuntungan yang kedua, perusahaan bisa mendapatkan feedback yang lebih cepat dan terarah. dengan karakteristik blog yang disertai fitur komentar di setiap postingannya, membuat konsumen bisa langsung memberikan usulan, saran, dan kritik terhadap informasi yang disampaikan oleh perusahaan. hal ini juga sangat membantu sekali dalam bidang pengembangan dan riset sebuah produk serta penilaiannya di mata konsumen.

keuntungan yang ketiga, proses pengambilan keputusan bisa menjadi lebih cepat dengan biaya yang jauh lebih murah. dengan menggunakan blog, perusahaan bisa mendapatkan feedback yang jauh lebih cepat dan mudah. selain itu, biaya yang dibutuhkan pun sangat jauh lebih murah. bandingkan dengan penggunaan media konvensional sebagai alat kehumasan perusahaan. selain prosesnya yang rumit, lama, dan mahal, tak jarang feedback yang didapat juga jauh dari harapan.

memang penting perusahaan masa kini memiliki blog. ada banyak komponen biaya yang bisa dihemat apabila menggunakan blog sebagai alat untuk membantu bidang kehumasan perusahaan. selain itu, biasanya perusahaan juga bisa lebih dekat dengan konsumen yang membuat perusahaan tidak hanya mampu memasarkan produknya dengan baik, tetapi juga mampu mengetahui apa yang diinginkan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s