Senangnya Hari Pertama Ngajarku


meskipun kepala sedang pening lantaran lagi flu, aku maksain diri juga buat pergi ngajar ke smp terbuka firdaus di arcamanik. karena bagaimanapun juga, ini adalah hari pertamaku ngajar bahasa indonesia di kelas 8 smp di tahun ajaran baru. jadi aku ngak mau hari pertama jadwal ngajarku, diisi dengan absennya diriku di kelas.

setelah melalui kemacetan kota, akhirnya sampai juga di lokasi tepat jam 12.30 wib. tanpa pikir panjang, aku langsung ke kelas yang merupakan ruangan pinjaman dari tk salsabil. maklum, smp terbuka firdaus belum punya ruangan dan gedung sendiri.

di dalam kelas, anak2 udah nunggu. barisan bangku2 kecil bekas belajar anak2 tk, menjadi tempat untuk anak2 smpt firdaus menulis. aku bingung lantaran belum dikasih silabus untuk anak2 belajar hari ini. waktu aku minta ke rani, yang dia kasih cuman lks dari pelajaran tahun lalu. tapi masih mending lah daripada ngak ada bahan sama sekali.

sebelum ngajar, aku ngenalin diri dulu. di kelas, aku dipanggil dengan panggilan ‘kakak’. soalnya aku menolak untuk dipanggil bapak. alasannya karena aku masih terlalu muda untuk dipanggil bapak oleh mereka.

pelajaran bahasa indonesia pertama di hari pertama tahun ajaran pertama di kelas 8 adalah tentang laporan. sedikit terkaget juga lantaran pelajarannya nggak seindah yang aku bayangkan, yaitu pelajaran tentang menulis. meskipun begitu, aku ngak bisa berbuat banyak dan memulai nerangin ke anak2.

anak2 sepertinya cukup bingung tentang materi yang aku sampaikan. mungkin karena lelah atau memang pelajaranny masih terlalu berat untuk mereka. aku juga cukup bingung ngajar mereka. karena banyak kata2ku yang kelewat rumit dan kurang sederhana. daripada pusing2, akhirnya, aku memutuskan untuk mengajak mereka bermain ‘angin bertiup’.

seusai bermain, mereka kembali segar dan bersemangat buat belajar lagi. bahasaku juga aku paksakan jadi sesederhana mungkin. materi pelajaran yang awalnya aku sampaikan tanpa ditulis, aku paksakan juga untuk ditulis di papan tulis. supaya mereka ngerti apa yang aku sampaikan.

sebelum aku mengakhiri pelajaran, aku ngasih ke mereka tugas mingguan yang harus mereka kumpulkan tiap minggu. tugasnya gampang, yaitu tulis tentang apapun yang mereka ingin tulis. bentuknya pun terserah, apakah itu diary, pengalaman, karangan, cerpen, puisi, atau pantun. pokoknya apapun yang ingin mereka tulis, tuliskan dan kumpulkan tiap minggu. tugas ini aku kasih supaya mereka terlatih dan senang untuk menulis.

karena aku sadar ini adalah smp terbuka yang sebagian besar adalah anak2 yang kurang mampu secara finansial, akhirnya aku menawarkan buku tugas buat mereka yang nggak punya buku. awalnya cuman 3 orang yang ngacung. tapi ujung2nya, semua anak pengen dikasih buku untuk tugas menulis ini. meskipun kaget, tapi tak apalah cuman 15 buku ini. mungkin harganya juga ngak akan lebih dari 50 ribu. mumpung masih lajang.๐Ÿ˜€

hari pertama ngajar cukup menyenangkan juga. sakitku pun mendadak ilang waktu ngajar. mungkin yang harus dipersiapkan buat ngajar besok adalah materi dan kumpulan permainan kalau2 anak2 merasa bosen waktu lagi belajar.

16 thoughts on “Senangnya Hari Pertama Ngajarku

  1. Kocil berkata:

    Kak Yudha,
    Di SMP 14, Dika punya tugas mencari blog tentang pengalaman
    untuk pelajaran Bahasa Indonesia.
    Kok kebetulan cerita ini menarik sekali.
    Minta ijin di download dan di-print ya ….๐Ÿ™‚

  2. Yudha P Sunandar berkata:

    wah, padahal kmaren aku ke jakarta mba.๐Ÿ˜€
    anw, semoga sukses yah mba. emang full yah ngajarnya? bisa kayakny curi2 waktu mba๐Ÿ˜€

  3. enggar berkata:

    Hiks, jadi kangen sama murid-muridku. Sayangnya daku tidak bisa rutin ngajar lagi. Yud, tanggal 14-18 anak-anak ke jakarta lho untuk lomba tingkat nasional. Aku dihubungi sama bu Nur, tapi hari ini dan besok aku ngajar euy jadi tak bisa datang ke sana. Hm, bisa curi-curi waktu nggak ya?๐Ÿ˜‰

  4. Yudha P Sunandar berkata:

    @ shelly
    ayo shel, bantuin ngajar yuk. bantuin ngajar seni rupa. katanya senny juga udah bertekad bantuin ngajar bahasa inggris dan matematika.๐Ÿ˜€

    @ mba shasya
    nanti deh aku buat postinganny mba tentang permainan itu. supaya rasa penasaran mba shasya dan mba enggar hilang. hehehe

    @ rully
    sekarang masih nebeng di tk salsabil. aku lupa nama jalannya. kalo ngak salah jalan dirgantara. makasih yah doanya.๐Ÿ˜€

    @ wisnu
    trims nu. ini juga berkat bantuanmu juga๐Ÿ˜‰

  5. Rully Patria berkata:

    wah… Arcamanik nya sebelah mana Kang??
    deket ama rumah saya atuh… boleh mampir??

    sapa tau bisa ikut ngasih kontribusi apaaa gitu..
    skarang baru doa aja deh biar bisa nelorin anak Indonesia yg berkualitas (ceileeeee)๐Ÿ˜€

  6. Yudha P Sunandar berkata:

    @ koen
    istilah bagus dan baru, kakak guru. hehehe.
    thx yah mas๐Ÿ˜‰

    @ enggar
    bentuk permainannya ntar deh kuceritain mba. sebenernya tadi harus di tempat yang lapang. tapi, maksain juga di dalam kelas dengan ngegeser meja2.
    anw, aku masih agak canggung antara memenuhi silabus yang dikasih sekolah dengan menekankan ama eksplorasi kemampuan siswa dalam berbahasa. mungkin masih kaget aja kali yah mba. yah, kita tunggu deh beberapa minggu ke depan.
    thx yah mba…

  7. enggar berkata:

    Keren euy. Salut deh. Yud, metodenya sudah oke, bagus tidak terpaku pada buku. Btw, ceritakan donk bentuk permainannya seperti apa. Kali saja bisa aku praktikkan untuk murid-muridku di sini๐Ÿ™‚.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s