Yanni, Sang Komposer dengan Lagunya yang Penuh Inspirasi


pagi ini angin bertiup cukup kencang di luar. udara yang cukup dingin, menandakan bahwa musim kemarau udah mulai bertandang di bumi nusantara. bangun dari tidur, aku langsung menghibur diri dengan lagu2 dari album tribute milik yanni. membawa sedikit kedamaian di hari minggu yang cerah ini.

postingan kali ini bercerita tentang yanni, salah seorang pianis sekaligus komposer yang dikagumi dunia saat ini. ide buat ngeposting sedikit cerita tentang yanni ini, ada lantaran kekagumanku ngedenger lagu2nya yang mampu membawa suasana ke titik yang paling mengagumkan. bingung kan? dengerin aja lagunya. 😀

yanni, yang punya nama panjang giannis crysomallis ini, merupakan seorang pinais, keyboardis, dan komposer yang dilahirkan di kalamata, yunani, pada 14 november 54 tahun silam. pada umur 18 tahun, yanni masuk ke universitas minnesota. di universitas ini, yanni bergabung menjadi seorang keyboardis di sebuah band lokal beralirankan rock bernama chameleon. setelah berhasil meraih gelar b.a. dalam bidang psikologi, yanni memilih untuk berkarir di bidang musik. padahal, yanni bukanlah seorang musisi yang belajar dari pelatihan formal dan nggak mampu membaca not balok.

pada awal tahun 80-an, yanni memutuskan untuk keluar dari band dan mencoba fokus di jalur musisi solo. setelah kepindahannya ke los angeles, yanni mendirikan band kecil yang beranggotakan charlie adams dan john tesh. dengan mengusung aliran ‘new age’ yang tidak lain adalah ‘contemporary instrumental’, yanni bersama teman2-nya mulai menciptakan album disertai dengan tur promosinya.

kerja keras dan ketekunannya ternyata membuahkan hasil. pada tahun 1993, album dare to dream yang dia luncurkan pada tahun 1992, menjadi grammy-nominated. lebih dari itu, lagu2nya juga digunakan oleh stasiun televisi dan beberapa acara olahraga televisi pada era tersebut, seperti super bowl, wide world of sports, u.s. open, tour de france, world figure skating championships, the olympics, dan abc news.

kesuksesan yanni semakin menjadi2 ketika dia menelurkan beberapa live album dan video. yanni live at the acropolis merupakan live-album pertamanya yang dia rilis pada tahun 1994. dalam album ini, digunakan orkestra penuh yang disupervisi oleh shardad rohani. konser dalam album ini, disiarkan ke seluruh amerika dan dengan cepat menjadi program televisi paling populer. selain itu, program ini juga disiarkan di 63 negara di seluruh dunia dengan jumlah penggemar mencapai lebih dari setengah milyar. kesuksesan program ini diikuti dengan terjualnya album ini sebanyak lebih dari 7 juta kopi di seluruh dunia.

pada bulan maret tahun 1997, yanni menjadi artis barat yang diizinkan menggelar konser di taj mahal, india, dan kota terlarang, cina. dari 2 konser yang dikonduktori oleh armen anassian ini, menelurkan album tribute yang dirilis pada tahun yang sama. album yang bener2 menginspirasi banyak hal buatku saat ini.

di era tahun 2000-an, yanni kembali menelurkan album if i could tell you, yang dia garap lebih kurang 7 tahun lamanya. disusul dengan menyelenggarakan tur selama tahun 2003 sampai 2004 melalui debut ethnicity dengan filosofi ‘one world, one people’. tur ini membuahkan rangking 4 konser tur terbesar versi billboard magazine.

melihat keberhasilannya selama lebih dari 20 tahun, pada bulan mei tahun 2004, universitas minnesota tempatnya kuliah dulu, memberikan yanni gelar doktor kehormatan, yaitu doctor of humane letter. gelar ini ternyata membuat dia terus mencoba berkarya dengan membuat ‘yanni live!’ tur selama tahun 2004 hingga 2005 di mandalay bay di las vegas, nevada. tur ini menelurkan kembali sebuah live album dan video pada tahun 2006 berjudul yanni live! the concert event.

selain kesuksesannya menelurkan album2 musik, yanni juga sukses dengan autobiografinya yang berjudul yanni in words yang dirilis pada tahun 2003. dalam autobiografinya ini, diceritakan tentang masa kecilnya di yunani, kuliahnya di minnesota, suksesnya sebagai artis internasional dengan eksplorasinya terhadap proses kreatif bersama komposisnya, dan 9 tahun hubungannya dengan artis linda evans. biografi yang dia rilis bersamaan dengan album ethnicity-nya ini, dideklarasikan sebagai new york times bestseller.

mengenai jenis musiknya, yang aku denger, begitu beragam. mulai dari nuansa klasik, rock, hingga etnis dari afrika dan asia, khususnya india dan cina, ada dalam setiap lagunya. dengan memadukan orkestra lengkap, lagu2 dalam album tribute, benar2 hidup dan menginspirasi siapapun yang mendengarnya. apalgi kalo liat video konsernya, benar2 menakjubkan. membuat orang pengen ngeliat lagi tanpa ada rasa bosan. penasaran…??? dengerin aja lagunya dan temukan setiap keajaiban inspirasi di dalamnya.

