Pelatihan Minggu Ke-2 PBA, Semangat untuk Belajar Aplikasi Edukasi


setelah beberapa waktu yang lalu banyak halangan untuk ibu2 arcamanik belajar linux. akhirnya hari ini semua berjalan cukup lancar. meskipun ibu2 yang dateng cuman 3 orang, yaitu ibu emmy, ibu dwi, dan mba nida ditambah dengan mas yuyun, tapi semangat mereka untuk belajar linux sangat besar.

hari ini aku dateng agak awal. selain takut terlambat, takut keujanan juga jadi pemicu kenapa aku pengen cepet2 ada di pondok baca arcamanik. tapi, ternyata ibu2nya telat datang sekitar 30 menit. nggak masalah, deh. yang penting hari ini aku bisa cuap2 mengenai linux dan open source.

hal yang paling aku takutin ternyata akhirnya bisa teratasi, yaitu takut terjadi masalah teknis. hal ini memang terjadi, yaitu beberapa komputer nggak ngedapetin ip address dari server. karena, komputer di sini menggunakan ltsp, nggak dapet ip address adalah masalah besar dan mampu menyebabkan komputer nggak bisa masuk ke sistem operasi. nggak ngerti kenapa. tapi setelah komputer di restart, akhirnya bisa lagi.

materi yang diajarin dalam pertemuan hari ini adalah pengenalan desktop di linux ubuntu. pertama2, hal yang aku perkenalkan adalah menu2 di desktop linux ubuntu kaya applications, places, dan administration. kemudian dilanjutkan dengan cara mengakses file browser. selain materi teknis tentang desktop linux ubuntu, sedikit juga aku jelasin tentang apa itu komputer dan perangkat2nya.

setelah pelatihan berlangsung, ibu emmy dan ibu dwi mengaku bahwa aplikasi2 edukasi di ubuntu menarik minat mereka untuk mempelajarinya. pasalnya, aplikasi2nya sangat dibutuhkan untuk mengenalkan anak2 ke bidang2 keilmuan sehingga ada ketertarikan untuk mempelajarinya.

mba nida juga, yang sayangnya datang terlambat, sangat bersemangat untuk mencoba ubuntu. sampai2 dia pengen nyoba nginstal ubuntu di rumahnya. berbeda dengan para ibu2, mas yuyun dengan kalemnya hanya tersenyum ketika ditanya mengenai materi yang diajarkan. sepertinya beliau memang belum ngerti. bener nggak mas…???

secara garis besar, pelatihan hari ini nggak terlalu mengalami banyak hambatan. mungkin yang agak terbebani adalah ibu dwi. karena beliau udah lama nggak megang yang namanya komputer, udah sekitar 10 – 15 taun yang lalu dia terakhir megang komputer. meskipun begitu, dia lambat laun mulai belajar untuk bisa. semoga bisa mengejar ibu emmy dan mba dian yang sudah terlihat mumpuni dalam mengoperasikan linux. ayo bu, berjuang…!!!

Iklan

2 respons untuk ‘Pelatihan Minggu Ke-2 PBA, Semangat untuk Belajar Aplikasi Edukasi

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    hehehe… berlebihan… 😀 guruny masih amatiran, mba. kmaren yang semangatnya kan ibu2nya, bukan gurunya… 😀
    insya 4jj 1 aku akan selalu update cerita pelatihan ibu2 di arcamanik.

  2. enggar berkata:

    Pasti gurunya hebat kalau bisa membuat muridnya jadi bersemangat mencoba. Wah, bisa jadi pilot project untuk mengenalkan dan memasarkan open source nih. Ditunggu cerita-cerita selanjutnya dari pelatihan ibu-ibu di arcamanik ini ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s