Maen Bareng iPod Shuffle Sehari Semalem


tanpa disangka2, doorprize bebersih bandung batagor jilid 5, jatuh dan masuk ke tasku. entah mimpi apa semalem ampe ipod shuffle 1 gigabyte jadi milikku. bikin hati senengnya setengah mati. lebih dari itu, ampe sekarang pun aku masih nggak percaya kalo aku punya produk dari apple, vendor perangkat keras yang produknya terkenal akan kualitasnya.

iPOD Shuffle

iPOD Shuffle

hal yang pertama aku liat, tentu aja ipod-nya. bentuknya unik. ada cliper-nya. mirip pencapit kertas, tapi fungsinya bukan buat ngejepit kertas tentunya. keunikan lainnya, portnya cuman satu, yaitu headphones minijack. fungsi portnya pun cuman untuk 2 kebutuhan utama, sebagai output suara dan masuknya data. keren. setau aku, belum ada produk yang kaya gini, port untuk output suara dan datanya dalam tempat yang sama. memang unik ni ipod dan keren lagi.

tapi ternyata, keunikan berikutnya bikin cukup banyak masalah. faktor utamanya sebenernya karena pengetahuanku yang kurang tentang si ipod dan si ubuntu. buku panduan penggunaannya pun nggak terlalu banyak ngasih informasi penggunaan. terlebih lagi, di situ tertulis kalo penggunaan ipod nggak lepas dari penggunaan itunes yang hanya berjalan di platform windows dan macintosh. buat linux…??? nah dari proses nyoba2 inilah perjalanan bermain2 ama si ipod berawal.

hal yang pertama tertera di buku panduan adalah mengisi baterai si ipod pake komputer. di situ tertulis, kalo lampu indikator belum berwarna hijau, berarti proses pengisian baterai belum selesai. lebih lanjut lagi, buku panduan bilang pengisian baterai selesai dalam waktu 4 jam.

langkah pertama pengisian baterai aku coba pake laptop eeepc dengan sistem operasi xubuntu. memang bener, ada lampu indikator menyala dan berwarna orange berkedip2. tapi setelah 4 jam nyala, warnanya nggak berubah2 dan tetap berwarna orange kedip2. aku pikir kayaknya sumber listrik di laptop nggak mampu memenuhi kebutuhan energi si ipod. akhirnya aku pindahin ke pc yang bersistem operasi ubuntu.

iPOD Shuffle dan Kaos Batagor

iPOD Shuffle dan Kaos Batagor

sebangunnya beberapa jam kemudian, kira2 jam 12 siang, aku periksa lampu indikator si ipod masih belum berubah juga. si ipod kayaknya masih seneng main kedip2 pake warna orange. karena puyeng dan kesel, akhirnya aku eject si ipod dari desktop ubuntuku. eh, setelah di eject, tiba2 lampu indikator si ipod berubah warna jadi hijau. ah, ternyata harus dalam keadaan unmount, baru bisa ketauan apakah baterai udah terisi penuh atau belum. satu kekonyolan baru aja muncul. hahaha.

kendala berikutnya adalah aplikasi untuk masukin lagu2 ke ipod. ternyata si ipod beda dengan mp3 player biasa. kalo mp3 player biasa, kita bisa dengan mudahnya masukin lagu pake nautilus. tapi kalo ipod, dia harus pake aplikasi bernama itunes. dan sayangnya, aplikasi ini cuman jalan di macintosh dan the fuck operating system, windows. beberapa kawan menyarankan pake wine yang kata mas amal merupakan singkatan dari ‘windows nie…!!!’ tapi selama masih bisa pake yang asli linux, kenapa nggak.

setelah nyari2, akhirnya ketemu juga gtkpod. aplikasi ini fungsinya hampir sama dengan itunes, yaitu mengelola lagu di ipod keluaran apple. sebenernya dari beberapa sumber di internet, pengelolaan lagu di ipod apple bisa pake rhythmbox music player. tapi entah kenapa, rhythmbox yang terpasang di ubuntuku malah ngilang waktu ipod terkoneksi dengan komputer. nggak jodoh kali yah. hahaha.

seperti biasa, aku jarang banget liat menu pertolongan. jadi untuk masukin lagu ke ipod, aku pake cara coba2. awalnya aku kira bisa masukin lagu langsung pake sistem copy-paste. ternyata harus dibuat playlist dulu. nah playlist ini yang nantinya akan disalin ke si ipod. dan pada akhirnya, lagu2 kesukaanku pindah semua ke ipod. karena kapasitas si ipod yang cuman 1 gigabyte, jadi aku hanya masukin lagu2 dari artis yang bener2 aku suka, yaitu : eric clapton, yanni, g3, dan casiopea.

meskipun waktuku banyak kesita hari ini, tapi alhamdulillah bisa terobati dengan terkoneksinya si ubuntu dan si ipod. jadi, yang nemenin aku kala bareng si kompi bertambah satu lagi, yaitu si ipod. selamat datang ipod.

Iklan

27 thoughts on “Maen Bareng iPod Shuffle Sehari Semalem

  1. sarah berkata:

    huy…kugh nasib qt sama..
    awal2na emg gaptex..
    gw kira mudah..tauna ribet beud………..
    ihh.tp,aq juga lum ngerti niiiii
    i-tunes.
    gmn cehhh..
    haduw w ribet22..

  2. Yudha P Sunandar berkata:

    iya, soalnya nggak ada kerjaan lain selain ngoprek ipod hari itu. padahal kalo diceritain lengkap buanget, bisa puanjang buanget deh… šŸ˜€

  3. Yudha P Sunandar berkata:

    @ Neng Three
    wah, kasian sekali ampe air mata darah. darahnya darah biru atau darah merah…??? hehehe.. šŸ˜€

    @ Aki Herry
    oh yah. tanggal berapa kang pastinya? nanti aku ajak ‘ade ketemu gede’-ku. dia pasti seneng.

  4. Yudha P Sunandar berkata:

    @ Yudha
    wah, kayaknya yang namanya Yudha seneng ma G3 kali yah… hehe… gantian…??? bingung komenny… hehehe…

    @ Beruang
    bukan nyombong, cuman bangga… hahaha…

  5. Yudha P Sunandar berkata:

    @ t4ruma
    asli ngak yah? yang dimasukin ke komputer sih bajakan hasil beli di kota kembang. tapi sebelum itu, dah punya kasetnya duluan. sebagai fans, punya kasetnya adalah kebanggaan.

    @ BayuHebat
    bukan tutorial. tapi curhatan. šŸ˜€

    @ Scratchz
    terima kasih… šŸ˜€

    @ Chatoer
    makasih. bukannya kalo blogger mah verifikasinya username dan password ke blognya…??? hehehehe šŸ˜€

    @ Deniar
    bukannya mc biasanya dapet honor MC..??? hehehe.. kidding… šŸ˜€

    @ Emfajar
    wah telat ngomongnya. aku dah bisa makenya… šŸ˜€

    @ Fauzan
    iyah seneng. keren soalnya aipotny… šŸ˜€

  6. chatoer berkata:

    waduh asiknya dapet ipod… selamat mas yudha, gak percuma yah dateng…

    oya untuk verifikasi pemenang mohon lampirkan fotocopy KTP ke panitia,
    heheheeh just kidding šŸ˜›

    *ngarep di pinjemin aipodna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s