Cadas Pangeran, Kepedulian Penguasa kepada Rakyatnya


dalam buku ‘masa depan budaya daerah’, ajip rosidi sedikit membicarakan tentang budaya feodal penguasa daerah di masa penjajahan belanda. diceritakan pada masa itu, banyak penguasa yang menjadi kaki tangan belanda untuk memeras rakyat indonesia. salah satunya adalah pangeran koesoemadinata, bupati sumedang yang mengaku patuh dan setia kepada belanda saat inggris menguasai hindia belanda saat itu.

namun, pangeran koesoemadinata masih memiliki nilai lebih dibandingkan penguasa feodal lainnya. dia berani menentang gubernur jendral daendels yang terkenal galak pada masa itu. penentangan ini dikarenakan gubernur jendral daendels hendak menyalahkan rakyat sumedang karena dianggap tidak becus dalam membangun ruas jalan di sumedang yang kini dikenal dengan nama cadas pangeran. padahal, menurut pangeran koesoemadinata, batu di daerah tersebut memang sangat keras dan rakyatnya telah bekerja semaksimal mungkin untuk membangun ruas jalan yang merupakan bagian dari jalur anyer-panarukan. sebagai bentuk protes, dia memberikan tangan kirinya saat diajak bersalaman oleh daendels.

kejadian ini diabadikan oleh masyarakat sumedang dengan didirikannya sebuah patung peringatan yang memperlihatkan pangeran koesoemadinata tengah memberikan tangan kirinya kepada daendels. patung peringatan ini ditempatkan di titik awal sebelah barat jalan cadas pangeran.

melihat kejadian zaman penjajahan belanda, tidak berbeda jauh dengan zaman setelah kemerdekaan. penguasa masih mewarisi budaya feodal yang berkembang ketika itu. namun berbeda dengan pangeran koesoemadinata, banyak penguasa negeri ini tidak pernah lagi memikirkan nasib rakyatnya. terlalu banyak memberikan janji2, tapi jarang sekali memberikan bukti.

semoga sedikit uraian yang ditulis dengan energi sisa dtambah masuk angin gara2 perjalanan bandung-cirebon-bandung, berguna dan mampu menyadarkan penguasa untuk lebih peduli lagi kepada rakyatnya.

Iklan

2 respons untuk ‘Cadas Pangeran, Kepedulian Penguasa kepada Rakyatnya

  1. zeni abdulqodir berkata:

    saya adalah nasab turunan ke 7 dr pangeran kornel…..
    saya mencari sesuatu yg meyakinkan saya,bahwa saya nasab ke 7 dr pangeran kornel>…
    mungkin diantara khalayak banyak ada yang bisa membantu…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s