Garuda yang Terkurung


Elang Jawa (Spizaetus bartelsi)

elang jawa (spizaetus bartelsi)

elang jawa (spizaetus bartelsi), merupakan hewan endemik pulau jawa. satwa yang dipercaya sebagai garuda lambang negara indonesia ini, keberadaannya semakin terancam seiring rusaknya habitat serta perburuan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

kondisi ini mengakibatkan banyak elang jawa harus terkurung tanpa daya di kandang besi yang salah satunya diperlihatkan pada foto di atas. foto ini diambil sekitar tahun 2003, ketika aku sedang survei area hutan lindung di taman hutan raya djuanda, atau yang lebih dikenal dengan nama tahura dago pakar.

mungkin seharusnya kita malu pada diri kita sendiri. amerika berhasil menyelamatkan elang bondol lambang negara adidaya tersebut. seharusnya, kita juga punya kepedulian serupa untuk selalu menjaga lambang negara kita dengan membiarkannya hidup dengan tenang di alam bebas, bukan mengurungnya dengan kerangkeng besi di rumah kita.

peserta qwords.com photo blog competition 2008

13 thoughts on “Garuda yang Terkurung

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    @ deniar & aki
    ada kemungkinan seperti itu. konon waktu zaman perjuangan dulu, masih banyak berkeliaran elang jawa di pulau jawa. tapi, teori ini masih dipertanyakan karena yang namanya burung garuda bukan hanya ada di pulau jawa semata, tapi ada di daerah2 lain. sama kaya naga lah. kita ngak tau hewan apa yang diidentikan sampai ada naga.

    @ taruma
    kok namanya aneh2 gitu sih…??? hehehe
    anw, trims yah. ngak ikutan juga?
    elangnya ngak keliatan terkurung yah? sebenernya ada 2 gambar. tapi yang ngeliatin elang jawany gagah, adalah gambar ini. emang ngak keliatan yang teralis di belakangnya…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s