Jalan-jalan ke Jakarta Lagi…!!!


hari jumat yang lalu, aku diundang mas koen untuk datang ke kantornya di jakarta. agendanya, cuman untuk ngobrol2 sambil merasakan suasana ngabuburit di jakarta. supaya lebih santai, kami memutuskan untuk ketemuan di kantor mas koen setelah jumatan, sekitar jam 1an.

sekitar jam setengah enam, setelah sahur, sholat shubuh, mandi, dan nyetrika baju, aku langsung cabut menuju stasiun kereta api bandung. naek kereta adalah pilihanku untuk pergi ke jakarta kali ini. alasannya, selain karena kantornya mas koen deket dari stasiun gambir, karena aku kangen untuk naek kereta yang merupakan kendaraan favoritku untuk pergi ke berbagai tempat di bumi ini. alasan lainnya, supaya aku bisa tidur dengan cukup nyenyak dan agak lama. kalo pake travel, selain waktu tempuhnya yang terlalu cepat, entah kenapa aku selalu ngak bisa tidur di dalam travel.

singkat cerita, aku nyampe di jakarta sekitar jam 10-an. ngak biasanya kereta api dateng di stasiun tujuan tepat waktu. padahal rencana awalnya nyampe di jakarta jam 11. tentunya dengan memanfaatkan kereta api yang cukup hobi terlambat. meskipun begitu, ketepatan datangnya kereta api perlu diacungi jempol.

karena kebingungan mau kemana, akhirnya aku langsung menuju kantornya mas koen. supaya sedikit makan waktu, aku memutuskan untuk jalan dari stasiun gambir. melewati sebuah kedutaan besar yang tanpa nama dan dijaga cukup ketat oleh brimob, markas departemen pertahanan dan keamanan republik indonesia, kantor gubernur jakarta, perpustakaan nasional, kantor telkom, sebuah jalan yang lupa namanya, dan akhirnya tibalah di gedung tempat kantornya mas koen berada. aku langsung menuju lantai 9 tempat mas koen bermarkas.

sesampainya di lantai tempat mas koen berada, aku langsung bertanya ama satpam. sayangnya, si satpam ngak tau mas koen. aku cuma berpikir, ‘kayakny ni satpam kuper banget. masa blogger yang seterkenal mas koen ngak dia tahu.’😀 akhirnya, aku langsung sms mas koen yang diikuti dengan munculnya mas koen, dengan sapaannya yang khas, dari lorong yang menghubungkan antara ruangan aku berada dengan ruangan lainnya.

lantaran mas koen lagi ada rapat, akhirnya aku memutuskan buat nunggu beliau di sofa yang empuk banget di ruang tunggu sambil ditemenin ama buku ‘the apple way’ yang mas koen pinjemin ke aku. tak sampai 30 menit, mas koen kembali dari rapatnya. sembari ngobrol2, kami menuju meja kerjanya yang dilanjutkan dengan menuju mushola untuk menunaikan sholat jumat.

singkat cerita, kami berdua telah kembali ke meja mas koen. lantaran ada beberapa hal yang mesti kami omongin, kami pindah ke ruang rapat bersama beberapa teman kantornya mas koen. obrolannya…??? rahasia dong…😀 kejutan. yang pasti, insya 4jj 1 akan muncul bulan depan di bandung.

setelah beberapa jam berlalu, aku meneruskan kegiatanku dengan nge-plurk sembari menunggu jam kantor selesai. suasana di ruangan kantor cukup nyaman dan adem. jauh dari kesan jakarta yang panas dan ngak nyaman bagi orang bandung. entah berapa lama aku berkontemplasi dalam medan filsafat plurkisme. yang pasti, jam kantor telah selesai dan kami berdua menuju sebuah kafe di sarinah yang letaknya terlihat dekat tapi cukup jauh juga. selain berniat untuk buka puasa di situ, kami juga sengaja datang untuk melihat ruangan yang rencananya bakal digunakan untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan dalam waktu dekat ini.

sesampainya di tempat yang kami tuju, kami langsung duduk di tempat yang udah disediakan. alih2 memesan makanan dalam buku menu, kami memilih untuk menikmati sajian paket berbuka yang telah disediakan. makanannya pun cukup beragam dan banyak. cocok untuk kami berdua yang berbadan cukup langsing. sembari ngobrol, kami mencicipi semua hidangan yang disajikan setelah waktu berbuka tiba. hasilnya, semakin lama obrolan kami semakin ngak karuan lantaran perut kenyang banget yang membuat kami ngak konsen ngomong. malah, aku hampir ngak bisa jalan lantaran kebanyakan yang dimasukin ke perut.😀

seusai menurunkan hidangan ke perut, kami langsung cabut lagi. kali ini menunggu mba enggar yang memang lagi dalam perjalanan ke tempat kami berada. sejalan dengan itu, mas koen menanyakan pemesanan travel yang bakal membawaku ke bandung. dengan polosnya aku bilang belum dan berkeyakinan bahwa akan selalu ada travel ke bandung. dan ternyata, kami baru sadar bahwa hari ini adalah hari jumat dimana travel ke bandung selalu aja penuh.

