Refreshing sambil Mengasah Kepekaan Sosial di Panti Asuhan


Salah satu ruangan di panti asuhan

Salah satu ruangan di panti asuhan

refreshing ternyata tidak hanya dilakukan di tempat2 yang berhawa sejuk dan hijau aja. refreshing juga ternyata bisa dilakukan di panti asuhan. hal inilah yang sering dilakukan oleh seorang teman sewaktu masih sekolah di bandung. meskipun kini dia kuliah di surabaya, mengunjungi panti asuhan pun masih kerap dilakukannya ketika berlibur ke bandung.

kali ini, dia ngajak aku untuk ikut mengenal anak2 yang nasibnya nggak seberuntung kita. setelah kopdar batagor.net di balai kota bandung, kami berdua langsung menuju ke sebuah panti asuhan yang letaknya nggak terlalu jauh dari lokasi kopdar, yaitu di jalan purnawarman. kami membawa sedikit makanan yang sengaja kami beli dalam perjalanan ke panti asuhan.

setibanya di panti asuhan, kami bertemu dengan anak2 yang lagi nonton tv. di ruangan tersebut ada 3 wanita indonesia dan seorang pria berkebangsaan belanda. mereka tengah asyik bermain dengan anak2 yang kisaran usianya 3 sampai 6 tahun. Aku agak canggung juga ada di sini. karena bagaimana pun juga, ini adalah kali pertamanya aku main ke panti asuhan. temenku pun yang udah lama nggak maen ke situ, agak sedikit canggung juga. untuk mencairkan suasana, kami membagi2kan sedikit makanan yang kami bawa. anak2 cukup senang. sambil mengucapkan terima kasih dan tersipu2, mereka mencicipi sambil terus bermain dengan sesamanya.

tak seberapa lama, temenku udah akrab dengan salah satu dari mereka. sedangkan aku, hanya diam terkaku lantaran nggak ada satu pun anak2 yang mau maen ama aku. wajahnya memperlihatkan rasa takut waktu aku deketin. kok bisa yah? temenku cuman bilang, ‘aura cewe beda dengan aura cowo. lagian, mukamu emang nakutin sih.’ ekspresiku cuman bisa nyengir ngedenger celutukan temenku.

akhirnya aku ngobrol dengan salah satu wanita yang lagi main ama anak2. ternyata wanita yang kerja di salah satu bank swasta di bandung ini, melakukan hal yang sama dengan temenku, refreshing di panti asuhan. dia mengaku, sangat seneng ama anak2 di sini. rasa sosial terhadap sesama, membawa panti asuhan menjadi tempat maen rutinnya setiap bulan.

waktu ngobrol lebih panjang lagi, ternyata dia dan kawan2nya, lagi mencoba ngebangun areal olah raga untuk anak2 yatim dengan dana yang dia kumpulkan bareng2 dari berbagai sumber. dia pun ngenalin aku ama temennya yang merupakan konsultan dari belanda. entah konsultan apa, yang pasti dia ke indonesia hanya setahun sekali. dan sekalinya ke indonesia, dia ikut ngebantu untuk mewujudkan mimpi sebuah areal olah raga untuk anak2 yatim. aku nggak punya waktu ngobrol banyak ama mereka lantaran mereka harus pergi. biar pun begitu, ada rasa pengen bantu juga. sepertinya komunitas blogger bisa ikut bantu juga nih. hehehe.

sebelum pulang, aku dan temenku juga nyempetin buat ngeliat bayi2 kecil di satu lantai ke atas. di sini lebih nyaman. selain bayi2 nggak terlalu ribut, mereka juga lucu2 dan gampang diajak maen. cukup dengan menyodorkan ciluk ba, paras wajah mereka udah seneng bukan kepalang. cukup menghibur hati juga akhirnya. memang bener. panti asuhan juga bisa dijadiin tempat refreshing. selain itu, ada juga nilai plusnya, yaitu mengasah kepekaan sosial agar kita bisa tau dan bersyukur bahwa ada banyak anak yang nasibnya kurang beruntung dan perlu kita perhatikan.

Iklan

7 respons untuk ā€˜Refreshing sambil Mengasah Kepekaan Sosial di Panti Asuhanā€™

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    salam kenal juga mas arif rahman lubis. memang menyenangkan bermain di panti asuhan dengan anak2. bisa ngilangin stres. mungkin karena punya nilai kebaikan jadi bisa ngilangin stres. gitu kali yah. šŸ˜€

  2. arifrahmanlubis berkata:

    salam kenal..

    menyenangkan bermain di panti asuhan. selain membuat hati bahagia, kecipratan pahala karena berbagi dengan sesama…

  3. Yudha P Sunandar berkata:

    @ yudha
    halo yudh. salam kenal. ini yudha yang kemaren pake kaos chickenstrip kan…??? hehehe.
    iya, tempatnya memang bagus untuk mengasah kepekaan sosial. nanti deh aku kabarin kalo mau ke sana lagi.

    @ fauzan
    mau nyoba…???

  4. Yudha berkata:

    Yee .. ternyata nyasar ke Purnawarman toh, pantesan gak keliatan di IBCC
    Yud, tau gitu saya juga mungkin ikutan, soalnya kemaren kan si Kecil nyusul kayaknya musti sekali2 di ajak ke situ euy

    eh .. salam kenal yak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s