Kenapa Semuanya Harus Disembunyikan…???


beberapa hari lalu berbincang2 dengan seorang kawan lama. meskipun dalam beberapa bulan ini kami sering ketemu, tapi baru kemaren kami baru punya kesempatan berbincang2 cukup serius dan lama. awalnya kami memperbincangkan masa2 waktu kami sekolah di smp dulu. maklum, kami memang satu almamater waktu smp dulu. tapi ujung2nya, kami membincangkan seseorang perempuan yang kami kenal dulu yang sekarang entah dimana keberadaannya.

sebutlah namanya venus yang pasti bukan nama sebenarnya. venus ini adalah cewe yang pejuang keras, punya banyak talenta, dan cerdas. venus ini satu angkatan ama aku. waktu smp dulu, venus suka ama temenku ini. sebutlah nama temenku ini adalah mars. beda umur antara mars dan venus sekitar 8 tahunan dan tentunya mars punya kehidupan yang lebih dewasa dibandingkan venus yang waktu itu masih berusia sekitar 14 tahunan. sehingga mars pun hanya menganggap venus adalah seorang adik yang tentunya masih perlu dibimbing dan rasa sukanya venus tidak dianggap serius pada waktu itu.

akhirnya, yang terjadi, mars banyak mengecewakan venus pada saat smp dulu dan tak jarang hingga mengakibatkan uraian derai air mata membasahi wajah venus. mars sendiri merasa bahwa apa yang dilakukannya salah. tetapi entah kenapa, keadaan selalu membuat air mata membasahi wajah venus.

saat beranjak sma, venus tampak lebih dewasa. lagi2, venus satu almamater dengaku waktu sma dulu. terlebih lagi, venus pun pernah satu kelas waktu kelas 2. berbeda dengan waktu smp yang aku kurang terlalu dekat ama venus, di sma kami berdua banyak pekerjaan yang dilakukan bersama. dimulai dari pertunjukan teater, musikalisasi puisi, buat film remaja, hingga kami berdua berhasil meraih juara 2 lomba puisi 2 tahun berturut2 pada lomba tahunan puisi antar kelas di sma dulu.

singkat cerita, kami berdua lulus sma. aku langsung sibuk dengan duniaku waktu itu, musik. di saat itu pula aku kenal dengan mars karena semua temanku di band kenal dia. di sisi lain, venus sendiri memilih untuk tidak kuliah dan langsung kerja. maklum, dia memang berasal dari keluarga yang kurang beruntung dari sisi finansial. hubungan antara venus dan mars pun semakin dekat. tapi, tetap aja mars tidak menganggap serius hubungan ini.

hingga akhirnya, setahun setelah lulus sma, dia menikah dengan terpaksa karena himpitan ekonomi keluarganya. bakatnya dan kecerdasannya mungkin harus hilang ditelan tali pernikahan yang di indonesia masih banyak terbilang tidak mengenal karier bagi perempuan.

saat itu terjadi, sebenarnya mars menyesal kenapa dari dulu dia begitu dingin ama venus. andaikata mars bisa sedikit terbuka dengan venus, mungkin venus sekarang bisa kuliah dan punya pendidikan yang lebih layak. di sisi lain, hanya ada 3 nama pria yang selalu disebutkan venus, dan salah satunya adalah aku. waktu masih di band, mars dan temannya yang juga kenal aku, berusaha buat ngedeketin aku ama venus. tapi apa daya, aku masih terlalu polos waktu itu. padahal, dari ketiga pria yang disebutin venus, 2 diantaranya udah ngecewain dia. dan mars berpendapat, cuman aku harapannya untuk dia tetap bisa menjaga talenta dan kecerdasannya agar bisa lebih berkembang.

hal yang aku sesalkan, kenapa semuanya harus disembunyikan? coba, kalo semua ini dibicarakan secara terbuka dari dulu, mungkin kami semua bisa menolong venus lebih cepat. meskipun begitu, nasi udah masuk ke perut dan sedang nunggu keluar menjadi feses. semuanya udah terlambat dan hanya bisa disesali. yah, beginilah jalan hidup. berliku dan tak pasti serta berlalu banyak misteri.

6 thoughts on “Kenapa Semuanya Harus Disembunyikan…???

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    @ natasya
    tapi keterbukaan menurutku harusnya udah membudaya. soalnya udah masuk generasi mtv, meskipun generasi mtv dengan lagu2 klasik layakny def leppard atau eric clapton.

    anw, jangan salahkan aku dengan peribahasanya. guru fisika smp-ku tuh yang suka ngomong kaya gitu. ngak tanggung2 di upacara senin pagi lagi via speaker. hehe

  2. Yudha P Sunandar berkata:

    @ bayu
    ada kalany kita ngak punya pilihan. dan berkorban untuk orang lain, terkadang lebih penting daripada harus memilih berdasarkan hati

    @ lafra
    matematis banget yah…😉

    @ anis
    yah, sepertiny kehidupan di dalam sinetron mulai merambah ke dunia nyata mba.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s