Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari Terjadi dalam Waktu Bersamaan…???


sebuah pernyataan yang ngak masuki akal pernah dilontarkan ama temenku seputar gerhana bulan dan matahari. dia bilang, gerhana bulan dan gerhana matahari bisa terjadi pada hari yang sama. misalnya, siangnya gerhana matahari, terus malamnya gerhana bulan. menurutku ini adalah pernyataan yang sangat ngak masuk akal. alasannya, bagimana pun juga, gerhana matahari terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan bumi terletak pada satu garis lurus. dalam artian, bulan berada pada fase mati atau tertidur.

gerhana bulan dan matahari dari pengamat di bumi

gerhana bulan dan matahari dari pengamat di bumi. sumber gambar: wikipedia.

sedangkan gerhana bulan, terjadi ketika posisi matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis lurus. dengan kata lain, bulan berada pada fase purnama. terlihat kan perbedaannya?

ketika terjadi gerhana bulan

ketika terjadi gerhana bula. sumber gambar: wikipedia.

tapi, waktu liat gerhana bulan tanggal 17 agustus lalu, dipikir2 ternyata gerhana bulan dan gerhana matahari bisa terjadi pada waktu yang bersamaan lho. ngak percaya?

coba deh pikirin. ketika terjadi gerhana bulan, cahaya matahari yang jatuh ke bulan, terhalang oleh bumi. akibatnya, bulan terlihat menghilang oleh pengamat yang ada di permukaan bumi. di tempat lain, tepatnya di bulan, matahari justru terhalang oleh bumi. akibatnya, di bulan sono terjadi gerhana matahari. dan pengamat yang ada di bulan, kalo ada, akan mengalami gerhana matahari dengan durasi sama dengan gerhana bulan di bumi. jadi, gerhana bulan dan matahari bisa terjadi pada saat yang bersamaan bukan?πŸ˜€

anw, tulisan ini cuman tulisan iseng dan jangan dianggap serius.

20 thoughts on “Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari Terjadi dalam Waktu Bersamaan…???

  1. sastro berkata:

    gerhana terjani membuktikan kebesaran Allah. jadi ketika terjadinya gerhana matahari atau bulan, silalah solat sunat gerhana 2 rakaat deh.

  2. Yudha P Sunandar berkata:

    lebih pinter dari dulu. sebelum tembaga ditemukan di barat sono, orang indonesia udah pake teknologi wireless malah. keren kan…???πŸ˜€

  3. Yudha P Sunandar berkata:

    @ anis
    duh, kok ngak ngerti aku yah?

    @ afwan
    baca dong dengan benar tulisanny. hehe.
    iya, ntar aku masukin link-mu. klo ingetπŸ˜€

    @ anggi
    makany, jangan tidur mulu. hehe
    ningkatin blog gmana? ntar deh aku kasih tau klo kamu ke bandung lagi. hehehe

  4. anggi berkata:

    iyahh…pas 17 agustus tu da gerhana bulan n hari tu juga nisfu sya’ban..
    tapi aku ga liat gerhana nya coz ketiduran -_-‘

    iya neh,,belom diisi lagi..
    males ngenet,padahal warnet da di depan kost.
    hehehe…
    besok deh kalo aku udah di surabaya insya allah sring ngenet lagi..

    o ya kak, gimana cara tw tingkat blog kita..
    yang kata tmenku di search engine
    q ga ngerti maksudnya apa

  5. Yudha P Sunandar berkata:

    @ edy
    iya. satu yang nelen bulan. satu yang nelen matahari. hehehe

    @ koen
    eh, emang ada pernyataan dalam postinganku yang menyatakan gerhana matahari membahayakan kesehatan yah mas?πŸ˜€

    @ alfis
    hehehe… iseng fis namany juga.πŸ˜€

    @ aki
    sambungin aja ki. pake lemπŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s