Ngapain Harus Bermimpi Jadi Kelinci Kalo Kita Adalah Kura2…???


hari ini banyak waktu yang kepake untuk nunggu dan melamun. sayangnya aku nggak punya kegiatan yang bisa dilakukan di waktu lagi nunggu. kalo ada bacaan pun, kayaknya aku lagi kurang fit untuk baca. meskipun begitu, tadi waktu ngelamun sempat kepikiran antara kura2 dan kelinci.

kura2 adalah makhluk yang sangat lambat. tapi dia juga terkenal dengan makhluk yang berumur panjang dan tubuhnya punya baju pelindung. uniknya lagi, kura2 juga bisa memasukan beberapa anggota tubuhnya ke dalam tempurungnya.

kelinci adalah makhluk yang terkenal cukup cepat. berbeda dengan umumnya makhluk darat lainnya, kelinci bergerak dengan melompat. punya telinga yang panjang dan bulu yang halus, makhluk ini juga suka makan wortel dan bergigi dua. makanya orang yang 2 gigi seri terdepannya besar, suka disebut seperti kelinci.

hal yang terpikir berikutnya adalah, apakah kura2 pernah menyesal jadi kura2 kemudian berharap dirinya menjadi seekor kelinci yang bisa melompat lebih cepat…???

kemudian dari situ aku sadar bahwa aku adalah orang yang sulit belajar hal2 baru, agak sulit bergaul, kurang mampu berkomunikasi secara lisan, mental bobrok, kemampuan nalar yang sangat terbatas, dan kemampuan menyerap informasi yang sangat terbatas pula. tapi aku selalu punya cita2 untuk kuliah sampai jenjang s3 di luar negeri, menguasai ilmu yang berkaitan dengan teknologi, dan banyak cita2 lainnya yang menurutku sepertinya hanya mengawang tanpa pijakan yang jelas.

lebih lanjut, aku juga kepikiran bahwa aku adalah ‘kura2 yang bermimpi menjadi kelinci’. kura2 yang ingin lari, punya bulu, dan telinga seperti kelinci. tapi nggak pernah sadar bahwa dirinya adalah kura2 yang lamban, bersisik, dan nggak punya telinga.

meskipun begitu, setiap makhluk diberi kekurangan dan kelebihan. meskipun secara fisik terlihat banyak kekurangan, kura2 punya kelebihan berupa sifat tekun dan kuat serta berumur panjang. begitu pula kelinci. hewan berdarah panas ini punya kelemahan. selain berumur lebih pendek dari kura2, kelinci juga tidak pernah mampu bergerak jauh tanpa melompat2.

begitu pula dengan aku. seharusnya aku lebih mengerti siapa aku. kalo aku kura2, mengapa aku harus benci hidup sebagai kura2…??? kenapa aku harus punya cita2 untuk jadi kelinci…??? toh, nggak ada salahnya untuk hidup sebagai kura2 dan bermimpi layaknya kura2. karena mengenal diri bukan saja menghargai diri sebagai sosok yang unik, tapi juga bisa mempermudah kita menentukan arah dan gerak langkah kita ke depannya. untuk setidaknya bisa berguna bagi kura2 yang lainnya.

Iklan

2 respons untuk ‘Ngapain Harus Bermimpi Jadi Kelinci Kalo Kita Adalah Kura2…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s