Merindukan Cinta


apa yang akan kita lakukan ketika kita merindukan apa yang namanya cinta? tentunya berusaha untuk mendapatkan cinta tersebut bagaimana caranya. dan itulah yang dilakukan oleh kyungjin yang merindukan cinta myungwoo yang tewas akibat tertembak oleh peluru dari senapan kyungjin. film yang sangat menarik yang aku liat di film dini hari di sctv malam tadi.

aku nggak tau apa judul filmnya. soalnya aku liat film ini di tengah2 film, sekitar 20 menitan dari awal film. film dari dataran cina ini, nyeritain tentang sepasang kekasih. sang adam berprofesi sebagai seorang guru dan sang hawa berprofesi sebagai seorang polisi wanita. mereka berdua menjalin asmara dengan penuh kebahagiaan hingga akhirnya sang pria harus tewas lantaran terkena peluru nyasar sang kekasih saat sedang mengejar pelaku kejahatan.

ketika tiba di rumah sakit, nyawa myungwoo sudah tidak tertolong lagi. aku bisa ngerasain gimana perasaan kyungjin saat tau sang kekasih tewas. nggak ada tempat untuk bersandar dan melampiaskan kesedihan serta penuh kebingungan dan keputusasaan.

satu2nya hal yang terbayang di benak kyungjin adalah bunuh diri. langkah ini dia ambil karena terinspirasi kisah cinta seorang puteri dan pangeran yang kyungjin ceritakan pada myungwoo beberapa bulan sebelum myungwoo tewas. dalam cerita, sang puteri memilih suaminya dengan mengadakan sayembara di kerajaannya yang pada akhirnya terpilihlah 5 finalis. kelima finalis yang merupakan pangeran dari berbagai kerajaan ini, akan menang apabila bisa menebak jari apa yang disembunyikan oleh sang puteri, yang tidak lain adalah jari kelingkingnya.

pada suatu ketika, sang pangeran harus pergi ke perang salib. sebelum pergi, dia berjanji kepada sang puteri untuk kembali. pangeran mengait jari kelingking sang puteri dengan miliknya untuk menandakan bahwa itulah bukti bahwa dia akan memenuhi janjinya.

setelah 10 tahun berlalu, pangeran tak kunjung kembali. akhirnya, dengan rasa putus asa, sang puteri menerima siapa saja yang hendak melamarnya dengan syarat harus mengaitkan sesuatu ke jari kelingkingnya. dari sekian banyak pelamar, nggak ada satu pun yang mengaitkan jari kelingkingnya di jari kelingking sang puteri.

hingga suatu hari datanglah seorang gelandangan yang ingin mencoba melamar sang puteri. meskipun dihalang2i oleh penjaga, akhirnya gelandangan bisa mencoba melamar sang puteri. ternyata, gelandangan mampu memenuhi syarat sang puteri, yaitu mengaitkan jari kelingkingnya ke jari kelingking sang puteri. dan yang mengagetkan, si gelandangan ternyata pangeran yang telah lama hilang.

pangeran dan puteri bisa kembali bersatu. namun hal ini hanya terjadi beberapa hari aja karena sang pangeran menghilang entah kemana. ternyata, sang pangeran telah tewas beberapa hari sebelum kembali bertemu dengan sang puteri. pangeran yang bertemu dengan sang puteri merupakan arwahnya. menurut mitos, sang arwah akan kembali ke tempat tinggalnya hingga 49 hari ke depan. setelah tau bahwa itu adalah arwah sang pangeran, akhirnya sang puteri berhasil menemukan jasad sang pangeran. kemudian, sang puteri meminum racun dan tewas di sebelah sang pangeran.

hal yang sama berusaha dilakukan oleh kyungjin, yaitu berusaha menyusul myungwoo. mulai dari berusaha menembak diri, meminum racun, hingga terjun dari gedung pencakar langit yang terdiri dari ratusan lantai. tapi tetap aja kyungjin terhindar dari kematian.

kemudian kyungjin tersadar akan kata2 yang diucapkan oleh myungwoo beberapa bulan sebelum kematiannya. myungwoo bilang, apabila dia mati dia ingin menjadi angin. teringat akan ucapan ini, kyungjin kemudian mengalami hal2 aneh, yaitu selalu merasakan angin yang besar. dia merasa bahwa myungwoo ada di dekatnya. kyungjin pun akhirnya berinisiatif untuk menandai hari ke-49 terhitung sejak myungwoo tewas sambil berjanji untuk menyusulnya sebelum hari tersebut tiba.

sejak itu, kyungjin berusaha mati dengan menempatkan dirinya paling depan saat ada baku tembak dengan penjahat. hasilnya, dia berhasil tertembak di salah satu penyergapan dan mengalami kritis hingga hampir tewas.

saat siuman, bertepatan dengan hari ke-49 myungwoo tewas. ini berarti, myungwoo akan meninggalkan kyungjin selama2nya. saat kyungjin tiba di kamar myungwoo, kekuatan cinta berhasil mempertemukan mereka berdua. arwah myungwoo berhasil menampakan diri kepada kyungjin. dalam pertemuan terakhirnya, kyungjin meminta maaf dan menyatakan bahwa dia sangat mencintai myungwoo. kemudian myungwoo mengatakan bahwa dia akan selalu ada di dekat kyungjin dalam bentuk angin. lebih dari itu, myungwoo berpesan bahwa kyungjin akan menemukan seorang lelaki yang sama jiwanya seperti dirinya. akhirnya, memang kyungjin berhasil menemukan lelaki tersebut dengan bantuan pertanda dari myungwoo.

merindukan cinta memang menyakitkan. tapi terkadang kita nggak bisa berbuat apa2 untuk melampiaskan kerinduan kita akan cinta. yang bisa kita lakukan adalah bersabar dan mencoba untuk menemukan titik terang. kalo memang dia harus pergi, sebaiknya kita melepaskannya dengan ikhlas. mungkin memang ada seseorang yang lebih baik dari yang telah pergi meninggalkan kita.

Iklan

7 thoughts on “Merindukan Cinta

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    kok udah tau nggak akan lolos spmb? berarti lulus spmb yah…??? makan2 juga dong. hahahaha…
    makan2 mulu kerjaannya πŸ˜€

  2. Yudha P Sunandar berkata:

    @ t4rum4
    yups. juga bisa melampiaskan perasaan ikut spmb… πŸ˜€

    @ Wijoyo
    punya dvd-ny? pinjem dong… πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s