Iklan

39 thoughts on “Yanni, Sang Komposer dengan Lagunya yang Penuh Inspirasi

  1. dika berkata:

    Nigtingale,adagio c minor,so long my friend,to the one who knows,to take to hold,before i go,the end of august,santorini,within attraction,FELITSA ( yang plg gw demen gan)

  2. Voeu berkata:

    nyaman bgt dgr komposisi musiknya…
    dia pnah konser d Borobudur/prambanan ga???dlu2 pnah dgr (rumor???), ap ga jadi???
    if i could travel through time, i really wanted to be in his concert in Acropolis…sungguh t4 & musik yg membuat nyaman dan puas audiens…

  3. Ridwan Zidrunas berkata:

    Sejak pertama mendengar lagux Yanni, satu hal yang pasti saat itu adalah perasaan merinding. entah kenapa begitu mendengar langsung terasa berbeda dan klik dengan telinga dan hati. Selain Yanni, suka juga dengan Kitaro dan Kenny G.

  4. Ipoel berkata:

    gue paling suka yang “marching season”. sangat inspiring dan lekukan nadanya indah banget… satu lagi yang “only a memories” pas banget buat didengerin saat cuaca cerah. setuju gak?

  5. alastor berkata:

    yanni bagus… ethnicity(2003) top abiz.. yang voices 2009 mmm kayak nya kurang inspiring mungkin keabisan ide kali ya or udah old enough so sound is old enough..
    mmmm terus terang taste music di yanni emang highly qualified charmed…
    ada lagi sih kaya Enigma,Enya (aliranya agak celtic),and kitaro but Yanni is the best for charmed and inspiring one…
    so plus plus plus plus and lot of applause for Yanni…

  6. azulla berkata:

    aku suka sama lagunya Yanni.Pertama kali aku dengerin lagunya waktu kelas 6 SD,lagunya bikin aku terkagum-kagum pokoknya keren banget terus aku tanya ama guruku siapa komposernya,dari situlah aku jadi seneng denger lagunya Yanni,trus lagian,ga tau kenapa lagunya Yanni itu memberikan semangat lebih maju(Nightingale)nama lagunya.

  7. azulla berkata:

    lagunya Yanni tuh keren banget bikin orang terkagum-kagum dengernya,trus permainan biolanya keren banget(cepet banget gesekan biolanya)pokoknya bagus deh!

  8. Agung berkata:

    Yudh, maap baru bisa OL lagi. wah hebat juga om Yani kalo gitu, minta referensinya, kalau ada, tentang profil dia yg ada di tulisan ini ya. Trims. Boleh juga tuh Yudh, liat kasetnya aja kayanya. Gimana kalo waktu roadshow2 udah dimulai?

  9. Yudha P Sunandar berkata:

    jadi musisi kan nggak harus bisa baca not balok mas. yang penting dia bisa mengungkapkan suasana dan suara hatinya ke dalam bentuk gelombang2 suara. hehehe.
    yups, bener banget mas. musik dari timur kedengarannya naturalis banget dan terdengar sedikit mistis. tapi itulah ciri khas musik timur. terkadang bikin damai lagi. 😀
    anw, kalo mau denger, aku pinjemin kasetnya kalo mau. atau aku kasih mp3-nya aja…???

  10. Agung berkata:

    masa musisi ga bisa baca not balok? Musiknya berarti perpaduan timur dan barat bukan ya? Somehow alunan musik timur terasa back to nature dan sedikit mistis…saya belum sempet dengerin albumnya, boleh juga nih kayanya 🙂

  11. Yudha P Sunandar berkata:

    @ fauzanalfi
    begitu lebih baik. hehehehe

    @ enggar
    aku juga suka kenny g. tapi nggak semuanya. cuman lagu2 yang agak ngebeat yang aku suka kaya baby g dan bop. kalo ennya dan vienna boys choir lagunya lebih condong ke mana sih mba? aku pernah denger namanya, tapi belum pernah denger lagu yang mereka bawain.

  12. fauzanalfi berkata:

    kalo saya mah,
    kenal kitaro sama yanni itu dari Training ESQ soalny rata2 lagunya dipake saat training …
    klo lagu yanni, kemaren baru beli di Kota Kembang. Semua albumnya ada.

    • Run4Day berkata:

      Ada yang bisa bantu???
      Untuk lagu2nya Kitaro dan Yanni yang dipakai training ESQ apa ajah judulnya yah???
      Yang aku tau cuman Silk Road sama Koi (kitaro)
      Yang Yanni judulnya apa aja yah???
      Lagu yang pas gambar burung elang di esq ada yang tau judulnya gak???

  13. BayuHebat berkata:

    lagu nya bagus bagus. gua penggemar yanni sama kitaro. berubung enyak ama babe adanya lagu itu doank :D. yanni dari kapan yah? kalo kitaro gua dari 1990 dah denger (sayang laser disc nya ilang TT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s