Linux dan Wanita Indonesia


waktu mas agung prasetyo berkunjung ke igos center bandung, salah satu tema obrolan yang tercetus adalah mengenai linux dan wanita. tema obrolan ini ada karena salah satu berita di detikbandung yang aku posting merangkai acara hardy heron release party di bandung.

awalnya diskusi membahas mengenai keberadaan cewek di komunitas linux dan bagaimana mereka berkomunikasi dengan para cowok2. tapi ujung2nya kita membahas mengenai mengapa harus ada komunitas linux untuk cewek seperti kluwek. tidak bisa kah mereka bergabung untuk membesarkan nama komunitas linux yang ada sekarang ini tanpa mengekslusifkan diri membuat komunitas linux hanya untuk cewek?

hal yang pertama dari hasil diskusi ini, adalah faktor komunikasi antara cewek dan cowok yang berbeda. cewek butuh ruangan untuk
mengapresiasikan dirinya di dunia teknologi informasi yang nggak tersedia di komunitas yang umumnya disesaki oleh kaum adam. hasil yang kedua setelah coba lihat visi dan misinya kluwek, komunitas ini dibutuhkan
sebagai sarana penetrasi linux di kalangan kaum hawa. bagaimana analisisnya dipandang dari segi feministme dan gender…??? untuk ini no comment. tapi tetep aja penasaran.

meskipun hasil diskusi kita berdua mandeg pada kedua hasil diskusi di atas, tapi masih ada keinginan untuk memperdalam wacana mengapa harus ada komunitas linux untuk cewek. untuk itu, aku mau coba2 untuk cari informasi dengan ngewawancarai beberapa orang pendiri dan pengurus kluwek. hasilnya, kalo nggak diposting di milist, mungkin dalam beberapa minggu ke depan akan muncul di media cetak. semoga…

Iklan

8 respons untuk β€˜Linux dan Wanita Indonesia’

  1. Yudha P Sunandar berkata:

    yah, masukin yang simpel2 aja. kaya misalnya pengalaman pribadi.
    dari siitu dulu aja. terus sambil jalan, bisa sambil isi hal2 yang menggugah ketertarikan untuk di tulis. misalnya permasalahan yang terjadi di sekitar kita kaya bbm naik, bingung karena biaya transportasi tinggi.
    cuman sharing… hehehe… πŸ˜€

  2. aneke berkata:

    ich ko bnyak bgt blang ga konex’a si????
    aq kan jd binun tau!!!…….hehe
    salam knal jg ya!!!
    iye ne blog’a msi spi bgt,coz aq kan ru gabung dsni n masi bnyak ga ngrti’a……….hehe
    gian aq jg binun mo masukin pa lg di blog’a……….!!!???
    Duuuuuuuuuueeeeeeeeehhhhhhhhh
    Puuuuuucccccccccccciiiiiiiiinnnnnnngggggggggg nnneeeeeeehhhhhh!!!!

  3. Yudha P Sunandar berkata:

    iya kali yah… lagi ngak konek…
    akhir2 ini juga aku suka nggak konek. apa karena kemarau kali yah…??? nah lho… makin nggak konek… hehehehe….
    atau gara2nya klo pagi dingin akhirnya kurang tidur dan bikin ngak konek deh…
    πŸ˜€

  4. Yudha P Sunandar berkata:

    apa ada kaitannya dengan emansipasi juga nggak mba…???
    padahal kan pertanyaannya udah dikirim via email. hehehehe… πŸ˜€

  5. Yudha P Sunandar berkata:

    aku lagi mengajukan beberapa pertanyaan ke temen2 di kluwek. kita lihat apa jawabannya. semoga jawabannya mampu memenuhi khasanah bathin kita yang terhauskan oleh banyak pertanyaan. hehehehe… bahasanya puitis…

  6. Agung berkata:

    Wah langsung dijadiin tulisan :p. Saya masih berat ke komunitas linux cowok yang belum mampu mengakomodasi kebutuhan belajar cewek2 yang pengen belajar dan terlibat di komunitas ini. Sederhana aja, cowok yang mainannya komputer biasanya cukup cuek untuk menjelaskan panjang lebar tentang mainannya itu ke newbie, apalagi newbia-nya cewek. Jadi kalo cewek nanya sesuatu, jawabannya kurang memuaskan dan tidak membuat mereka tertarik untuk terlibat lebih jauh. Dan cewek juga harus berani mengungkapkan kebutuhan belajarnya eksplisit ke cowok, atas nama emansipasi πŸ™‚ dan visi bersama (walah, kok kaya forum konsultasi keluarga ya?). Allahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s