Pelatihan Blog di ICT Merdeka UPI


hari sabtu tanggal 13 september yang lalu, aku dan rolly disuruh jadi pemateri pelatihan membuat blog di upi. pelatihan yang membahas bagaimana membuat blog dan mengelolanya ini, memang ditujukan untuk dosen dan mahasiswa yang belum mengenal terlalu dalam tentang blog.

pagi itu, aku nyampe di upi sekitar jam 8 kurang 15 menit. aku langsung telepon rolly dan hilman. namun malang bagiku lantaran hape kedua bocah itu ngak diangkat. rolly mungkin lagi menuju upi dari kostannya dan hilman bisa dipastikan masih tidur di kostannya. tanpa pikir panjang, aku langsung menuju upi-net yang merupakan tempat pelatihan diselenggarakan. meskipun begitu, ternyata di upi-net, setelah tanya ke panitia, ngak ada orang yang kukenal sedang di sekitar situ. akhirnya aku memutuskan untuk duduk sembari membuka laptop dan mulai membuat materi presentasi yang belum sempet di buat.

ada kejadian yang cukup lucu di sini. waktu aku lagi autis dengan laptop eeepc milis igos center, panitia dapet telepon dari hilman yang pesannya segera jemput pemateri. lalu berangkatlah 2 orang panitia menuju depan gerbang. selang 15 menit berlalu, mereka datang lagi dengan menanyakan, ‘pematerinya teh sapa namanya? wajahnya yang kaya gimana?’ dan seorang diantara yang ditanya menjawab, ‘namanya yudha. nih nomer hapenya.’ sambil nunjukin sebuah rangkaian nomer yang ada di layar hapeny.

sekitar 5 meter dari tempat mereka sedang riweuh mencari si pemateri, aku tetap tenang sambil kebingungan harus ngapain lantaran namaku disebut2. akhirnya setelah 2 orang panitia penjemput tadi pergi lagi, aku berjalan menghampiri panitia yang ngasih nomer hapeku. dengan ‘wajah tanpa dosa’ aku bilang, ‘eh, nyari yudha, yah. aku lho yudha, pemateri untuk pelatihan blog ini.’

entah apa yang dirasakan panitia saat itu. yang pasti, perasaan dongkol dan pengen nonjok wajahku yang lagi berusaha tersenyum manis, terlihat di wajah mereka yang penuh kekesalan bercampur usaha untuk sabar lantaran lagi bulan ramadhan. maaf yah wahai panitia😀 meskipun begitu, aku akhirnya terhindar dari amuk massa dan langsung disuruh masuk ruangan untuk memulai pelatihan.

pelatihan akhirnya langsung kumulai sekitar jam 8 lebih 15. aku pegang kelas dengan peserta yang berjumlah sekitar 40 orang. selang beberapa menit, rolly pun datang yang langsung disuguhi peserta di kelas sebelah yang jumlahnya lebih kurang sama dengan kelasku.

pelatihan berlangsung dari jam 8 ampe jam 3 sore. di tengah2 pelatihan, sempat terjadi mati listrik selama 30 menit. hal ini membuat peserta pelatihan harus diistirahatkan selama 1,5 jam lamanya. selain karena ngak bisa nyalain komputer, kebetulan kejadian matinya listrik berdekatan dengan jam istirahat sehingga peserta menikmati istirahat selama 90 menit.

meskipun kaki pegel dan suara agak sedikit serak, tapi cukup seneng juga bisa ngajarin pelatihan blog. selain dapet pemasukan tambahan secara finansial, ilmu pun jadi bertambah. malah, ada beberapa hal yang tadinya aku ngak tau di wordpress, setelah pelatihan berlangsung, jadi tau dan semakin mengerti.

untuk panitia. trims yah. maaf aku ngerjain kalian.😀 untuk peserta, semoga ilmunya berguna. jangan lupa ngeblog yah. untuk yang mau bikin pelatihan blog untuk pemula, aku dan rolly melalui kitaklik.com, akan selalu siap ngedukung yang mau belajar blog, meskipun itu ngak dibayar. tapi dengan catatan ada di wilayah bandung. kalo di luar bandung, ongkosin transportasi aja deh.

4 thoughts on “Pelatihan Blog di ICT Merdeka UPI

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    @ fajar
    pake wordpress langsung online. keren juga yah koneksinya upi. bisa ngakses wordpress dengan cepet.
    tapi itu pun lantaran upi libur hari sabtu. jadi aja, yang make internet cuman orang2 yang ikut pelatihan di lab. hehehe

    @ bayu
    skrinsutny ada di rolly. tapi foto2ku jelek smua. jadi ngak kusertakan disini. ditambah lagi, nunggu ada kiriman kamera digital. hehehe
    bayarannya…??? kenapa emang…??? mau ngundang jadi pemateri, yah…???😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s