Melakukan Apa yang Kita Senangi Ketika Lulus Kuliah


beberapa bulan lalu seorang kenalan pernah bertanya tentang apa yang terpikirkan olehku ketika hendak lulus kuliah dulu. pertanyaan ini sedikit membawaku ke masa ketika aku baru aja dinyatakan lulus dalam sidang kelulusan juli tahun lalu. ketika itu pertanyaan yang sama sempat dilontarkan seorang teman ketika kami sedang makan2 merayakan kelulusan sidangku.

jawaban yang terlontar waktu itu cukup sederhana, ‘aku pengen melakukan apa pun yang aku senangi setaun ke depan. kalo memang yang aku lakukan bisa menghidupi aku, aku bakal melakukan itu untuk masa selanjutny.’ aku sendiri ngak tau kenapa jawaban itu yang keluar. kemungkinan terbesar, jawaban itu terlontar lantaran kejenuhanku dengan sekolah yang udah aku geluti lebih kurang 15 tahun lamany. aku cuman pengen merasakan kebebasan tanpa harus terbelenggu oleh institusi atau orang lain.

udah lebih dari 1 tahun semenjak jawaban itu terlontar dan sekarang aku memang melakukan apa yang aku senangi. membina komunitas, berkenalan dengan banyak orang, dan ujung2ny membawa aku ama yang namany nulis dan kecanduan ngeblog serta plurk. dan yang patut di syukuri, ternyata aku bisa hidup dengan itu semua, meskipun pas2an.

hikmah lainny yang aku dapet selama setaun ini adalah menemukan bidang minatku yang lebih cocok dengan hati. minat yang terasah dari intuisi2 kehidupan dan ngak terhegemoni ama institusi pendidikan yang punya tendesi untuk memaksakan suatu minat tanpa kita sadari. lebih dari itu. aku juga punya posisi tawar dengan orang2 yang berhubungan denganku dalam hubungan profesional. aku bisa menentukan pekerjaan apa yang mau aku lakukan, tentuny dengan tanggung jawab untuk menyelesaikannya dengan hasil maksimal.

keputusan ini lambat laun mulai merubah pandanganku tentang hidup yang awalny melakukan pekerjaan untuk alasan mencari uang, menjadi melakukan pekerjaan karena aku menyukainy. dari perubahan pandangan ini, akhirny bukan hanya pekerjaan yang berorientasi uang aja yang aku kerjakan. tapi juga pekerjaan, yang secara langsung maupun tidak langsung, berorientasi sosial, dan keduany punya prioritas yang sama penting untukku.

setiap orang memang berbeda. kalo di tanya apa yang terpikir olehku ketika lulus kuliah dulu, yah uraian di atas-lah jawabanny. mungkin teman2 lainny yang saat ini tengah menanti kelulusan atau wisuda, punya jawaban masing2, yang aku yakin jawaban itu datang dari lubuk hati masing2. jangan takut untuk mengambil keputusan yang nampak beresiko tapi merupakan kata hati kita. percayalah, kehidupan akan terasa lebih indah dan santai serta menyenangkan ketika yang kita pilih adalah yang diri kita punya.

7 thoughts on “Melakukan Apa yang Kita Senangi Ketika Lulus Kuliah

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    @ agah
    oh, lentera jiwa yang itu kang. iya, saya juga semakin yakin untuk melakukan apa yang saya inginkan setelah nonton episode lentera jiwa dari kick andy. bener2 banyak menginspirasi saya. nuhun, kang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s