akhirnya, mas koen langsung neleponin travel2 yang menuju ke bandung. aku cukup bingung juga lantaran ngak punya nomor travel di jakarta satu pun. mau minta nomernya ke mas koen pun, beliau lagi sibuk neleponin travel mana yang mumpuni membawaku ke bandung. akhirnya, setelah telepon sana-sini, mas koen dapet juga travel yang akan berangkat dalam kurun waktu 1 jam.

tanpa pikir panjang, kami langsung keluar dari sarinah menuju mba enggar yang ternyata udah menunggu kami berdua di dalam taksi di luar sarinah. masuk ke taksi dan langsung melaju ke jatiwaringin, tempat sebuah travel ternama di bandung nongkrong. meskipun judulnya melaju, tapi tetap aja kemacetan jakarta membuat taksi yang kami tumpangi harus jalan tersendat-sendat.

di sepanjang perjalanan, mba enggar bercerita mengenai beberapa pengalamannya yang membuat aku berpikir tentang diriku dan orang2 di sekitarku kini. berpikir mengenai beberapa konflik yang pernah terjadi antara aku dan beberapa orang sebayaku yang ku temui dalam hidupku. meskipun begitu, mba enggar menasehatiku bahwa itu natural di masa2 muda yang memang selalu penuh gejolak.

sejalan dengan itu, ternyata waktu telah melewati waktu berangkat travel. tanpa pikir panjang, mas koen langsung menelepon pangkalan sebuah bis yang biasa mengangkut orang dengan trayek jakarta – bandung. dan ternyata, masih banyak kursi kosong tersedia. taksi langsung mas koen arahkan menuju pangkalan bis tersebut.

setibanya di pangkalan bis, masih ada waktu lebih kurang 15 menit sebelum bis datang dan berangkat kembali. kami gunakan waktu yang tersisa untuk ngobrol2. mba enggar banyak bertanya tentang kegiatan mengajarku dan menyarankan banyak hal yang berguna sekali untuk aku ngajar.

tak terasa, bis menuju bandung datang. dan itu pertanda aku harus berpisah dengan mas koen dan mba enggar. meskipun begitu, hari rabu minggu ini, kami akan bertemu lagi.

di dalam bis, aku duduk tepat di belakang supir. bisnya pun cukup nyaman. tak seberapa lama, bis berangkat. meskipun begitu, setelah bis berjalan, ada 1 hal yang menggangguku selama perjalanan, yaitu bunyi peringatan tanda telat pindah gigi. suaranya terdengar mirip peringatan tanda pesawat sedang mengalami stall atau posisi dimana pesawat tidak memiliki daya angkat. di dalam dunia penerbangan, peringatan stall harus selalu diwaspadai. karena kalo ngak digubris, tentunya akan berefek fatal pada pesawat. makanya, waktu di bis, kalo peringatan itu berbunyi, dengan sendirinya aku suka reflek terkaget. tapi syukurlah, sepanjang perjalanan di jalan tol tanda itu ngak pernah terdengar dan membuatku bisa tidur dengan nyenyak. dan aku baru tau kenapa aku ngak bisa tidur di travel tapi bisa tidur dengan bis. yah, karena kestabilan bis lebih tinggi daripada travel yang selalu goyang kanan-kiri mencari peluang untuk meninggikan kecepatan.

tepat jam 12 malem, aku sampai di bandung. dalam perjalanan menuju kostan, ngak sengaja ngeliat bulan yang ternyata hampir purnama yang buat aku tersadar bahwa ramadhan telah berjalan lebih kurang 13 hari. berarti, 2 hari lagi purnama dan itu menandakan bahwa ramadhan telah menginjak ke tengah bulan. akhirnya, sekitar jam 1 malem aku sampai di kostan. tanpa pikir panjang aku langsung tidur lantaran keesokan paginya harus stand by di upi untuk ngasih pelatihan.

wow, hari ini memang benar2 jalan2 ke jakarta yang cukup mengasyikan. untuk mas koen dan mba enggar, makasih banget yah. maaf banget, aku selalu merepotkan kalian berdua. sampai jumpa hari rabu, yah. sukses untuk kalian berdua.

5 thoughts on “Jalan-jalan ke Jakarta Lagi…!!!

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    @ agah
    duh, jadi spechless kang. padahal temen saya masih bisa dihitung ama jari tangan.
    nuhun yah kang…

    @ afwan
    pengen yah…???

    @ zhe
    salam kenal juga, zhe. anw, udah sembuh…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s