Klub Linux Bandung, Memasyarakatkan Linux atau Mengumpulkan Umat…???


saat ini kpli di seluruh indonesia lagi nyelenggarain roadshow linux untuk pendidikan. teknisnya, kpli2 datang ke sekolah2 dan memperkenalkan linux ke siswa dan guru.

di bandung sendiri sejujurnya belum ada sikap yang jelas apakah akan menyelenggarakan roadshow linux atau nggak. beberapa orang sangat bersemangat untuk ikutan roadshow, tapi beberapa yang lainnya lebih senang ngurusin ngoprek dan cewek yang masuk ke milist.

kemaren, mas amal bilang untuk kita sadar diri, sadar atas keterbatasan diri. karena sampai ubuntu release party kemaren, yang kerja adalah orang itu lagi, orang itu lagi. jadi apakah benar bisa mengadakan roadshow dengan orang yang itu2 juga…???

dari situ menurutku sebenarnya klub perlu didefinisikan ulang. apakah klub adalah komunitas untuk memasyarakat linux atau mengumpulkan umat. kalo untuk mengumpulkan umat, yang tarik lah sebanyak2nya orang yang pengen ngoprek linux ke klub. tapi kalo memang ingin memasyarakatkan linux, yah cobalah membangun beberapa program yang memang ngebuat orang untuk seneng dan pake linux secara sadar.

tapi yang aku liat, kayaknya tujuan klub ada adalah untuk mengumpulkan umat. lebih tertarik untuk mengetahui dan membicarakan hal2 teknis dibandingkan buat kegiatan supaya masyarakat tau linux. inilah alasan mengapa aku off dari klub, karena perbedaan visi. niatku dulu gabung ke klub karena pengen memasyarakatkan linux. tapi ternyata yang aku temukan adalah komunitas yang lebih senang membicarakan hal2 teknis di linux.

yah, intinya, kalo memang untuk mengumpulkan umat, jangan hanya mengumpulkan umat. buatlah umat2 itu berguna bagi linux. minimal klub bisa membangun sebuah aplikasi yang memang bisa diakui oleh komunitas linux lainnya, minimal di indonesia. yah maksimalnya diakui oleh sejagad raya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s