Ketika Xubuntu di EeePC Mengalami Masalah Teknis


sewaktu lagi rapat ngebahas kegiatan sore tadi,secara kebetulan mengharuskan eeepc yang aku bawa disambungkan dengan proyektor. setelah nancep, kebingungan karena gambarnya kok nggak muncul di layar. teken f5 + fn juga nggak ada yang berubah. akhirnya masuklah ke menu desktop setting. ngutak-ngatik dikit resolusi monitor, eh taunya tampilan grafis xubuntu si eeepc hancur berantakan tak karuan. langsung deh bingung plus panik.

sambil ngedengerin rapat dan sedikit2 melontarkan usulan, aku juga berusaha ngebenerin eeepc. ngebenerin pake tampilan gratis udah bukan lagi pilihan. satu2nya jalan keluar adalah pake console dan mulailah rentetan masalah.

masalah yang pertama, aku nggak ngerti buanget gimana caranya mengkonfigurasi xubuntu di console. yang mulai aku pikirkan pertama kali adalah mencoba menggeneralisasi masalah. karena masalahnya resolusi grafis, berarti cuman harus ngerubah nilai resolusi grafisnya. tapi yang jadi pertanyaan, file yang mana yang harus di akses?

karena ini berhubungan dengan vga, aku mulai cari file2 yang berhubungan dengan vga. cara nyarinya pake perintah ‘locate’. setelah itu, dicoba satu2 mana yang berisikan nilai resolusi layar. dan ternyata ini amat sangat jauh lebih rumit daripada yang aku bayangin. nggak nemu juga, aku coba cari kata kunci yang lain, yaitu ‘desktop’ dan ‘resolution’, tapi tetep aja hasilnya nihil. nggak kehabisan akal, aku langsung ngesms sang master ubuntu igos center, zahris. malah nggak ada sms balesan. makin bingung plus panik nih. karena males berlama2 dengan kepusingan dan kebingungan, akhirnya aku lipet si eeepc terus aku masukin tas dan kembali fokus ke rapat.

singkat cerita, rapat selesai. aku telepon adeku buat ngejemput, ngobrol2 ma temen2, terus berangkat makan deh. tapi ternyata adeku nggak mau diajak makan. alasannya capek dan di kostan memang ada makanan. tanpa pikir panjang, langsung cabut ke kostan.

nyampe di kostan, eeepc dikeluarin lagi dan diutak-atik lagi. sekarang coba membandingkan dengan konfigurasi di pc. tapi tetep aja hasilnya nihil. akhirnya, jalan terakhir ditempuh, nanya ke mbah google.

setelah melalui proses yang lumayan panjang, akhirnya dapet juga solusinya dari wiki eeepc. bahasanya, bener2 kagak ngarti. selain karena itu pake bahasa inggris, kekagakngartian juga timbul akibat bahasannya teknis abis. secara, aku kan bukan orang teknis. meskipun begitu, aku tau bagian mana yang harus aku ikutin dan aku ambil.

setelah berjuang seperempat mati, akhirnya tampilan gratis xubuntu eeepc kembali normal. bener2 lega dan senang hati ini. tau2 perut juga langsung bunyi keroncongan sebagai tanda protes minta makan. tapi ternyata, nasinya abis. aduh. saking semangatnya, nggak nyadar kalo belum masak nasi. pas liat di penyimpanan beras, eh berasnya juga abis. mau beli nasi atau beras, mana ada yang dagang tengah malam gini. huh, udah eeepc bermasalah, kelaparan pula. nasib… nasib…

Iklan

2 thoughts on “Ketika Xubuntu di EeePC Mengalami Masalah Teknis

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    iya mba. nyesel nih. harusnya adeku disuruh pulang aja. hehehehe.. 😀
    tidur jam brapa yah…??? kalo ngak salah, habis sholat subuh, sekitar jam 5an. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s