Kembali Berkelana di Dunia Mitologi


hari ini ada juga kesempatan untuk online tanpa mikirin pulsa handphone. peluang ini aku manfaatin untuk chating dan browsing dalam rangka memuaskan hasrat keingintahuanku tentang informasi seputaran internet dan open source.

waktu buka pidgin di xubuntu, frans thamura ternyata lagi online juga. iseng2, aku sapa beliau. lalu kami berdua terlibat obrolan santai melalui yahoo messenger. salah satu topik obrolan kami yang menarik bagiku adalah tentang mitologi.

berbicara tentang mitologi, ternyata frans juga tertarik dengan mitologi, khususnya mitologi bangsa inca dan meruvian. sebagai bukti keseriusan akan ketertarikannya ini, frans membuat wiki yang memuat segala hal tentang bangsa inca dan meruvian di wiki.meruvian.org.

aku sendiri tertarik juga dengan mitologi, khususnya mitologi bangsa yunani dan cina. ketertarikan ini tumbuh karena rasa penasaranku ama dewa-dewi yunani dan cina. tapi, amat sangat berbeda dengan frans, aku belum serius 100 persen memperdalam pengetahuanku tentang mitologi. kendalanya masih karena keterbatasan sumber informasi yang lengkap tentang mitologi cina dan yunani. kalau pun ada, biasanya terkendala masalah bahasa. maklum, bahasa inggrisku kan masih tekor. hehehehe…

akhirnya, aku hanya terkagum2 ngedengerin cerita dari frans tentang bangsa inca. konon, pulau tempat tinggal bangsa inca terbentuk dari buaya yang mati karena berperang dengan ular. ceritanya berawal ketika ular dan buaya terlibat perseturuan yang membuat mereka memutuskan untuk bertarung. sang penguasa alam menyuruh mereka bertarung di bumi. pada saat itu, bumi masih terdiri dari lautan. singkat cerita, buaya dan ular bertarung hingga akhirnya buaya kalah dan mati. jasad buaya ini yang akhirnya menjadi pulau tempat bangsa inca tinggal.

berbicara tentang buaya, sepertinya hewan yang satu ini punya hubungan yang cukup erat dengan mitologi terciptanya sebuah pulau di seluruh dunia. contohnya aja mitologi terciptanya pulau timor-timur. konon, pulau ini tercipta lantaran sang buaya, yang ditunggangi seorang anak, mempasrahkan dirinya untuk jadi tempat pijakan bagi si anak. pada akhirnya, jasad sang buaya yang berada di tengah lautan luas, menjadi pulau yang sekarang dikenal dengan nama timor leste.

mitologi lainnya adalah terbentuknya kota surabaya. konon, kota ini ada karena bertarungnya suro, sang hiu, dengan boyo, sang buaya. pertarungan ini membuat suro dan boyo mati yang kemudian terciptalah sebuah daerah yang bernama suroboyo, atau yang lebih dikenal dengan sebutan surabaya.

obrolan dengan frans, pada akhirnya ngebuat aku makin penasaran buat memperdalam pengetahuanku tentang mitologi. aku liat di beberapa buku yang aku punya di kostan, ternyata nggak menjelaskan apa yang aku butuhkan. kayaknya mulai harus cari di internet nih. thx yah frans atas obrolannya. sungguh menginspirasi. mulai deh berkelana lagi di dunia mitologi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s